√5+ Manfaat Putih Telur Untuk Tubuh

Manfaat Putih Telur Untuk Tubuh

Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai manfaat putih telur untuk tubuh. Jika dibandingkan dengan kuning telur, jumlah kandungan gizi yang terdapat pada putih telur memang kalah. Namun putih telur juga menawarkan berbagai manfaat yang baik. Berikut merupakan beberapa manfaat putih telur untuk tubuh.

  • Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein yang tinggi membuat putih telur dapat membuat lebih mudah kenyang, sehingga baik digunakan untuk program diet.

  • Membantu pertumbuhan massa otot

Tingginya kadar protein di dalam putih telur juga berguna  untuk menjaga dan membangun masa. Oleh karena itu baik  dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga

  • Menjaga Kesehatan jantung

Putih telur tidak mengandung lemak dan kolesterol yang baik sehingga baik untuk menjaganya kesehatan jantung. Karena penyebab penyakit jantung yaitu lemak dan kolesterol jahat.

  • Membantu mengatur kadar kolesterol

Salah satu manfaat putih telur untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin yaitu dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Karena kadar kolesterol pada putih telur jauh lebih sedikit daripada pada bagian kuningnya.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan pada putih telur, yaitu riboflavin (vitamin B2), dipercaya sebagai nutrisi yang dapat  mencegah masalah  mata seperti katarak dan masalah mata lainnya.

Apa Fungsi dari Putih Telur?

Apa Fungsi dari Putih Telur?

Telur secara menyeluruh adalah asupan sehat yang mengandung khasiat bagi tubuh. Namun putih telur kurang diminati karena rasa dari kuning telur jauh lebih gurih dari putih telur. Namun ternyata manfaat putih telur itu nyata dan baik untuk tubuh. Lantas, apa fungsi dari putih telur? Berikut adalah beberapa fungsi putih telur.

  • Fungsi dari putih telur yaitu, berguna untuk memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin yang ada pada putih telur yaitu B12 yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.
  • Dapat mengobati jerawat, putih telur dipercaya efektif dalam mengobati jerawat karena bisa mengering di wajah dan mengangkat kotoran penyebab timbulnya jerawat.
  • Untuk menyeimbangkan natrium dan kalium. Putih telur mengandung kalium dan natrium, kedua zat mineral ini berfungsi untuk menghindari kontraksi otot, fungsi jantung, dan transmisi impuls pada sistem yang ada pada saraf.

Lebih Baik Putih Telur Apa Kuning Telur?

Lebih Baik Putih Telur Apa Kuning Telur?

Banyak  orang sering menanyakan, lebih baik putih telur apa kuning telur? Putih telur mengandung protein yang baik untuk tubuh serta rendah kalori karena hanya 15 kalori dan bebas lemak dan sisanya adalah protein dan mineral. Mengkonsumsi putih telur secara rutin dapat membentuk otot dan menurunkan tekanan kolesterol dan darah.

Berbeda dengan kuning telur, yang dianggap tidak baik karena bisa menyebabkan kolesterol. Walau begitu pada kenyataannya kuning telur memiliki kandungan nutrisi lebih banyak daripada putih telur seperti vitamin B6, B12, A, D, E, serta kolin.

Oleh karena itu lebih baik mengkonsumsi putih dan kuning telur secara bersamaan namun dalam porsi yang cukup serta diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Apakah Putih Telur Bagus untuk Tulang?

Apakah Putih Telur Bagus untuk Tulang?

Dari berbagai manfaat telur yang telah dijelaskan diatas, apakah putih telur bagus untuk tulang? Jawabannya adalah iya, karena di dalam putih telur terkandung 8 mg  potasium.  Hal ini berarti putih telur dapat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan meminimalisir terjadinya patah tulang.

Oleh karena itu baik mengkonsumsi putih telur secara rutin disertai dengan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, istirahat cukup serta memakan makanan yang bergizi.

Itulah ulasan mengenai manfaat putih telur untuk tubuh, semoga bermanfaat dan dapat  menambah ilmu untuk para pembaca.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.