10+ Jenis Pasir Bangunan Wajib Tahu!

Jenis Pasir Bangunan

Membangun rumah atau gedung yang bagus, pastinya juga memerlukan bahan bangunan yang bagus kualitasnya, mulai dari semen, batu bata, pasir, dan lainnya. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai jenis pasir bangunan yang biasanya sering digunakan untuk membangun rumah atau gedung. 

Apa Saja Jenis Pasir?

Apa Saja Jenis Pasir?

Ada banyak jenis pasir yang perlu kita ketahui, dan tentunya setiap jenis memiliki sifar dan kegunaan yang berbeda dalam membuat sebuah bangunan. Lantas, apa saja jenis pasir? Inilah beberapa jenis pasir bangunan yang perlu kita ketahui.

  • Pasir Beton
    Memiliki warna abu-abu gelap hingga kehitaman. Pasir ini sangat halus saat dipegang dengan tangan. Ciri-cirinya yaitu pasir ini tidak akan menggumpal dan akan kembali buyar. Pasir beton berfungsi untuk menguatkan dan merekatkan material bangunan lain. Seperti merekatkan batu bata, memplester dinding rumah, mengecor dinding dan fondasi bangunan.
  • Pasir Merah atau Pasir Jebrod
    Memiliki warna merah, atau cokelat oren. Disebut pasir jebrod, karena asalnya dari Jebrod, Cianjur. Meskipun ada beberapa yang berasal dari Sukabumi. Tekstur pasir ini kasar dengan butiran yang besar. Ciri-cirinya yaitu menggumpal dan tidak ambyar. Pasir ini berfungsi untuk menambah daya rekat bangunan. Oleh sebab itu sering digunakan untuk pengecoran bersama dengan pasir beton. 
  • Pasir Pasang
    Bentuknya lebih halus. Ciri-cirinya ketika mengepalnya, pasir ini tidak akan ambyar dan tetap akan menggumpal. Biasanya jenis ini cocok dipadukan dengan pasir beton, untuk menghasilkan fondasi yang lebih kuat.
  • Pasir Elod
    Warnanya hitam kelam, namun ada juga yang bewarna abu-abu gelap. Memiliki butiran yang sangat kecil dan halus. Pasir ini ternyata tidak dapat kita gunakan dalam bangunan karena memiliki kandungan tanah di dalamnya. Namun, ada sebagian orang yang menggunakan pasir jenis ini kita campur dengan pasir beton untuk plesteran dinding. Pasir jenis ini cocok menjadi bahan utama dalam pembuatan batako.
  • Pasir Sungai
    Pasir ini berasal dari sungai, dan memiliki ukuran butiran yang tidak terlalu besar atau kecil. Fungsinya untuk campuran pengecoran dan juga kita gunakan untuk fondasi rumah. 
  • Pasir Urug
    Memiliki butiran yang tidak sehalus pasir lainnya. Fungsinya hanya untuk mengurug tanah agar permukaan tanah asli stabil dan menyebarkan beban.
  • Pasir Mundu
    Warnanya kecoklatan, dan banyak kita jumpai di pasaran karena hanrganya yang murah dengan kualitasnya yang baik. Fungsinya yaitu kita gunakan sebagai bahan untuk plester dan pasang bata. 
  • Pasir Putih Rangkas
    Pasir jenis ini berasal dari galian tambang yang letaknya di Rangkas Bitung, Banten. Memiliki tekstur lembut dengan butiran kecil yang bewarna putih keabu-abuan. Harganya pun relatif murah dan kualitanya baik. Fungsinya yaitu untuk cor fondasi, pemasangan keramik, plester, pembuatan batako, hebel, paving block, beton precast, genteng, dan lain sebagainya.
  • Pasir Putih Bangka
    Warnanya beragam tergantung galian pada area tambang, ada yang bewarna coklat, putih, kuning kecoklatan, dan coklat keputihan. Fungsinya untuk material bangunan, misalnya beton, cor, plester, dan lainnya.
  • Pasir Putih Lampung
    Tekstur ini lebih lembut dan halus. Memiliki warna krem buram atau krem kekuningan dan kemerahan, tergantung kondisi galian pada area tambang. Fungsinya untuk pemasangan keramik, marmer, granit. dan lainnya.
  • Pasir Plester
    Ini merupakan jenis pasir yang sudah terbebas dari kerikil dan bebatuan. Walaupun demikian, pasir ni tetap harus kita ayak terlebih dahulu sebelum kita campurkan dengan semen. Fungsinya untuk plester dinding agar rapi.

Pasir Apa yang Paling Bagus?

Pasir Apa yang Paling Bagus?

Setelah mengetahui beberapa jenis pasir bangunan, kita juga perlu mengetahui kualitas pasir yang paling baik untuk bangunan. Lantas, pasir apa yang paling bagus? Ada beberapa pasir yang memiliki kualitas tinggi dan cocok untuk pembangunan, yaitu :

  1. Pasir putih lampung
  2. Pasir putih bangka
  3. Pasir putih rangkas
  4. Pasir coklat Belitung
  5. Pasir mundu

Bisakah Pasir Laut untuk Bahan Bangunan?

Bisakah Pasir Laut untuk Bahan Bangunan?

 

Kita telah mengetahui jenis pasir bangunan hingga jenis pasir yang memiliki kualitas yang bagus untuk bangungan. Lantas, bisakah pasir laut untuk bahan bangunan? Jawabannya, pasir laut yang belum terproses atau kondisinya masih mentah tidak dapat kita jadikan sebagai material bangunan. Namun, jika pasir laut ini sudah terstabilisasi maka dapat kita gunakan sebagai bahan bangunan. Proses stabilisasi yaitu, kita cuci dengan cara menetralkan kandungan garam sulfat dalam pasir laut.

Demikian pembahasan mengenai jenis pasir bangunan yang dapat Mimin sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.