Berbagai Jenis Tiang Listrik

jenis tiang listrik

Halo semua. jenis tiang listrik, apa kalian tahu bahwa tiang listrik itu mempunyai jenis jenis tersendiri. Tiang listrik merupakan tiang yang digunakan untuk menopang sebuah kabel jaringan utilitas yang memiliki tegangan rendah dan juga tegangan tinggi. Contohnya seperti jaringan arus listrik, penerangan untuk jalan, jaringan telepon, untuk telekomunikasi, dan lainnya. Listrik terbagi menjadi bercabang yang lebih kecil daripada saluran udara dengan tegangan cukup tinggi yang dimanfaatkan untuk menyalurkan tegangan dari pengguna energi listrik ke wilayah-wilayah yang membutuhkan di dalam dunia kelistrikan.

Tiang listrik memiliki berbagai macam jenis tiang listrik yang harus kalian ketahui. Jaringan distribusi yang digunakan untuk jaringan distribusi tenaga listrik ini terbagi menjadi beberapa macam yaitu :

1. Tiang Kayu/ Wood Pole

Tiang listrik namanya apa?

Tiang kayu dapat digunakan sebagai penyangga jaringan distribusi karena mempunyai konstruksi yang sederhana dan juga memiliki biaya investasi yang terjangkau jika dibandingkan dengan tiang jenis lainnya. Tiang kayu juga tergolong ke dalam penyekat yang sangat baik sebagai penopang saluran udara terhadap gangguan hubung yang cepat.

Tetapi listrik kayu juga mempunyai kekurangan antara lain bisa bergantung pada persediaan kayu yang ada, kayu juga harus diproses pengawetan terlebih dahulu jika ingin lebih tahan lama. Untuk kayu yang tidak mengalami proses pengawetan umurnya dapat bertahan sekitar 10 sampai 12 tahun, tetapi jika kayu tersebut mengalami proses pengawetan umurnya bisa mencapai 20 sampai 30 tahun. Kekurangan lain yang dipunya adalah kayu tidak dapat menyangga beban secara aman khususnya. Apabila terjadi satu atau dua kawat yang putus.

2. Tiang Baja (Steel Pole)

 Berapa jarak tiang listrik ke tiang listrik?

Berupa tipe-tipe bulat yang disambung dengan diameter yang berbeda dari tongkol hingga ujung adalah bahan yang dipakai untuk membuat tiang baja. Biasanya ukuran penampang pada bagian pangkal lebih besar dari ukuran penampang untuk bagian atas tiang listrik.

Jadi itulah beberapa jenis tiang listrik yang sering kita temui di dekat kita.

Tiang Listrik Namanya Apa?

Tiang listrik juga mempunyai nama, pasti kalian bertanya tiang listrik namanya apa? Tiang utilitas merupakan sebuah tiang yang menahan kabel jaringan utilitas, seperti jaringan listrik, telepon, telekomunikasi, penerangan jalan, dan lainnya. Menggantung dengan apa yang ditopang, sebuah tiang utilitas bisa dinamai seperti tiang listrik, tiang telepon, tiang lampu, dan yang lainnya.

Berapa Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Apa nama kabel listrik dari tiang ke rumah?

Berapa jarak tiang listrik ke tiang listrik? Jarak antar tiang listrik bergantung dari tegangan listrik yang tersedia di setiap daerah. Seringkali, patokan yang dipakai adalah 40 meter untuk setiap tiang listrik dengan tegangan yang rendah. Namun tiang listrik dengan jaringan tegangan menengah harus berjarak 40 hingga 50 meter. Jarak itu belum pasti, karena harus diperhatikan pula dari faktor tanahnya.

Seperti yang kalian tahu, tanah di Indonesia itu mempunyai banyak jenisnya, contoh dari tanah berbukit, tanah berawa, hingga tanah yang memiliki tekstur lembut seperti lumpur.

Apa Nama Kabel Listrik dari Tiang ke Rumah?

Apa kalian pernah mengetahui, apa nama kabel listrik dari tiang ke rumah? Tiang listrik merupakan suatu bahan yang terbuat dari besi baja yang berbentuk ukuran panjang dan bulat. Tiang listrik beton adalah terbuat dari semen dicampur dengan besi kecil menjadi tulangnya.

Sekarang banyak yang memakai tiang beton dengan memakai kabel rtc yang lebih aman daripada jaringan instalasi.

Jenis kabel listrik yang sering dipakai adalah jenis kabel ACSR.

Jadi itulah yang bisa saya beritahu jenis tiang listrik. Sekian dan sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.