Berikut ini Daftar Harga Beras Organik

Daftar Harga Beras Organik

Masyarakat Indonesia memiliki berbagai macam makanan pokok. Salah satu makanan pokok  utama di Indonesia yaitu beras. Jenis makanan pokok satu ini,  cocok dijadikan untuk sumber energi sehari-hari. Hal ini dikarenakan,  terdapat kandungan karbohidrat dan glukosa cukup tinggi untuk diolah sebagai energi. Akan tetapi, kandungan glukosa dan karbohidrat yang cukup tinggi itu tidak cocok bagi penderita diabet  dan bagi orang yang sedang menjalani diet. Oleh karena itu,  jika kalian sedang diet ataupun menderita diabetes dapat mengganti dengan mengkonsumsi beras organik. Namun,  bila dibandingkan  dengan jenis  biasa,  jenis organik  ini harganya lebih mahal. Lalu,  tahukah kalian berkisar berapa daftar harga beras organik.

Jadi,   artikel kali ini akan membahas mengenai bebera jenis dan daftar harga beras organik. Di Indonesia sendiri,  memiliki  beragam  jenis beras serta daftar harga beras organik pun beragam. Sebelum mengetahui kisaran harga, sebaiknya kalian mengenal beberapa jenis beras terlebih dahulu.

Jenis Beras Ada Berapa ?

Jenis Beras Ada Berapa ?

Sebagian besar dari kalian,  biasanya hanya mengetahui beras jenis putih / biasa. Akan tetapi,  beras memiliki beberapa jenis. Lalu,  jenis beras ada berapa ? Berikut ini adalah beberapa jenis beras di Indonesia yaitu  :

  1.  Putih  atau biasa
  2.  Ketan
  3.   Merah
  4. Basmati
  5. Coklat
  6.  Jasmine
  7.  Hitam

Jika dibedakan berdasarkan  pengelolahan dan perawatan  tanaman padinya, beras dibagi menjadi dua jenis yaitu :

Organik

Jenis yang satu ini memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan non organik. Dalam  proses penanaman padinya tidak menggunakan pestisida, pupuk urea atau zat kimia lainnya. Oleh karena itu, jenis ini  lebih sehat untuk dikonsumsi bila dibandingkan dengan non organik. Selain itu, nasinya tidak mudah basi bisa tahan 24 jam. Selain sehat, beras ini juga memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang lebih tinggi serta glukosa dan karbohidrat yang mudah terurai.

Berikut ini merupakan beberapa  daftar harga beras organik :

  • Pandan Wangi = Rp27.000 / kg
  • Nusa beras hitam organic = Rp35.000 / kg
  • O Rice Batang Lembang = Rp100.000 / 5 kg
  • Oryzae beras merah = 000 / 5 kg
  • Hotel beras merah premium = 000 / 2kg
  • Beras Mentik Wangi Susu produksi Eka Farm = Rp55.000 / kg
  • Pure Green Beras Pandan Wangi = Rp38.000 / kg
  • Tropicana Slim merah organik = Rp75.000 / kg
  • Holistic Bio Organic Diabetes = Rp99.000 / 2 kg
Non organik

Sebenarnya  wujud jenis dari non-organik ini sama saja dengan organik. Akan tetapi, Jenis ini dalam penanamannya menggunakan pupuk urea, pestisida, dan bahan kimia lainnya untuk menunjang hasil panen yang lebih banyak. Harga dari jenis non-organik ini pun lebih murah. Akan tetapi,  jenis ini tidak terlalu sehat untuk dikonsumsi karena terdapat kandungan zat kimia dari pestisida dan pupuk yang digunakan. Jika kedua zat terkonsumsi terus-menerus maka akan menimbulkan  penyakit dalam pencernaan.

Beras Apa yang Cocok untuk Diet ?

Beras Apa yang Cocok untuk Diet ?

Jika kalian sedang diet,  sebaiknya pilihlah beras yang lebih sehat dan memiliki kadar karbohidrat dan glukosa yang lebih rendah. Lalu, beras apa yang cocok untuk diet ? Jenis beras yang cocok untuk diet yaitu jenis organik. Hal ini dikarenakan, Memiliki kandungan nutrisi serta mineral yang tinggi. Selain itu kandungan glukosa dan karbohidratnya pun mudah terurai.  oleh karena itu jenis ini cocok untuk dikonsumsi penderita diabet maupun kalian yang memiliki program diet.

Apa Bedanya Beras Biasa dengan Beras Organik ?

Apa Bedanya Beras Biasa dengan Beras Organik ?

Setelah memahami beberapa jenis beras,  apakah kalian dapat menjelaskan apa bedanya beras biasa dengan beras organik ? Seperti yang dijelaskan sebelumnya,  perbedaan beras biasa dengan organik ini terletak pada  ada cara penanaman atau pembudidayaan nya. Jika  proses penanaman beras organik,  petani tidak menggunakan berbagai zat kimia seperti pestisida maupun pupuk. Sebaliknya,  jika jenis biasa atau non organik  biasanya menggunakan pestisida dan pupuk urea untuk menunjang hasil panen agar dapat mencukupi kebutuhan pasar.

Setelah membaca artikel ini kalian lebih memilih beras biasa atau organik?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.