Berapa Harga Asap Cair Batok Kelapa?

Harga Asap Cair Batok Kelapa

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang harga asap cair batok kelapa. Asap cair (bahasa Inggris: wood vinegar, liquid smoke) adalah suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung senyawa lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbon lainnya.

Bahan baku yang banyak dipakai antara lain berbagai macam jenis kayu, bonggol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau juga serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya. Selama proses pembakaran, komponen dari kayu akan mengalami pirolisis menghasilkan berbagai macam senyawa antara lain fenol, karbonil, asam, furan, alkohol, lakton, hidrokarbon, polisiklik aromatik dan  juga yang lainnya.

Asap cair (liquid smoke) tempurung batok kelapa dijual dengan harga yang murah. Banyak tersedia di distributor, toko, dan juga reseller. Pembelian di dalam partai besar biasanya dipergunakan untuk pabrik pengolahan karet alam, pengawet makanan, ikan, daging asap, pengolahan mie, tahu, bakso, pengolahan nira, sosis, penghilang bau untuk peternakan ayam, dan juga penghilang bau untuk pengolahan ikan. Berikut ini adalah daftar harga asap cair batok kelapa:

  1. Grade-1, 5 Liter, Rp 150.000
  2. Grade-2, 5 Liter, Rp 120.000
  3. Grade-3, 5 Liter, Rp 110.000

Apa Saja Manfaat Asap Cair?

Apa Saja Manfaat Asap Cair

Setelah kita membahas tentang harga asap cair batok kelapa. Kali ini kita akan membahas tentang apa saja manfaat asap cair? Asap cair tempurung kelapa ini mengandung senyawa fenol, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga bisa kita manfaatkan sebagai pengawet dan juga desinfektan. Memanfaatkan limbah asap pada industri pembuatan arang tempurung kelapa menjadi asap cair dapat menaikkan nilai tambah bagi industri tersebut, bahkan mampu mengatasi pencemaran lingkungan

Asap cair mempunyai berbagai sifat yang fungsional, seperti untuk memberi aroma, rasa dan warna karena adanya senyawa fenol dan juga karbonil yang berperan sebagai bahan pengawet alami karena mengandung senyawa fenol dan asam yang berperan sebagai antibakteri dan juga antioksidan sebagai bahan koagulan lateks pengganti asam format serta membantu pembentukan warna coklat pada produk.

Berapa Harga Batok Kelapa Per Kg?

Berapa Harga Batok Kelapa Per Kg

Banyak yang bertanya tentang berapa harga batok kelapa per kg? Hampir semua bagian dari tanaman kelapa dapat bermanfaat bagi kehidupan. Kelapa bahkan juga erat kaitannya dengan kebudayaan. Terlebih daun kelapa kerap kita pakai sebagai bahan untuk dekorasi ruangan pada acara tertentu. Pada wilayah di dekat perkotaan, kelapa muda mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, sehingga lebih banyak dipanen pada usia muda kelapa sebagai arang. Berikut ini adalah daftar harganya:

  1. Tempurung atau batok kelapa basah memiliki harga Rp 6.000
  2. Batok kelapa utuh memiliki harga Rp 8.850
  3. Batok kelapa cacah basah memiliki harga Rp 10.500
  4. Batok kelapa cacah kering memiliki harga Rp 11.000

Berapa Harga Arang Batok Kelapa?

Berapa Harga Arang Batok Kelapa

Kali ini kita akan membahas tentang Berapa Harga Arang Batok Kelapa? Harga arang batok kelapa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online yang ada di Indonesia. Apabila kita bandingkan dengan tahun sebelumnya, harganya sebenarnya relatif tidak banyak berubah. Namun, arang batok kelapa yang tahun sebelumnya terjual Rp9.950 per kg, naik drastis menjadi Rp 15.000 ribuan per kg pada 2021 dan 2022. Sementara, harga arang batok kelapa 50 kg juga naik dari Rp 500.000 ribu menjadi Rp 600.000 ribu pada 2021, lalu naik lagi jadi Rp 750.000 ribu pada 2022.

Sekian adalah pembahasan saya tentang harga asap cair batok kelapa. Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.