5 Manfaat Makan Telur Mentah, Wajib Tahu nih!

Manfaat Makan Telur Mentah

Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang manfaat makan telur mentah. Telur ini memanglah salah satu bahan pangan yang paling banyak ditemui dalam keseharian kita. Telur mentah juga baik untuk pria lho! Sebagian orang rutin menambahkannya ke dalam minuman untuk mendapatkan protein tambahan.

Selain itu, di dalam keadaan mentah dapat kalian temukan antara lain dalam minuman, krim pada kue, mayonaise, dan saus untuk salad. Meskipun demikian, bukan berarti kalian dapat sembarangan mengkonsumsi telur mentah. Telur yang direbus atau digoreng memanglah lezat. Tetapi telur mentah yang dikonsumsi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan telur mentah:

  1. Dapat Menyehatkan jantung
  2. Dapat menangkal kebutaan dan katarak
  3. Dapat membentuk otot
  4. Dapat menjaga stamina
  5. Dapat menyembuhkan penyakit pada paru paru

Apa Efek Samping Makan Telur Mentah?

Apa Efek Samping Makan Telur Mentah?

Setelah kita membahas tentang manfaat makan telur mentah. Kali ini kita akan membahas tentang apa efek samping makan telur mentah? Beberapa risiko yang mungkin muncul ketika mengonsumsi telur yang belum matang adalah:

  1. Kontaminasi bakteri
    Dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri Salmonella. Gejala yang muncul bisa berupa kram perut, diare, mual, demam, dan juga sakit kepala. Keluhan ini dapat muncul 6 jam sejak pertama kali mengonsumsi.
  2. Dapat mengurangi penyerapan protein berkualitas
    Sebuah studi membandingkan penyerapan protein dari telur matang dan yang mentah kepada 5 orang. Hasilnya, 90% protein dari yang matang terserap, namun hanya 50% dari yang mentah terserap.
  3. Penyerapan biotin
    Mengandung biotin jenis vitamin B7 yang larut dalam air. Fungsinya untuk produksi glukosa dan juga asam lemak yang juga penting bagi ibu hamil. Kuningnya mengandung biotin, sementara putihnya mengandung protein yang disebut avidin. Sayangnya, putih telur mentah ini justru mengikat biotin di usus. Akibatnya, penyerapannya pun menjadi kurang maksimal. 

Apakah Kuning Telur Mentah Baik untuk Kesehatan?

Apakah Kuning Telur Mentah Baik untuk Kesehatan?

Kali ini kita akan membahas tentang apakah kuning telur mentah baik untuk kesehatan?

Meski mengandung kolesterol dan kalori yang cukup tinggi, sebenarnya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kuning telur ini, di antaranya:

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
    Kuning telur ini merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, dan juga membantu penyerapan kalsium. Kandungan vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan juga gigi.
  2. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak
    Protein yang dikandung oleh kuningnya telur sebesar 2,5 gram. Kandungan protein ini dapat memperbaiki tubuh yang rusak, memperkuat daya tahan tubuh, dan juga menunjang tumbuh kembang yang optimal pada anak.
  3. Mencegah penyakit mata
    Kaya akan kandungan antioksidan lutein dan juga zeaxanthin. Kedua nutrisi tersebut memiliki khasiat untuk mencegah penyakit pada mata, seperti katarak dan juga degenerasi makula.
  4. Mengurangi resiko cacat tabung saraf
    Mengandung kolin dan jua folat yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini berperan penting di dalam menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin serta memastikan otak janin dapat berkembang dengan baik. 
  5. Mengurangi peradangan dan risiko penyakit kronis
    Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh dan juga menurunkan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, asma, radang sendi, dan juga kanker.

Bolehkah Makan Telur Mentah Setiap Hari?

Bolehkah Makan Telur Mentah Setiap Hari?

Kali ini kita akan membahas tentang bolehkah makan telur mentah setiap hari? Seperti yang kita ketahui pada sebelumnya. Mengkonsumsi telur mentah memang memiliki banyak manfaat.

Tetapi mengkonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan banyak efek samping seperti yang sudah dijelaskan diatas. Alangkah baiknya kita membatasi konsumsi dari telur mentah dan jangan mengkonsumsinya setiap hari, agar kita tidak terkena efek sampingnya.

Sekian adalah pembahasan saya tentang manfaat makan telur mentah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.