Berap sih Harga Pasir Silika Putih? Simak Disini!

Harga Pasir Silika Putih

Pasir silika atau kuarsa merupakan salah satu bahan alam yang melimpah di Indonesia. Indonesia memiliki potensi sumber daya alam untuk menghasilkan silika murni yang banyak digunakan dalam industri. Sebagian orang belum mengetahui harga pasir silika putih

Dengan kemurnian tinggi dapat dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri seperti pembuatan gelas, presipitasi, dan silikon. Selain itu, penggunaannya juga dapat ditemukan pada industri ban, karet, semen, beton, keramik, tekstil, kertas, cat, kosmetik, elektronik, film, dan pasta gigi. Dalam pembangunan, tentu Anda perlu menyusun rencana anggaran, sebab itu Anda perlu mengetahui biaya dari masing-masing material, termasuk harga pasir silika putih.

Berapa Harga Pasir Silika per Ton?

Berapa Harga Pasir Silika per Ton?

Sifat fisik material ini antara lain putih transparan, kuning, merah, coklat, abu-abu, atau warna lain, tergantung pada senyawa pengotor yang tergabung selama dalam prosesnya. Misalnya, kuning mengandung oksida Fe dan merah mengandung oksida Cu. Berapa harga pasir silika per ton?

Harga pasir di tingkat produsen adalah Rp. 1.000.000 hingga Rp. 1.400.000. Kualitas dari masing-masing daerah penghasil akan berbeda. Sehingga, perlu diingat bahwa biaya setiap daerah harga pasir silika putih dapat berbeda-beda.

Proses penggalian dimulai dengan menambang bahan bakunya. Pasir yang telah ditambang  kemudian dicuci untuk menghilangkan kotoran. Sebagai langkah terakhir, dipisahkan sesuai ukurannya dan dikeringkan kembali untuk mendapatkan hasil dengan kandungan silikat dioksida yang lebih tinggi dari sebelum dilakukan tahapan ini.

Pasir Silika Putih untuk Apa?

Pasir Silika Putih untuk Apa?

Dalam  industri, penggunaan jenis ini banyak digunakan baik sebagai bahan baku industri maupun sebagai bahan pelengkap atau campuran. Fungsi pasir silika  dalam industri sangat beragam. Pasir silika putih untuk apa?

  1. Industri kaca yang dimanfaatkan dalam bentuk serbuk.
  2. Industri ubin, semen dan keramik.
  3. Produksi ferro silikon dan silikon karbida.
  4. Industri komponen elektronik (silikon dioksida berukuran nano).

Selain itu, pasir kuarsa dapat digunakan sebagai aditif dalam produksi agregat pengeras lantai. Selain itu, pasir kuarsa biasa digunakan sebagai bahan filter di kolam renang. Memainkan peran penting dalam  industri. Pasir silika digunakan di beberapa industri seperti: 

  1. Sandblasting, ini adalah teknik untuk menghilangkan kerak mekanis/logam/karat dengan semprotan pasir silika bertekanan tinggi. 
  2. Sebagai bahan tambahan pada industri genteng keramik, genteng metal/logam untuk meredam suara tetesan air hujan yang mengenai genteng saat hujan.
  3. Bahan baku mortar semen.
  4. Bahan baku pabrik keramik.
  5. Pengolahan air yang menyerap dan membersihkan lumpur, tanah, dan sedimen.
  6. Digunakan sebagai bahan utama dalam industri kaca.
  7. Campuran dalam industri beton untuk dunia bangunan, minyak bumi/pertambangan, dan batu bata.
  8. Sebagai bahan pencampur dalam industri karet/ban/cat dan bertindak sebagai pengeras dalam ukuran nanosilika yang digunakan.

Pasir Silika Ada Dimana?

Pasir Silika Ada Dimana?

Setiap daerah belum tentu memproduksi jenis ini, karena jenis tanah dan batuan yang ada di suatu daerah akan mempengaruhi keberadaannya. Pasir silika ada dimana?

Jenis ini umum di berbagai daerah di Indonesia, bervariasi dalam kualitas dan sifatnya tergantung pada kondisi setempat. Lokalitas pasir kuarsa tersebar di  Jawa (Tuban dan Lembang), Sumatera (Bangka Belitung) dan Kalimantan (Palangkaraya). 

Anda harus memiliki kategori tertentu dalam pemilihannya agar mendapatkan kualitas yang baik. Biasanya meliputi kadar silika, ukuran yang sama, dan warna.

Demikian adalah ulasan tentang harga pasir silika putih dan beberapa hal lain sebagai tambahan informasi Anda. Sekian dan terimakasih, Pemirsa. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.