√5+ Cara Membuat Tiang Listrik Beton

Cara Membuat Tiang Listrik Beton

Cara membuat tiang listrik beton. Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tahu akan prosedurnya. Proses ini mungkin tidak semua mengerti, tapi untuk study konstruksi adalah wajib untuk memahami cara membuat tiang listrik beton.

Beberapa tahapan yang meliputi :

Langkah awal dalam cara membuat tiang listrik beton. Kalian harus menyiapkan bahan, meliputi :

  • Pasir
  • Kawat besi
  • Semen
  • Air
  • Alat bantu cetakan
  • Dan mesin pres

Prosedur pertama dalam cara membuat tiang listrik beton.

Kalian harus mengaduk pasir semen air yang hati hati. Kemudian kalian harus menyiapkan sebuah material kawat besi yang berukuran tertentu. Biasanya digunakan dalam bentuk  besi cor. Kalian juga harus menyiapkan sebuah titik cagak di lokasi yang sudah ditetapkan berdasarkan rencana pembuatannya.

Langkah kedua yaitu, kalian harus membuat lubang serta menanamkan struktur awal. Bahan ini tentunya sudah siap pakai dan siap dimasukkan ke dalam tanah. minimum kedalaman harus sedalam 1/6 yang dikalikan dengan panjangnya.

Langkah terakhir yaitu, proses penegakannya. Dalam Penggunaannya harus ditegakkan tegak lurus atau vertikal dengan menggunakan bantuan Waterpass dan katrol. Serta tiang satu dengan yang lainnya harus lurus sejajar. Untuk tanah yang lembek atau lebih basah, biasanya pemasangan harus diperkuat dengan menggunakan pondasi yang memenuhi standar konstruksi.

Setelah itu harus menunggu sampai bahan kering baru dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tiang Listrik Beton Adalah

Tiang Listrik Beton Adalah

Tiang listrik beton adalah bahan yang terbuat dari semen. Dengan campuran semen dan ditambah besi kecil sebagai tulang penyangganya. Sekarang banyak yang menggunakan bahan ini karena dengan gampang pemasangan kabel rtc yang lebih aman juga jaringan instalasi kelistrikannya.

Walaupun sedikit lebih mahal, tapi dengan praktisnya mudah didapatkan untuk pemesannya. Banyak jasa yang menyediakan instan dan langsung dapat digunakan. Tinggal melakukan proses penanaman dan pemasangan kabel pendukungnya.

Diameter Tiang Listrik Beton

Diameter Tiang Listrik Beton

Pada dasarnya, diameter tiang listrik beton dibuat dengan berdasarkan ukuran yang sesuai untuk manfaatnya. Macam macam ukuran, meliputi: 9m, 11 dan 13 m.

Kaki penyangganya yang berukuran 9 m, biasanya digunakan untuk JTR atau Jaringan Tegangan Rendah. Sedangkan untuk size 11 m. Pada umumnya digunakan untuk jaringan tegangan menengah atau normal. Dan juga tiang listrik yang berukuran 13 m, biasanya digunakan untuk dapat menyangga transformer dengan kategori GTT 1 tiang atau GTT 2 badannya.

Tentu sebenarnya banyak size yang dapat digunakan. Tapi secara safety dan peraturan dalam fungsinya lebih aman menggunakan ukuran tersebut.

Harga Tiang Listrik Beton

Harga Tiang Listrik Beton

Harga tiang listrik beton umumnya dipergunakan dalam struktur sebuah pembangunan. Panel ini terdiri dari dua material bagian, yaitu bagian luar sebagai lapisan awal dan struktur dalam sebagai pondasi awal. Ukuran panel ini mencakup dari 12m hingga 16m tingginya.  mencakup :

Bagian diameter dalam (mm) 150 , dengan tapak 2000 (mm) , diameternya 6000 (mm), length 10 – 16 (m) . Hal ini untuk Menyimpan banyak dari baja berkisar 30 – 70% (menggunakan kawat baja ditarik dingin dapat menghemat 30% – 60%. Tinggi kawat baja dapat menghemat 40% –  69%.

Rata rata berkisar Rp. 5.500.000,00 /BH dengan merk WIKA. Proses pencetakan bahan berputar pada  peralatan mesin adalah jenis cetakan. Hal ini digunakan untuk membuat berbagai diameter yang berbeda dan panjangnya yang bertulang dan produk semen lainnya. Tentunya, biayanya sewaktu waktu dapat berubah. Dikarenakan menyesuaikan dari bahan pokok yang dipergunakan.

Proses pencetakan yang berputar pada mesin dioperasikan oleh remote dikendalikan continuously variable control. Itu berjalan lancar dan memiliki kualitas yang baik pada bahan yang dihasilkan. Dasar mesin dilas dalam kotak tipe struktur dan kekokohan serta daya tahan. Bantalan disegel dan baik dapat menjadikan awet atau bertahan lama.

Kenapa menggunakan coran semen ? Agar melindungi lingkungan dan mengurangi penebangan pohon secara massal.

Demikian artikel ini, terima kasih waktunya dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.