Berapa Harga Biji Plastik HDPE per Kg?

Harga biji plastik HDPE per kg

Harga biji plastik HDPE per kg dengan Kontribusi sampah terhadap total produksi secara nasional mencapai 15%. Dengan pertumbuhan rata rata mencapai 14,7% per tahun dan menempatkan sampah daur ulang, sebagai kontributor terbesar kedua setelah sampah organik di wilayah Indonesia. Salah satu alternatif untuk menangani limbah, yakni dengan mendaur ulangnya. Hal ini yang membuat, harga biji plastik HDPE per kg mencoba menawarkan harga limbah daur ulang dengan cukup murah.

Khusus untuk limbah dengan ukuran besar dan padat. Seperti ember bekas, dan perabot lainnya yang sudah tidak terpakai. Sementara mengenai bahan, untuk sendok sekali pakai, piring sekali pakai, gelas sekali pakai, botol sekali pakai, kantong kresek. Kalian bisa menggunakan deterjen supaya proses pencucian lebih mudah. Angkat semua limbah daur ulang dan bilas dengan air hingga semuanya bersih.

Agar tidak bau dan bakteri hilang dengan sempurna, cuci limbah  sebanyak 2 – 3 kali. Apalagi jika itu adalah botol bekas bumbu dapur dan produk kecantikan kulit yang berbahan kimia. Itu juga adalah cara untuk menetralisir sekaligus mengurangi kandungan kimia yang menempel pada limbah tersebut.

Jemur limbah secara langsung di bawah sinar matahari hingga kering di ruang tertutup. Hindari proses penjemuran di bawah sinar matahari langsung. Karena debu dan bakteri bisa menempel di limbah yang sudah bersih. Bisa juga dengan menyemprotkan cairan desinfektan sebelum melakukan penjemuran.

Harga biji plastik HDPE per kg di tingkat pengepul

Jenis Limbah Daur Ulang Satuan (Rp)
Sampah daur ulang dan Buku Campur Rp. 1.300
Kantong Kresek Rp. 300 – 1.500
Ember Rp. 1000 – 3.000
Botol Bekas Rp. 3.000
Gelas Sekali Pakai Rp. 3.500 – 6.000

Harga biji plastik HDPE per kg di bank sampah

Jenis Limbah Daur Ulang Satuan per Kg (Rp)
Ember Putih Rp. 2.500
Sandal Dan Sepatu Rp. 85
Owol Rp. 100
Bagor Kecil Rp. 100
Bagor Rusak Rp. 100
Palstik Putih sablon Rp. 250
Kresek Rp. 200
Helm Rp. 200
Jas Hujan Rp. 350
Plastik Putih Rp. 600
Ember Hitam Rp. 850
Ember Warna Rp. 1.000
Arsip kertas Rp. 1.200
Aqua Gelas Kotor Rp. 1.500
Aqua Gelas bersih Rp. 2000

Harga limbah diatas tentunya, tidak paten dan dapat berubah sewaktu waktu.

Apa Perbedaan Utama HDPE dan LDPE?

Apa Perbedaan Utama HDPE dan LDPE?

Apa perbedaan utama HDPE dan LDPE? dua kategori Polyethylene dapat diamati, mereka berdasarkan sifat fungsinya. Polietilen adalah campuran senyawa organik serupa yang memiliki rumus kimia (C2H4)n.

Polyethylene dikategorikan ke dalam berbagai kelompok yang berbeda terutama berdasarkan kepadatan dan golongannya. Berkenaan dengan permintaan dan penawaran kelas. Polietilen densitas tinggi dan Polietilen densitas rendah.

Memiliki sifat mekanis yang berbeda seperti strukturnya, besarnya dan sifat percabangan serta berat molekul. Dengan kata lain, mereka dianggap sebagai ujung kontras dari spektrum aplikasi limbah padat.

Perbedaan utama mereka adalah kepadatan atau cara di mana molekul polimer yang sama. Polimer polietilen densitas tinggi lebih lurus dan saling berdekatan. Sedangkan polimer polietilen densitas ringan memiliki banyak cabang, dan tidak padat. Berdasarkan pada struktur molekulnya, setiap jenis limbah padat memiliki karakteristik fisik dan sifat kimianya.

Biji Plastik Terbuat Dari Apa?

Biji Plastik Terbuat Dari Apa?

Biji plastik terbuat dari apa? Bahan baku pembuatan benda ini adalah berupa butiran berwarna bening dan berbahan dasar bahan kimia yang bernama styrene monomer. Bahan yang asli terbuat dari styrene monomer biasanya mahal dan masih impor dari luar negeri. Tapi saat ini Indonesia sudah tidak perlu melakukan impor lagi, dikarenakan sudah bisa mengolah limbah menjadi bahan baku utama kembali.

Biji Plastik Digunakan Untuk Apa?

Biji Plastik Digunakan Untuk Apa?

Pada dasarnya biji plastik digunakan untuk apa? Dalam pengelompokan mereka dibagi dalam beberapa kegunaan, meliputi :

  • Polyethylene Terephthalate (PET or PETE or Polyester)
  • High Density Polyethylene
  • Polyvinyl Chloride
  • Low Density Polyethylene
  • Polypropylene
  • Polystyrene

Demikian artikel ini, terimakasih waktunya dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.