√5+ Kandungan Putih Telur Ayam

Kandungan Putih Telur Ayam

Hallo teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai kandungan putih telur ayam. Banyak orang beranggapan ketimbang kuning telur putih telur jauh lebih baik. Hal ini karena putih telur tidak mengandung banyak lemak lemak dan  seperti pada kuning telur seperti kalori pada putih telur hanya 15 kalori dari total keseluruhan kalori 75 pada satu butir telur.  Selain itu juga kandungan putih telur ayam terdiri dari 90% air dan sisanya adalah protein. Berikut ini merupakan kandungan putih telur ayam atau zat gizi yang terdapat pada satu butir  telur.

  1. Kalori 18 gram
  2. Protein: 4 gram
  3. Kalium: 53,8 miligram
  4. Energi: 16 kalori
  5. Vitamin B2: 0,145 miligram
  6. Lemak: 0,05 gram
  7. Kalsium: 2,3 miligram
  8. Magnesium: 3,6 miligram

Apakah Putih Telur Berprotein Tinggi?

Apakah Putih Telur Berprotein Tinggi?

Banyak orang yang mempercayai putih telur jauh lebih sehat daripada kuning telur, hal itu karena kalori dan lemak pada putih telur lebih sedikit daripada kuning telur. Namun, apakah putih telur berprotein tinggi?

Kuning telur mengandung lebih banyak zat gizi dari pada putih telur termasuk protein, karena dalam kuning telur terdapat 16 gram sedangkan putih telur hanya 11 gram. Oleh karena itu jika hanya ingin mengkonsumsi putih telur lebih baik dikonsumsi bersama dengan makanan penunjang protein lainnya seperti sayuran dan kacang-kacangan.

Lebih Baik Putih Telur Apa Kuning Telur?

Lebih Baik Putih Telur Apa Kuning Telur?

Kebanyakan, lebih baik putih telur apa kuning telur? Putih telur mengandung protein yang baik untuk tubuh serta rendah kalori karena hanya 15 kalori dan bebas lemak jahat. Memakan putih telur secara rutin dapat berguna untuk membentuk otot dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Berbeda dengan kuning telur, yang dianggap tidak baik karena bisa menyebabkan tingginya kadar kolesterol. Namun faktanya kuning telur memiliki kandungan nutrisi jauh lebih banyak daripada putih telur antara yaitu vitamin B6, B12, A, D, E, serta D.

Oleh karena itu lebih baik mengkonsumsi putih dan kuning telur secara bersamaan karena bersifat saling melengkapi satu sama lain.

Apa Manfaat Putih Telur Rebus?

Apa Manfaat Putih Telur Rebus?

Putih telur, adalah salah satu produk makanan  yang sering jadi andalan untuk memenuhi kebutuhan gizi, khususnya protein, karena memiliki harga yang relatif murah. Untuk memenuhi nutrisi telur bisa diolah menjadi apa saja tak terkecuali di rebus.

Lantas, apa manfaat telur putih rebus? Pengolahan makanan dengan cara direbus merupakan salah satu teknik mengolah makanan yang sehat karena tidak menggunakan minyak yang biasanya mengandung lemak jenuh. Berikut adalah manfaat putih telur rebus.

  • Menjaga kadar kolesterol

Penderita kolesterol tinggi sering dianjurkan untuk mengkonsumsi putih telur, karena putih telur tidak mengandung kolesterol.

  • Membantu proses diet

Telur putih rebus mengandung tinggi protein serta rendah kalori yang bisa mendukung program dietmu karena membuat mudah kenyang.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium (potassium) pada  putih telur berguna untuk  mengontrol atau bahkan menurunkan tekanan darah.

  • Baik untuk penderita diabetes

Manfaat putih telur rebus juga baik untuk penderita diabetes. Karena diklaim  dapat mencegah kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan tekanan darah.

  • Sumber antioksidan

Pada putih telur terdapat zat gizi yang bernama Selenium. Selenium adalah zat mineral esensial yang penting untuk tubuh. Zat ini bisa menjadi  antioksidan yang yang berguna untuk meminimalisir resiko terkena kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Itulah ulasan mengenai kandungan putih telur ayam, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan untuk pembaca.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.