Berapa sih Harga Tiang Beton 12 Meter?

Harga Tiang Beton 12 Meter

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang harga tiang beton 12 meter. Sebelumnya, kita kenali terlebih dahulu apa itu tiang pancang. Pondasi tiang pancang merupakan sebuah bagian struktural dari suatu bagunan yang membagi tekanan gravitasi secara merata pada tanah dan berfungsi agar bangunan tersebut menjadi kuat dan dapat berdiri dengan kokoh.

Bentuk dari pondasi tiang pancang adalah seperti kolom-kolom yang terbuat dari semen atau baja kokoh. Pondasi tiang pancang merupakan faktor yang sangat penting dalam ketahanan bangunan. Bahkan, kualitas pondasi yang baik dari sebuah bangunan menjadi salah satu alasan mengapa sebuah bangunan masih bisa berdiri meskipun telah melalui bencana alam seperti gempa. 

Ada empat jenis pondasi tiang pancang. Jenis-jenis tersebut terbagi atas bahan yang digunakan untuk membuat pondasi tersebut. Berikut adalah penjelasannya:

  • Tiang Pancang Baja
    Tiang pancang baja merupakan salah satu tiang pancang yang paling sering digunakan dalam bangunan berukuran kecil hingga besar. Material baja ini membuat bangunan dapat menjadi lebih kokoh dan bisa meredam guncangan yang ada dari dalam tanah.
  • Tiang Pancang Beton
    Jenis tiang pancang ini merupakan salah satu yang cukup umum digunakan. Bahan dasar dari jenis tiang pancang ini adalah beton, sesuai dengan namanya. Beton ini di cor pada sebuah tempat. Tiang ini juga umumnya ada yang sudah diproduksi langsung dari sebuah pabrik dan bisa langsung digunakan dengan mudah. Jenis tiang pancang ini umumnya berbentuk silinder, kotak, atau persegi panjang.
  • Tiang Pancang Kayu
    Tiang pancang kayu ini umumnya dipakai sebagai penyangga rumah-rumah tradisional di Indonesia. Kayu dari tiang pancang ini merupakan kayu keras dan tahan terhadap pelapukan. Daya tahan dari kayu ini sangat penting karena harus memiliki ketahanan terhadap cuaca dan perubahan struktur dalam jangka waktu yang panjang.
  • Tiang Pancang Komposit
    Tiang pancang komposit ini umumnya memiliki daya tahan yang tinggi. Hal ini karena tiang pancang jenis ini menggunakan material campuran. Material campuran ini sudah teratur agar tahan terhadap perubahan suhu ataupun struktur kimiawi tanah. Oleh karena itu, tiang pancang ini memiliki harga yang lebih mahal.

Berapa Harga Tiang Beton?

Berapa Harga Tiang Beton?

Selain dari pondasi tiang pancang, kita juga pernah mendengar dengan tiang listrik. Akan tetapi, para pembaca pasti jarang mendengar yang namanya tiang listri beton. Tiang listrik beton merupakan tiang listrik dengan bahan dasar beton. Dengan kata lain, tiang ini merupakan tiang listrik yang terbuat dari bahan material kawat besi berukuran tertentu (beso beton), pasir, maupun semen yang kita padukan menjadi satu dengan mix khusus melalui cetakan dengan ukuran dan panjang tertentu.

Fungsi dari tiang listrik beton adalah sebagai penyangga peralatan listrik bertegangan rendah hingga menengah. Sifat dari tiang listrik beton ini adalah memiliki kekuatan mekanik yang tinggi, mudah dalam perawatan, dan pemasangan konduktor saluran yang mudah. 

Para pembaca pasti penasaran, berapakah harga tiang beton 12 meter. Berapa harga tiang beton? Harga tiang beton 12 meter adalah sekitar Rp5.500.000. Tentu saja, harga tiang beton 12 meter ini pasti berbeda-beda, tergantung dengan supplier atau perusahaan yang memproduksinya serta para pekerjanya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga dari beton, seperti harga dasar, tambahan harga oleh kelemahan perencana, tambahan harga oleh kelemahan management, dan tambahan harga oleh kelemahan sikap pekerja. Contohnya adalah seperti pekerja yang terlambat datang atau bermalas-malasan, kecerobohan pekerja, rencana pekerjaan yang kurang memadai, layout tempat yang tidak teratur, ataupun campuran bahan beton yang tidak sesuai. Hal-hal ini dapat mempengaruhi harga akhir pembangunan tiang beton. 

Berapa Tinggi Tiang Listrik pada Umumnya?

Berapa Tinggi Tiang Listrik pada Umumnya?

Nah, berapa tinggi tiang listrik pada umumnya? Untuk tiang listrik beton, umumnya ada tiga ukuran sesuai dengan tingginya. Ukuran-ukuran tersebut adalah 9 meter, 11 meter, dan 13 meter. Kaki tiang listrik beton yang memiliki ukuran 9 meter umumnya digunakan untuk JTR (Jaringan Tegangan Rendah).

Untuk tiang listrik beton yang memiliki ukuran 11 meter umumnya digunakan untuk jaringan tegangan menengah. Sedangkan untuk tiang listrik beton yang berukuran 13 meter umumnya digunakan untuk menyangga transformers dengan kategori GTT1 atau GTT2 tiang.

Apa Fungsi dari Tiang Listrik?

Apa Fungsi dari Tiang Listrik?

Sejauh ini kita fokus terhadap harga tiang beton 12 meter. Tetapi kita belum membahas secara detail apa fungsi dari tiang listrik? Tiang listrik memiliki beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai salah satu komponen utama dari konstruksi distribusi saluran udara yang menyangga hantaran listrik beserta perlengkapannya.
  • Menyambungkan antara kabel yang satu dengan yang lainnya agar semua wilayah mendapatkan jangkauan listrik.
  • Untuk menyalurkan kabel dan mengangkat kabel ke tempat tinggi supaya tidak mengganggu kendaraan yang lewat.
  • Sebagai trafo daya, dengan kata lain merubah tegangan menengah menjadi tegangan rendah.
  • Sebagai pengaman penyulang, saat terjadi gangguan di trafo dan melokalisir gangguan di trafo agar peralatannya tidak rusak.
  • Sebagai penyekat antara bagian yang bertegangan.
  • Isolasi tegangan listrik antara kawat dengan tiang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.