Apa Saja Manfaat Beras Hitam Organik?

manfaat beras hitam organik

Hari ini, kita akan membahas tentang manfaat beras hitam organik. Mungkin para pembaca jarang mengonsumsi beras hitam. Hal ini wajar, karena beras yang paling sering kita konsumsi adalah beras putih. Selain itu, beras hitam juga tergolong mahal. 1 kg beras hitam memiliki harga sebesar Rp49.000, sedangkan beras putih per kilogramnya berharga sekitar Rp10.500 dan untuk beras merah per kilogramnya sekitar Rp20.500.

Beras merupakan bagian bulir padi (gabah) yang telah terpisah dari sekam. Pada umumnya beras tumbuh sebagai tanaman tahunan. Beras hitam, atau yang umumnya disebut dengan ‘forbidden rice’ atau ‘emperor rice’ merupakan beras berbiji dengan corak ungu tua dan rasa pedas yang agak manis. Beras ini disebut ‘emporor rice’ karena pernah disediakan untuk kaisar Tiongkok untuk memastikan kesehatannya sehingga dapat memiliki umur yang panjang, dan pada saat itu beras ini dilarang untuk dikonsumsi oleh orang lain. Nasi hitam memiliki tekstur lengket dan rasa gurih seperti kacang, sehingga cocok untuk diolah menjadi bubur, makanan penutup, dan kue beras hitam tradisional. Manfaat beras hitam organik adalah sebagai berikut.

Beras hitam memiliki kandungan antosianin tertinggi dibanding dengan jenis beras lainnya. Manfaat dari antosianin adalah sebagai senyawa yang dapat mencegah penyakit jantung dan melindungi dari segala macam peradangan yang menjadi penyebab dari banyak penyakit umum seperti asma, arthritis, bahkan kanker. Blueberry merupakan buah dengan antioksidan paling tinggi dari 40 jenis buah dan sayuran lainnya. Satu sendok makan nasi hitam mengandung antioksidan yang jauh lebih tinggi daripada blueberry dalam jumlah yang sama.

  • Tinggi protein

Karbohidrat dalam beras hitam lebih rendah daripada beras merah, akan tetapi beras hitam mengandung serat dan protein yang lebih tinggi. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian kita. Protein penting dalam kesehatan tubuh karena dapat memproduksi enzim yang dapat mendorong proses penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.

  • Kaya akan vitamin dan mineral

Beras hitam mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting, termasuk vitamin E, B1, B2, B3, B6, serta mineral seng, magnesium, dan fosfor. Vitamin dan mineral ini membantuk memproduksi energi sehingga kita dapat beraktivitas dengan baik seharian. Satu porsi nasi hitam dapat memenuhi 8% dari asupan ahrian untuk seng, 6% untuk zat besi, dan 20% untuk fosfor.

Sekian penjelasan tentang manfaat beras hitam organik. Selanjutnya, kita akan menjelaskan tentang apakah beras hitam mengandung gula?

Apakah Beras Hitam mengandung Gula?

Apakah Beras Hitam mengandung Gula?

Jawabannya, iya. Beras hitam mengandung gula. Semua jenis beras mengandung gula, tetapi masing-masing jenis beras tersebut memiliki jumlah kandungan gula yang berbeda-beda. Beras hitam memiliki kandungan gula yang lebih rendah daripada beras merah. Beras hitam juga memiliki kalori yang rendah, maka dari itu beras hitam cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet. Oleh karena beras hitam tidak mengalami penyulingan atau pemrosesan, beras hitam dapat mempertahankan antioksidan, vitamin, mineral, dan seratnya, sehingga beras ini baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus. Serat sangat penting untuk penderita diabetes.

Hal ini karena serat memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula, sehingga peningkatan gula dalam darah meningkat secara perlahan, dan dapat membantu mengatur level glukosa dalam darah. Oleh karena itu, beras hitam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Apa Manfaat Beras Hitam untuk Wajah?

Apa Manfaat Beras Hitam untuk Wajah?

Tadi sudah kita jelaskan manfaat beras hitam organik. Sekarang, kita akan jelaskan apa manfaat beras hitam untuk wajah? Cara menggunakan beras hitam untuk kesehatan wajah adalah dengan diolah menjadi masker. Berikut adalah manfaat-manfaatnya jika kita menggunakan beras hitam sebagai masker untuk wajah.

  • Memutihkan kulit wajah
  • Mengatasi jerawat
  • Mengencangkan kulit
  • Mengecilkan pori
  • Menghilangkan flek hitam

Apakah Beras Hitam Baik untuk Ginjal?

Apakah Beras Hitam Baik untuk Ginjal?

Sebelumnya, sudah kita jelaskan manfaat beras hitam organik. Selanjutnya, kita akan membahas apakah beras hitam bermanfaat untuk ginjal. Nah, apakah beras hitam baik untuk ginjal? Iya, beras hitam sangat bermanfaat untuk ginjal. Hal ini sudah dibuktikan dari studi-studi ilmiah.

Ginjal sembuh oleh beras hitam karena aktivitas antioksidan yang terkandung dalam beras tersebut, yang berupa antosianin. Peran antosianin adalah dapat mencegah gangguan fungsi ginjal, melancarkan aliran darah, dan memperbaiki kerusakan sel. Oleh karena itu, selain dari manfaatnya untuk tubuh dan wajah, beras hitam juga bermanfaat untuk kesehatan ginjal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.