Apa saja sih Manfaat Beras Merah Organik?

apa-saja-sih-manfaat-beras-merah-organik

Beras merah organik adalah beras yang sehat. Terkenal karena kandungan seratnya yang tinggi, membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada nasi putih biasa. Sehingga manfaat beras merah organik dapat Anda rasakan jika mengkonsumsinya. Tak heran jika banyak orang yang menjalani program diet penurunan berat badan beralih dari nasi putih ke nasi merah untuk konsumsi sehari-hari mereka

Manfaat beras merah organik kita dapatkan dari Vitamin B1, B2, B3, B6, Vitamin E, Vitamin K, Asam Folat, Mangan, Besi, Seng, Selenium, Magnesium, Fosfor, Kalium, dan Kalsium. Selain itu, beras merah organik merupakan sumber protein dan asam lemak yang baik.

Nutrisi yang berbeda ini juga memberikan berbagai manfaat beras merah organik untuk kesehatan. Jenis ini merupakan biji-bijian yang, kita makan kulitnya dan kupas hanya sekali, sehingga nutrisinya tidak terbuang percuma. Karena itu, beras merah mengandung lebih banyak nutrisi daripada jenis putih.

Apa Manfaat Makan Beras Merah Setiap Hari?

Apa Manfaat Makan Beras Merah Setiap Hari?

Manfaat beras merah organik diketahui dapat membantu mengendalikan diabetes, memperbaiki sistem pencernaan, mengontrol kolesterol, meningkatkan dan juga kesehatan jantung. Namun, apa manfaat makan beras merah setiap hari? Berikut ini adalah penjelasan yang lengkap, simak terus, ya!

  • Mengendalikan diabetes
    Karakternya yang memiliki indeks glikemik rendah dapat mengurangi meningkatnya insulin dan membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menemukan bahwa jenis ini kaya akan asam fitat, serat dan polifenol esensial yang membantu melepaskan gula lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.
  • Memperbaiki pencernaan
    Serat yang terkandung membantu mengatur pergerakan usus dan memberikan rasa kenyang. Sebuah penelitian yang menyelidiki efek pencernaan menemukan bukti bahwa lapisan dedak pada beras merah dapat menunda buang air kecil, dengan demikian akan meningkatkan volume kotoran yang keluar. Serat yang kandungannya juga membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan radang usus besar.
  • Sebagai sumber antioksidan
    Karena tidak mengalami proses penggilingan yang tinggi jika kita bandingkan dengan jenis yang putih, membuatnya memiliki kadar fitokimia yang bagus. Selain itu, juga kaya akan flavonoid seperti flavon dan tripsin, yang meningkatkan aktivitas antioksidan. Komponen antioksidan ini membantu mengurangi stres, menghilangkan racun, dan menjaga berbagai kondisi kesehatan.
  • Mengurangi obesitas
    Kemampuannya yang dapat meningkatkan aktivitas glutation peroksidase, enzim antioksidan yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol HDL (baik) pada orang memiliki berat badan berlebih.
  • Menjaga tubuh dari kolesterol
    Beras merah yang berkecambah memiliki efek neuroprotektif yang dapat melindungi otak dari stres oksidatif. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang berisiko mengembangkan penyakit seperti Parkinson dan Alzheimer.
  • Meningkatkan kesehatan jantung
    Kandungan akan magnesium dan proanthocyanidins yang tinggi akan mengurangi komplikasi kardiovaskular.

Itulah manfaat beras merah organik yang harus Anda ketahui. Anda dapat mengolah jenis ini dalam berbagai olahan makanan kegemaran Anda bersama keluarga. Terlebih, bagi Anda yang ingin melakukan program diet. Makanan pokok berwarna merah ini sangat baik untuk Anda.

Apakah Boleh Mengkonsumsi Beras Merah Setiap Hari?

Apakah Boleh Mengkonsumsi Beras Merah Setiap Hari?

Untuk memaksimalkan manfaatnya, juga rekomendasi banget untuk menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti misalnya perbanyak makan buah dan sayur, olahraga teratur, berhenti merokok, dan batasi minuman yang mengandung alkohol. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Apakah boleh mengkonsumsi beras merah setiap hari?

Tentu saja, jawabannya adalah ya, selama Anda memperhitungkan tingkat konsumsinya. Anda bisa mengganti nasi putih yang kita konsumsi sehari-hari dengan nasi ini. Anda juga bisa mencampurnya jika mau. Pastikan untuk melengkapi dengan lauk yang bergizi seperti sayuran hijau, telur, daging, dan kacang-kacangan. Anda juga bisa menambahkan bumbu untuk menambah rasa jika Anda suka. 

Apa Itu Beras Merah Organik?

Apa Itu Beras Merah Organik?

Karena banyak mengandung serat, jadi sebaiknya minum air mineral yang cukup setiap hari. Jumlah yang disarankan untuk melumasi sistem pencernaan adalah 8 gelas sehari. Namun, sejauh ini kita telah membahas manfaatnya, sudah tahukan Anda. apa itu beras merah organik?

Yaitu jenis yang berwarna merah, tidak mengalami proses penggilingan dan hanya lapisan luarnya saja yang mengalami pengelupasan dengan perawatan tanpa bahan kimia. Sekian dan terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.