Apa saja sih Manfaat Makan Telur Ayam Kampung?

Manfaat Makan Telur Ayam Kampung

Telur adalah sumber protein yang mudah ditemukan. Ada dua jenis yang biasa dimakan, yaitu ayam negeri dan kampung. Bahan makanan ini dipercaya memiliki nutrisi yang lebih sehat karena dibesarkan dengan cara  yang lebih alami. Oleh karena itu, manfaat makan telur ayam kampung akan Anda rasakan bagi kesehatan. Ayam kampung hidup tanpa kandang dan memakan makanan utuh seperti cacing, biji-bijian, dan ulat. 

Ini berbeda dengan jenis lain yang dipelihara di kandang khusus dan menggunakan pakan bahan kimia. Berukuran lebih kecil dari yang dijual di pasaran dan memiliki berat sekitar 27 hingga 56 gram (g). Mengetahui manfaat makan telur ayam kampung penting sebagai dasar pengetahuan sekaligus dapat menggugah minat untuk mengkonsumsinya.

Beberapa ciri  yang membedakan membedakanya dengan jenis lain adalah

  1. Warnanya coklat.
  2. Berukuran lebih besar dan memiliki cangkang yang bertekstur kasar.
  3. Memiliki kuning telur yang lebih oranye.

Dengan melihat ciri-ciri tersebut, terlihat bahwa komponen gizinya juga berbeda. Ayam kampung dan negeri dibesarkan dengan cara yang berbeda, namun keduanya pada dasarnya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda. Namun, jumlah kolesterol, vitamin A, dan E pada kedua telur ini cenderung sama. Manfaat makan telur ayam kampung pasti baik bagi tubuh karena mempunyai kandungan nutrisi yang kaya.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Protein 16.3 g
  • Kalsium 62 mg
  • Besi 2,5 mg
  • Energi 251 kalori
  • Lemak 19,4 g
  • Fosfor 250 miligram
  • Vitamin A 36 mikrogram
  • Karoten 221 mcg
  • Karbohidrat 1,4 g

Dari seluruh kandungan yang telah Anda baca tentu dapat memberikan manfaat makan telur ayam kampung. Sebagai salah satu bahan makanan sumber protein yang mempunyai kualitas yang bagus, di dalamnya juga terkandung Vitamin B1, omega 3, dan juga antioksidan. 

Apa Manfaat Makan Telur Rebus Ayam Kampung?

Apa Manfaat Makan Telur Rebus Ayam Kampung?

Pengolahan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah direbus, yaitu merendamnya dalam air yang mendidih. Namun, perebusan ini tidak disarankan terlalu lama, karena akan menghilangkan vitamin yang ada. Apa manfaat makan telur rebus ayam kampung?

  • Menurunkan resiko penyakit jantung
    Karena dapat meningkatkan kadar HDL (high-density lipoprotein) hingga 10%. HDL termasuk dalam jenis kolesterol yang baik untuk tubuh. Tingginya kadar HDL  dalam tubuh  menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan risiko serangan jantung, stroke dan penyakit jantung lainnya. 
  • Mencegah penyakit mata katarak
    Kandungan Vitamin A diketahui dapat mengoptimalkan  penglihatan. Lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang aktif bekerja pada retina mata. 
  • Mengurangi kolesterol jahat
    Kolesterol yang ditemukan dalam jenis ini tidak serta merta meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.  Hal ini karena memungkinkan tubuh untuk menyeimbangkan jumlah kolesterol  dari makanan
  • Meningkatkan fungsi otak
    Kolin berperan penting dalam memecah asam amino homosistein, zat yang mempengaruhi jantung dan 
  • Mendukung perkembangan pada sel
    Protein yang terkandung mempunyai asam amino esensial yang memiliki fungsi penting dalam mengoptimalkan perkembangan struktur sel sekaligus membantu sel berfungsi dengan baik, mengandung kolin, dan otot menyerap  asam amino ini untuk memperbaiki kerusakan aktivitas. 

Apa Efek Samping Makan Telur Mentah?

Apa Efek Samping Makan Telur Mentah?

Beberapa orang gemar mengkonsumsinya saat mentah, karena mereka percaya kandungan gizinya tetap utuh kita tidak melewati pengolahan dan hal tersebut memang benar. Namun, apa efek samping makan telur mentah?

Beberapa dampak yang dikhawatirkan hanyalah keberadaan bakteri Salmonella, yang dapat menyebabkan infeksi. Sebab itu, Anda perlu memperhatikan kebersihannya, mengganggu penyerapan biotin, dan tidak maksimalnya penyerapan protein.

Apa Manfaat Makan Telur Ayam Mentah?

Apa Manfaat Makan Telur Ayam Mentah?

Dalam keadaan mentah, nutrisi tersebut berkadar lebih tinggi. Memanaskan dan memasak telur berisiko mengurangi beberapa gizi, seperti vitamin A, B5, dan kalium. Sehingga, banyak orang gemar mengonsumsi telur mentah. Apa manfaat makan telur ayam mentah?

Tak seperti yang sudah dimasak sampai matang atau setengah matang, telur mentah menawarkan berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, lemak baik, dan antioksidan yang tinggi. Dengan cara ini dipercaya bisa membantu laki-laki mendapatkan bentuk badan yang ideal serta menambah stamina.

Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.