Apa Saja sih Manfaat Makan Telur Setiap Hari?

Manfaat Makan Telur Setiap Hari

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang manfaat makan telur setiap hari. Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah dicerna, bergizi tinggi, dan memiliki rasa yang lezat. Penggunaan telur ada banyak, seperti sebagai lauk, bahan pencampur berbagai makanan, tepung telur, obat, dan lain-lain.

Beberapa jenis telur yang komersial adalah telur ayam, telur bebek, telur puyuh, dan telur ikan. Telur yang paling populer adalah telur ayam. Sebutir telur terdiri atas beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut adalah kulit telur, lapisan kulit telur (kutikula), membran kulit telur, putih telur (albumen), kuning telur (yolk), bakal anak ayam (germ spot), dan kantung udara. 

Telur merupakan sumber protein yang baik selain dari susu. Ini memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh dan dengan kadar yang tinggi, seperti asam-asam amino, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Telur memiliki protein yang baik, di mana protein ini paling banyak terkandung dalam bagian kuning telur, yaitu sebanyak 16,5%.

Manfaat makan telur setiap hari adalah dapat membentuk jaringan tubuh dan membantu fungsinya, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan otak, menurunkan kadar kolesterol yang kurang baik, membantu menurunkan risiko penyakit jantung, membantu menjaga berat badan, dan memperkuat sistem imun. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas tentang apa efek makan telur setiap hari.

Apa Efek Makan Telur Setiap Hari

Apa Efek Makan Telur Setiap Hari

Manfaat dari mengonsumsi telur setiap hari adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan Berat Badan
    Seperti pada penjelasan sebelumnya, telur mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang tinggi dan beragam. Nutrisi-nutrisi ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi telur setiap hari akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membuat kita menurunkan berat badan. Untuk mengonsumsi telur, sangat disarankan untuk mengkonsumsinya ketika sedang sarapan, karena dapat membuat kenyang hingga makan siang. Selain itu, telur juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.
  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Telur merupakan salah satu makanan yang dapat memberikan banyak energi. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi telur saat sarapan. Kandungan vitamin D pada kuning telur juga dapat mempercepat perbedaan pilek dan flu. Hal ini membuktikan bahwa telur dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Meningkatkan Kesehatan Otak
    Telur mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh otak. Oleh karena itu, telur dapat meningkatkan kesehatan kognitif. Telur mengandung vitamin B12, B6, kolin, dan folat. Nutrisi ini mengatur suasana hati dan memori seseorang.
  4. Meningkatkan Kolesterol Baik
    Masyarakat umum percaya bahwa mengkonsumsi telur setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol. Padahal, hal yang terjadi adalah sebaliknya. Saat kita mengkonsumsi telur setiap hari, kolesterol yang naik adalah kolesterol baik yang dikenal dengan HDL.
  5. Membuat Kulit Lebih Sehat
    Satu telur berukuran besar mengandung 28% dari nilai selenium rekomendasi harian. Selenium merupakan salah satu bagian penting dalam kesehatan kulit. Maka dari itu, mengonsumsi telur dapat meningkatkan kesehatan kulit kita.

Apakah Boleh Makan Telur Setiap Hari?

Apakah Boleh Makan Telur Setiap Hari?

Sebelumnya, sudah kita bahas manfaat makan telur setiap hari. Manfaat makan telur setiap hari ini sangat berguna dan pasti akan membuat para pembaca ingin memakan telur setiap hari.

Tapi, apakah boleh makan telur setiap hari? Jawabannya adalah boleh, asalkan tidak melebihi dari jumlah yang teranjurkan. Berapa butir telur yang harus kitia konsumsi setiap hari? Menurut American Heart Association, mereka merekomendasikan kita mengkonsumsi 1 butir telur per hari atau 7 butir per pekan.

Jika melebihi dari jumlah tersebut, dapat memberikan risiko terhadap kesehatan tubuh kita. Risiko-risiko tersebut adalah seperti kolesterol tinggi, gangguan pencernaan, masalah jantung, diabetes, dan resistensi insulin.

Jadi kita harus ingat, ada banyak manfaat makan telur setiap hari. Tapi, berapa butir telur yang harus kita konsumsi setiap hari? Jumlahnya harus tidak melebihi dari 1 butir per hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.