Berapa Harga Biji Plastik? Yuk Cari Tau!

Harga Biji Plastik

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang harga biji plastik. Biji plastik PP adalah salah satu plastik termurah yang tersedia saat ini. Polypropylene adalah termoplastik yang keras, kaku dan kilap yang dihasilkan dari monomer propena dan propilena. PP merupakan resin hidrokarbon linier.

Formula kimia dari polypropylene adalah (C3H6). Untuk harga biji plastik per kilogramnya berkisar Rp 15.000 sampai dengan kisaran Rp. 25.000 tergantung juga dengan kualitasnya.

Biji Plastik PP Untuk Apa?

Biji Plastik PP Untuk Apa

Setelah membahas tentang harga biji plastik. Kali ini kita akan membahas tentang biji plastik PP untuk apa? Polypropylene (PP) dan biji plastik hips biasanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti membungkus kemasan, peralatan rumah tangga atau houseware, peralatan medis, dan lainnya.

Plastik polypropylene mempunyai kepadatan terendah di antara bahan-bahan plastik lainnya. Plastik polypropylene atau biasa disebut plastik PP banyak ditemui di sekitar kita. Biji plastik PP adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Biji plastik PP merupakan salah satu dari anggota keluarga poliolefin dari polimer dan merupakan salah satu dari tiga polimer yang banyak digunakan saat ini. Polypropylene memiliki aplikasi baik sebagai plastik maupun dalam bentuk serat dalam kegunaan:

  1. Industri otomotif
  2. Aplikasi Industri
  3. Barang Konsumsi
  4. Barang Furniture

Biji Plastik LDPE Untuk Apa?

Biji Plastik LDPE Untuk Apa

Kali ini kita akan membahas tentang pertanyaan biji plastik LDPE untuk apa? Polyethylene dengan jenis Low Density Polyethylene atau LDPE adalah bahan plastik yang paling sering digunakan. Karakter fisiknya sangat fleksibel dan mudah diaplikasikan ke berbagai jenis permukaan.

Jenis polietilena ini dapat ditemukan penggunaannya pada konstruksi, terpal pelindung, dan juga pelapis pada lahan agrikultur.

Untuk LDPE dengan bentuk lembaran, umumnya ketebalan yang dapat dipilih adalah antara 0,1 sampai 1,5 milimeter. Meski memiliki daya regang yang rendah, LDPE cenderung lebih elastis. Kisaran kepadatan LDPE berada antara 0,910 sampai 0,940 g/cm2. Hal ini membuat plastik jenis ini memiliki performa baik di dalam menahan tekanan.

Dari Mana Asal Biji Plastik?

Dari Mana Asal Biji Plastik

Masih juga banyak pertanyaan tentang dari mana asal biji plastik? Biji plastik mungkin adalah bahan yang tidak diketahui oleh semua orang. Bahan yang umumnya berupa butiran-butiran berwarna putih bening ini adalah bahan utama pembuatan produk-produk yang berbahan dasar plastik baik produk rumah tangga, produk elektronik, produk otomotif dan juga produk yang lainnya.

Biji plastik pada dasarnya berasal dari bahan kimia yang bernama styrene monomer, dan juga bahan kimia lainnya melalui proses pemanasan yang akhirnya berbentuk mirip silinder memanjang yang cair yang kemudian dibuat menjadi keras untuk dipotong-potong sesuai ukuran yang dikehendaki. Biji plastik memiliki 2 jenis yakni:

1. Biji Plastik Asli

Plastic pellets berasal dari styrene monomer yang sudah melalui proses seperti yang disebutkan di atas. Biji plastik jenis ini umumnya masih diimpor dari luar negeri sehingga harganya masih relatif tinggi, terutama karena nilai tukar dollar yang masih tinggi.

2. Biji Plastik Daur Ulang

Adalah biji plastik yang asalnya dari sampah plastik yang dihancurkan menggunakan mesin pencacah sehingga menjadi butiran-butiran kecil plastik yang sudah siap diolah ulang kembali. Biji plastik daur ulang selain murah juga lebih mudah didapatkan karena melimpahnya sampah plastik yang ada di masyarakat. Bisa menjadi alternatif untuk membuat berbagai macam produk berbahan dasar plastik bahkan membuka peluang usaha yang dapat dilakukan dalam hubungannya dengan biji plastik daur ulang kembali.

Sekian adalah pembahasan saya tentang harga biji plastik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kawan kawan sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.