√5+ Kandungan Pada Telur Ayam

Kandungan Pada Telur Ayam

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kandungan pada telur ayam. Ada 2 jenis ayam yang ada di Indonesia. Berikut ini jenis jenisnya:

1. Telur Ayam Negeri

Tentu kalian sering mendengar kata telur ayam negeri. Harganya yang murah dan mudah didapatkan menyebabkan telur ini sangat sering dikonsumsi oleh banyak masyarakat pada umumnya. chicken eggs negeri memiliki beberapa kandungan gizi yang perlu kalian tahu.

Di dalam 80 sampai 100 gram telur mengandung 162 kal energi, 12.80 gram protein, 11.50 gram lemak, 0.70 gram karbohidrat, 54.00 mg kalsium, 180 mg fosfor, 3.00 mg zat besi, 900 IU vitamin A, serta 0.10 mg vitamin B.

2. Telur Ayam Kampung

Meskipun sama-sama telur ayam, telur ayam kampung mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda dengan telur ayam negeri. Di dalam 80 gram sampai dengan 100 gram telur ayam kampung mengandung energi sebanyak 150 kalori, 13 gram protein, 10 gram lemak, dan juga 1,5 gram karbohidrat. Jika dibandingkan, kandungan protein dan juga karbohidrat pada telur ayam kampung lebih banyak daripada telur ayam negeri.

Telur Apa Yang Memiliki Manfaat Paling Banyak?

Telur Apa Yang Memiliki Manfaat Paling Banyak

Setelah membahas tentang kandungan pada telur ayam. Kali ini kita akan membahas pertanyaan tentang telur apa yang memiliki manfaat paling banyak? Di antara telur ayam negeri dengan ayam telur kampung, telur ayam kampunglah yang memiliki manfaat lebih banyak. Berikut ini adalah beberapa manfaat ayam telur kampung:

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung
    Memakan telur ayam kampung bermanfaat untuk meningkatkan kadar HDL (high density lipoprotein) mencapai 10 persen. Dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.
  2. Mencegah katarak

Mengandung vitamin A yang baik untuk mengoptimalkan kemampuan penglihatan. Dan untuk lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan aktif yang bekerja pada retina mata. Kekurangan lutein dan zeaxanthin dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan mempercepat penuaan mata.

  1. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Mampu menyeimbangkan jumlah kolesterol yang berasal dari makanan. Sementara itu, pada telur ayam kampung terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang umumnya banyak terkandung pada minyak ikan. Omega-3 mampu menurunkan kadar trigliserida yakni komponen kolesterol jahat yang berisiko menyebabkan penyakit jantung.

Jelaskan Apa Saja Kandungan Telur Dan Manfaatnya?

Jelaskan Apa Saja Kandungan Telur Dan Manfaatnya

Kali ini kita akan membahas pertanyaan tentang jelaskan apa saja kandungan telur dan manfaatnya? Untuk kandungan pada telur ayam, kita telah membahasnya diatas tadi, kali ini kita akan membahas manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari telur:

  1. Dapat Menyehatkan jantung
  2. Dapat menangkal kebutaan dan katarak
  3. Dapat membentuk otot
  4. Dapat menjaga stamina
  5. Dapat menyembuhkan penyakit pada paru paru

Apa Kandungan Pada Telur Ayam Broiler?

Apa Kandungan Pada Telur Ayam Broiler

Kali ini kita akan membahas tentang pertanyaan apa kandungan pada telur ayam broiler? Telur ayam broiler mengandung air sekitar 74%, protein 13%, lemak 12%, karbohidrat 1%, dan juga mineral 0,8%.

Selain itu asam amino essensial yang dibutuhkan manusia semua jenisnya terkandung pada telur ayam broiler. Telur ayam broiler tersusun atas tiga bagian yaitu kulit telur, putih telur dan juga kuning telur.

Bagian telur terdiri dari kuning telur sebesar sekitar 30% sampai 32%, putih telur sekitar 58% sampai 60%, dan kulit telur yang sebesar 12%. Ada juga manfaat dari ayam broiler sebagai berikut:

  1. Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah
  2. Menurunkan risiko penyakit jantung
  3. Menyehatkan mata
  4. Membentuk massa otot
  5. Membantu menurunkan berat badan

Berikut adalah kandungan pada telur ayam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.