√5 Manfaat Telur Rebus untuk Ibu Hamil!

Telur Rebus untuk Ibu Hamil

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang telur rebus untuk ibu hamil. Saat hamil, pastinya kalian akan menjaga makanan yang masuk di dalam tubuh telur juga baik untuk pria lho. Pertanyaan yang sering keluar adalah, apakah ibu hamil boleh memakan telur rebus? Jawabannya tentu saja boleh. Tetapi, ada satu syarat yang harus dipatuhi. Telur rebus ini haruslah matang sempurna. Jika tidak, telur mentah atau setengah matang bisa membawa organisme yang dapat menyebabkan penyakit seperti bakteri Salmonella.

Faktor yang membuat telur layak jadi pilihan menu harian bagi ibu hamil adalah kandungan kalorinya yang rendah. Telur rebus ini hanya mengandung 77 kalori. Sementara lemak dan karbohidratnya jugalah rendah. Di sisi lainnya, terdapat lebih dari 6 gram protein di dalam satu telur rebus. Ini penting untuk ibu hamil yang perlu nutrisi lebih banyak untuk pertumbuhan. Yuk langsung saja kita ulas secara mendalam tentang telur rebus untuk ibu hamil.

Apakah Telur Rebus Bagus untuk Ibu Hamil?

Apakah Telur Rebus Bagus untuk Ibu Hamil?

Kali ini kita akan membahas tentang apakah telur rebus bagus untuk ibu hamil? Saat hamil, tubuh memerlukan nutrisi yang cukup untuk ibu maupun janin. Telur merupakan salah satu makanan yang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Berikut adalah jenis-jenis nutrisi yang terkandung dalam telur dan manfaatnya untuk ibu hamil:

  1. Protein
    Telur kaya akan protein yang merupakan zat gizi esensial selama kehamilan. Pasalnya, setiap perkembangan sel janin yang di kandungan membutuhkan protein.
  2. Omega-3 dan Kolin
    Kandungan asam lemak omega-3 dan kolin dalam telur berperan penting dalam perkembangan otak janin. Kedua zat ini terdapat dalam kuning telur. Sama halnya dengan asam folat, kolin juga dapat mencegah terjadinya neural tube, atau gangguan tumbuh kembang sistem tabung saraf yang dapat menyebabkan kecacatan.
  3. Zinc
    Kekurangan zinc saat kehamilan dapat mengakibatkan retardasi mental, kelahiran yang prematur, hipertensi, dan juga meningkatkan risiko komplikasi saat melahirkan. Satu butir telur memiliki kandungan zinc sebanyak 0.5 mg. 
  4. Zat besi
    Wanita yang hamil rentan mengalami kekurangan zat besi. Kebutuhan zat besi meningkat secara signifikan pada trimester kedua dan juga ketiga. Kebutuhan harian zat besi yang disarankan adalah 27 mg/hari. Satu butir telur ini mengandung 1.7 mg zat besi. Jadi, telur dapat dijadikan salah satu menu tambahan untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian.
  5. Kalori
    Wanita hamil membutuhkan tambahan 200 sampai 300 kalori per hari untuk tumbuh kembang janin dan satu butir telur ini memiliki 70 kalori.

Ibu Hamil Bolehkah Makan Telur Setiap Hari?

Ibu Hamil Bolehkah Makan Telur Setiap Hari?

Sekarang ke pertanyaan ibu hamil bolehkah makan telur setiap hari? Wanita hamil sebaiknya mengonsumsi 1-2 telur sehari. Pasalnya, setiap kuning telur mengandung 125 mg kolin yang berperan penting dalam perkembangan otak janin.

The National Academy of Sciences merekomendasikan wanita hamil untuk mengkonsumsi 450 mg kolin/hari. Dengan mengkonsumsi 2 butir telur, maka kebutuhan 250 mg kolin/hari akan terpenuhi. Untuk sisanya, kalian bisa dapatkan dari makanan lain yang kaya akan kolin, seperti daging, kembang kol, gandum, dan sebagainya.

Apakah Telur Rebus bisa Menambah Berat Badan Janin?

Apakah Telur Rebus bisa Menambah Berat Badan Janin?

Banyak juga yang bertanya tentang apakah telur rebus bisa menambah berat badan janin? Meningkatkan berat badan janin di dalam kandungan penting untuk diperhatikan. Ini karena dengan meningkatnya berat badan janin di dalam kandungan akan membuat bayi lahir dengan berat badan normal dan sehat.

Beberapa studi menunjukkan bahwa makanan dapat meningkatkan berat badan bayi dalam kandungan, salah satunya yakni telur rebus. Telur memiliki protein tinggi dan juga mengandung asam folat, kolin, dan zat besi. Sebagian besar protein dalam telur diserap oleh tubuh saat dikonsumsi dalam bentuk rebusan. Satu butir telur rebus sehari lebih dari cukup untuk perempuan hamil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.