Berapa sih Harga Pasir 1 Kol? Simak yuk!

Harga Pasir 1 Kol

Pernahkah Anda merencanakan sebuah pembangunan rumah? Tentu sebagiannya dari Anda pernah atau bahkan melakukannya. Salah satu material yang penting digunakan adalah pasir. Sehingga, harga pasir 1 kol harus menjadi bagian dari perencanaan anggaran Anda. 

Biasanya, pembelian dilakukan dengan ukuran tertentu, salah satunya adalah ukuran menggunakan kol. Tahukah Anda berapa harga pasir 1 kol? Umumnya pembelian material harus menyesuaikan pada kebutuhan Anda, baik dari jumlah dan jenisnya. 

Pasir merupakan material yang tidak mempunyai struktur, terbentuk dari batuan sedimen dan beku. Material ini terbagi menjadi beberapa jenis, seperti pasang, elod, beton, merah, silika, dan urug. Harga pasir 1 kol dapat berbeda-beda sesuai dengan daerah masing-masing.

Secara umum, ada dua jenis sumber pasir:

  1. Berasal dari alam, yaitu yang berasal dari sumber alam seperti gunung, sungai, laut, bekas lahan basah, dan terkadang galian.
  2. Berasal dari pabrikasi dibuat dengan cara melumat batuan dan menyaringnya sesuai ukuran maksimum dan minimum agregat halus.

Satu mobil kol biasanya menampung satu meter kubik material halus ini, untuk harga pasir 1 kol berkisar mulai dari Rp. 242.000. Material ini biasanya digunakan untuk campuran pengecoran dan pemasangan dan sebagai perekat antar batu bata yang digunakan.

Berapa Harga Pasir 1 Mobil?

Berapa Harga Pasir 1 Mobil?

Umumnya yang dimaksud ukuran mobil yang digunakan untuk pengangkutan bahan tersebut adalah mobil kol. Karena mobil tersebut dianggap memiliki akses yang mudah. Lalu berapa harga pasir 1 mobil?

Sehingga biaya yang dibutuhkan adalah senilai dengan ukuran satu kol atau sebanyak satu meter kubik. Material ini terbentuk dari proses pelapukan fisik dan kimia pada batuan, kedua proses tersebut berjalan beriringan karena saling mendukung.

Berapa Kubik Pasir dalam 1 Pick Up?

Berapa Kubik Pasir dalam 1 Pick Up?

Adapun ukuran lain yang juga sering digunakan untuk membeli bahan ini, yaitu menggunakan mobil pick up. Mobil ini memiliki ukuran tidak lebih besar dari truk. Berapa kubik pasir dalam 1 pick up?

Sebanyak satu meter kubik material halus umumnya dapat mengisi penuh bak mobil pick up. Ciri yang bagus untuk bangun rumah adalah yang apabila digenggam lalu dilepaskan mudah pecah dan bertebaran. Jika menggumpal maka kandungan lumpurnya masih cukup tinggi dan masih harus dibersihkan lumpurnya jika ingin digunakan.

Berapa Kubik Pasir 1 Colt?

Berapa Kubik Pasir 1 Colt?

Memperhatikan kualitas dan kuantitas penting untuk dilakukan. Kualitas yang baik akan menjadikan bangunan akan kuat, dan kuantitas yang memenuhi akan membuat bangunan tercukupi kebutuhannya. Satu lagi jenis ukuran angkutan material ini adalah menggunakan colt. Berapa kubik pasir 1 Colt?

Dalam 1 Colt dapat memuat 7 hingga 8 meter kubik. Menurut standar SNI, pasir yang baik memiliki beberapa karakteristik, yaitu: 

  1. Memiliki indeks kekerasan kurang dari 2,2 dan memiliki butiran yang tajam dan keras.
  2. Tidak mudah hancur saat diuji dengan natrium sulfat, fraksi yang dihancurkan hanya hingga 12%. Ketika diuji dengan Magnesium Sulfat yang hancur maksimal hanyalah 10%.
  3. Tidak mempunyai kandungan lumpur lebih dari 5%. Anda dapat mencucinya terlebih dulu jika kandungan lumpur dalam pasir lebih dari 5%.
  4. Tidak terlalu banyak mengandung banyak bahan yang bersifat organik.
  5. Susunan materialnya harus beraneka ragam.
  6. Bereaksi negatif terhadap alkali, pasir menjadi permanen ketika beton dibuat.
  7. Jangan gunakan pasir laut dalam campuran beton kecuali direkomendasikan oleh lembaga pemerintah. 
  8. Untuk plesteran, disarankan menggunakan pasir jenis pasang.

Demikian artikel kali ini, Pemirsa. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.