Berapa Biaya Tiang Listrik? Yuk Cari Tau!

Biaya Tiang Listrik

Berapa biaya tiang listrik? Mengacu kepada pemberitaan dilansir oleh laman media sosial. Perusahaan PLN pusat melakukan beberapa tindakan kepada calon pelanggan baru. Dalam hal ini memang biaya pemasangannya, di bebankan kepada calon pengguna.

Tapi mengenai biaya tiang listrik bagi pengguna baru tentu tidak sama setiap wilayah. Hal ini dilihat dari kondisi infrastrukturnya dan harus melakukan survey terlebih dahulu.

Pada tahapan pertama biaya tiang listrik bagi pengguna baru. Meliputi tarif survey dan uang muka sebesar Rp. 3.100.000. Dan tarif ditambah yang meliputi, jasa dan total keseluruhan sebesar. Rp. 6.000.000 maka jika diakumulasikan keseluruhan menjadi Rp. 9.100.000. Biaya tiang listrik tersebut sudah akumulasi keseluruhan.

Apakah Memindahkan Tiang Listrik Bayar?

Apakah Memindahkan Tiang Listrik Bayar?

Mungkin beberapa dari kalian masih bertanya tanya. Apakah memindahkan tiang listrik bayar ? Hanya saja, tidak sedikit yang belum tahu prosedur dan tarif yang harus dikeluarkan tentunya.

Sebetulnya, tak ada aturan khusus mengenai tarif pemindahan tersebut. Hal ini kembali pada keputusan PLN wilayah setiap setempat dan daerah.

Hal yang harus diperhatikan ketika permohonan pemindahan. Adalah beban tarif yang sepenuhnya ditanggung oleh pemohon tersebut.

Biaya pemindahan akan segera diinformasikan setelah hasil survei lapangan rampung atau selesai

Sebagai patokannya, setidaknya kalian harus menyiapkan dana pemindahan yang berkisar Rp. 1.000.000  hingga Rp. 4.000.000 tergantung penilaian setiap wilayah.

Pembayarannya dapat  dilakukan menggunakan nomor register melalui Kantor Pos. Loket mitra PLN setempat, atau ATM Bank yang telah bekerjasama dengan PLN.

Bank yang telah bekerja sama antara lain BRI, Mandiri, dan BCA.

Bagaimana Cara Memindahkan Tiang Listrik di Depan Rumah?

Bagaimana Cara Memindahkan Tiang Listrik di Depan Rumah?

Dalam prosedur bagaimana cara memindahkan tiang listrik di depan rumah ? Berdasarkan informasi dari PLN pusat, pemilik rumah bisa mengajukan permohonan pemindahan dengan cara :

Permohonan dapat diajukan melalui e-mail pln123@pln.co.id atau contact center (kode area- 123) dengan melengkapi data. Meliputi :

  • Nomor ID Pelanggan/ID meter
  • Nama dan nomor identitas pemohon (sesuai KTP)
  • Surat persetujuan pemindahan tiang listrik dari perwakilan aparat setempat
  • Alamat lokasi pengajuan
  • Nomor telepon yang aktif
  • Alasan pemindahannya

Apabila dikuasakan, pemohon harus melengkapi surat kuasa bermaterai yang terdiri dari :

  • Nama,
  • Identitas,
  • Alamat email, dan
  • Status pemohon “pemilik atau yang dikuasakan”

Sebagai informasi tambahan, pemohon juga wajib untuk mempersiapkan lahan guna penempatan tiang baru. Yang lengkap dengan surat persetujuan dari warga setempat. Dan wajib adanya musyawarah antar warga, karena saat proses pemindahan. Akan terjadi pemadaman sementara saat proses pengerjaanya.

Berapa Biaya Pindah Kabel PLN?

Berapa Biaya Pindah Kabel PLN?

Apakah ada yang berencana memindahkan saluran listrik PLN yang terbentang di atas atap rumah ? Dan kira kira berapa biaya pindah kabel PLN ? Dalam kesehariannya memiliki peran yang sangat vital sebagai media penghantar arus listrik.

Tak sedikit yang merasa bingung berapa dana saat melakukan request hal tersebut. Dikarenakan PLN tidak memberikan informasi secara jelas dan rinci. Dalam aturannya, tarif yang harus dikeluarkan tergantung dari penilaian para petugas.

Tapi, beberapa pelanggan mengatakan dikenakan biaya Rp 800.000 untuk perpindahan arus listrik PLN. Maka untuk melakukan pengecekan, kalian dapat menghubungi pihak PLN untuk berkonsultasi terlebih dahulu

Hal ini mengingat tarif yang dapat berubah sewaktu waktu.

Pembayaran dilakukan melalui Kantor Pos, loket mitra PLN. Atau ATM Bank meliputi, BRI MANDIRI DAN BCA.

Atau PLN juga menyatakan bahwa pemilik rumah jangan melakukan transaksi pembayaran pada petugas di lokasi. Karena hal tersebut tidak resmi dan termasuk dalam penggelapan.

Demikian artikel ini, terima kasih atas waktunya dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.