√5+ Manfaat Putih Telur Ayam Kampung

Manfaat Putih Telur Ayam Kampung

Kebanyakan orang pasti pernah memakan telur, baik yang direbus, omelet, maupun sebagai campuran olahan makanan.Tapi biasanya orang lebih suka bagian putihnya daripada kuningnya. Ada beberapa jenis telur, salah satunya adalah jenis ayam kampung. Terdapat manfaat putih telur ayam kampung yang dapat Anda rasakan jika mengkonsumsinya.

Bagian putihnya bagus untuk mendukung program diet, karena protein akan membuat Anda tetap kenyang lebih lama. Sayangnya, sebagian orang masih ragu untuk mengkonsumsinya karena rasanya yang hambar dan amis. Manfaat putih telur ayam kampung sangat baik untuk bagi kesehatan dan kecantikan

Bagian tersebut juga banyak digunakan sebagai masker untuk wajah. Untuk mengencangkan kulit dan mengatasi masalah jerawat. Menurut Departemen Pertanian AS, menyatakan bahwa tubuh membutuhkan sumber nutrisi seperti protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, natrium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein, zeaxanthin, dan asam folat. Kandungan inilah yang akan memberikan manfaat putih telur ayam kampung untuk tubuh.

Bagian putih telur ini mempunyai beberapa kandungan, yaitu:

Protein             : 4 gram.

Energi              : 16 kalori.

Vitamin B2      : 0,145 miligram.

Magnesium     : 3,6 miligram.

Lemak             : 0,05 gram.

Kalsium           : 2,3 miligram.

Kalium             : 53,8 miligram.

Manfaat putih telur ayam kampung biasanya juga digunakan sebagai jamu tradisional dan masker komedo untuk kecantikan. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya tentang manfaatnya. Simak, terus, ya!

Putih Telur Khasiatnya untuk Apa?

Putih Telur Khasiatnya untuk Apa?

Sebagai bahan makanan yang mudah diolah, didapatkan, serta terjangkau, bahan ini menjadi kesukaan masyarakat, mengingat kandungan gizinya yang tinggi juga menjadikan siapa saja yang mengkonsumsinya akan menjadi lebih sehat. Putih telur khasiatnya untuk apa?

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan vitamin dan mineral yang tubuh kita butuhkan untuk meningkatkan fungsi otak dan saraf. Juga mengandung kolin, yang  mengatur otak dan sistem saraf serta menjaga kesehatan jantung.

2. Menjaga Kekuatan Otot, Tulang dan Gigi

Protein di dalamnya dapat membantu memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh seperti otot, tulang dan gigi. Vitamin D yang terdapat dalam protein dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan mengatur kadar kalsium darah, yang juga dapat membantu memperkuat tulang dan gigi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Memakan cukup protein dapat menjaga kesehatan mata Anda. Kandungan zeaxanthin yang lebih banyak apabila kita bandingkan dengan sayuran. Protein mencegah degenerasi  makula dan mengurangi risiko katarak.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Protein mengandung senyawa antioksidan yang melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan sel kanker tumbuh. Asupan protein secara teratur dapat mengurangi risiko kanker.

5. Penurunan Berat Badan

Jika Anda  ingin  menurunkan berat badan sambil tetap sehat, protein adalah caranya. Protein dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Apakah Putih Telur Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Apakah Putih Telur Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Setelah Anda mengetahui khasiatnya, tentu Anda akan menjadi semakin tertarik untuk mengkonsumsinya, bukan? Karena pada dasarnya kita memang harus memakan makanan yang bergizi. Apakah putih telur aman untuk kita konsumsi setiap hari?

Meski baik untuk kesehatan, akan lebih baik jika Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur dan cukup saja dengan mengimbangi dengan nutrisi yang lain. Beberapa orang dapat mengalami alergi jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Dan selalu perhatikan kebersihannya agar tidak terinfeksi bakteri Salmonella yang ada pada cangkangnya.

Lebih Baik Putih Telur Apa Kuning Telur?

Lebih Baik Putih Telur Apa Kuning Telur?

Kedua bagian tersebut terdapat pada setiap butirnya, yang mana masing-masingnya mempunyai kandungan dan khasiat khususnya masing-masing. Lebih baik putih telur apa kuning telur?

Namun, bagian kuningnya mengandung lebih banyak kalori, zat besi, dan vitamin daripada Mengandung tujuh vitamin, seperti B6, asam folat, vitamin B, B-12, A, D, E, dan K.

Demikian artikel kali ini. Semoga membantu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.