√3+ Kegunaan Mesin Briket Batok Kelapa

Mesin Briket Batok Kelapa

Salah satu pendapatan petani di Indonesia berasal dari kelapa. Sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk campuran bahan, kue, minuman, dan lainnya. Manfaat untuk kesehatan manusia sangat banyak dengan menggunakan salah satunya mesin briket batok kelapa untuk pengolahan. Semua unsur pohon kelapa juga bermanfaat bagi kehidupan jika dikelola dengan baik dan benar.

Salah satu limbah yang  tidak terpakai  adalah tempurungnya. Merupakan bagian ketiga dari lapisan pelindung kelapa. Manusia dapat menggunakan semua bagian pohon, termasuk batoknya. Mesin briket batok kelapa ini dapat menghasilkan produk dengan nilai jual yang tinggi bahkan sampai ke pasar ekspor yaitu arang tempurung kelapa yang merupakan salah satu bahan baku utama yang banyak gunanya.

Salah satunya adalah briket arang. Sering dijadikan limbah dan dibuang begitu saja tidak terpakai padahal jika tahu cara pengolahannya, maka akan mendapatkan keuntungan yang besar. Beberapa orang biasanya menjadikannya sebagai penambah nilai dekoratif dan artistiknya.

Namun di luar itu, juga dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Ini merupakan solusi untuk mengurangi bahan bakar seperti minyak tanah dan LPG yang semakin langka. Salah alat yang digunakan adalah mesin briket batok kelapa.

Banyak digunakan oleh rumah tangga, perusahaan industri dan pengusaha yang  menggunakan arang dalam prosesnya. Contoh umum di masyarakat adalah penjual sate yang selalu menggunakan arang untuk proses pembakarannya. Jadi ini adalah peluang bisnis Anda.

Ternyata, membuatnya tidak terlalu rumit. Langkah pertama adalah bahan baku utama yang pertama digiling dengan mesin briket batok kelapa, kemudian campurkan air dan tepung tapioka. Lalu dilakukan proses pengadukan. Setelah tercampur rata, masukkan adonan yang sudah dibuat ke dalam  wadah dan potong-potong sesuai selera. Bisa berbentuk balok atau bentuk lainnya. Dijual yang dikeraskan dengan memanaskannya di tungku pemanas.

Mesin Briket Apa Saja?

Mesin Briket Apa Saja?

Untuk melengkapinya, ada beberapa alat yang dapat mempermudah proses kerja. Alat tersebut memang berfungsi untuk menyempurnakan hasil pengolahan. Mesin briket apa saja?

Yaitu mesin penggiling arang, pencampur, mesin pres, dan oven pengering. Tambahan lainnya adalah mesin pengayak arang yang berfungsi menghilangkan debu arang, kemudian mesin pemotong yang berfungsi memperkecil ukuran, dan granulator.

Berapa Lama Proses Pengeringan Briket?

Berapa Lama Proses Pengeringan Briket?

Oven pengering digunakan untuk mengeringkan briket yang masih lembab yang mencapai kadar air 25-30%. Pengeringannya membutuhkan suhu yang cukup tinggi yaitu 60°C sampai 80°C. Sistem pemanas tidak langsung direkomendasikan untuk menghindari kebakaran, karena bahan ini cenderung mudah terbakar saat terkena percikan api dan angin. Berapa lama proses pengeringan briket?

Pengering dengan sistem tertutup berhasil dibangun dan bekerja dengan baik. Dibutuhkan 413 menit atau 6 jam 53 menit dalam pengering untuk mengeringkan sekitar 50 kg briket basah tanpa kipas.

Apa Itu Mesin Briket?

Apa Itu Mesin Briket?

Sejauh ini Anda telah mengetahui beberapa hal mengenai alat tersebut yang penting untuk diketahui oleh Anda. Namun, sudah pahamkah dengan definisi dari alat ini? Apa itu mesin briket?

Adalah mesin untuk membuat briket arang dari batok kelapa. Namun, mesin ini juga dapat digunakan untuk memproduksi briket dari bahan baku lain, yaitu serbuk gergaji, sekam padi, dan lain sebagainya.

Selain panas, kelembaban di dalam pengering/oven juga harus diperhatikan. Karena jika kelembaban terlalu tinggi, proses pengeringan akan memakan waktu lebih lama.

Sekian dan terimakasih. Semoga membantu, ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.