Cara Pemasangan Tiang Listrik

Cara Pemasangan Tiang Listrik

Halo teman-teman kali ini saya akan membahas mengenai cara pemasangan tiang listrik. Dalam pemasangan tiang listrik jarak antar tiang listrik harus diperhatikan tegangannya tinggi atau, setelah itu menentukan jarak tiang. Jarak tiang tersebut  yaitu 40 meter untuk tiang yang rendah, 40 hingga 50 meter untuk tiang dengan tegangan menengah. Jarak pendirian tiang listrik ini dapat berubah karena faktor tanah yang yang berada di daerah tersebut. Untuk menyalurkan listrik dari pembangkit hingga ke beban rumah tangga hingga ke skala besar seperti pabrik atau fasilitas umum. Dalam pemasangan listrik ada syarat-syarat yang harus diperhatikan, berikut adalah syarat yang ada dalam pemasangan tiang listrik yang benar.

  • Titik tiang di lokasi sudah harus ditetapkan berdasarkan sketsa atau gambar rencana.
  • Pembuatan lubang untuk penanaman tiang listrik sesuai pada titik pasang yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Penanaman tiang kedalam tanah minimum harus sedalam 1 hingga 6 kali dari panjang tiang tersebut.
  • Pendirian tiang harus menggunakan Tackle berkaki tiga lengkap dengan katrol rantai.
  • Penegakan tiang harus tegak lurus atau vertikal dengan menggunakan waterpass atau lurus dengan garisnya.

Berapa Meter Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Berapa Meter Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Setelah membahas mengenai cara pemasangan tiang listrik, kali ini saya akan menjawab pertanyaan yang kerap kali muncul yakni, Berapa meter jarak tiang listrik ke tiang listrik?

Jarak antar tiang listrik bergantung pada tegangan listrik yang tersedia di daerah yang akan dipasang. kebanyakan,  patokan yang digunakan adalah 40 meter untuk tiang listrik dengan tegangan yang rendah. Sedangkan tiang listrik dengan jaringan tegangan menengah harus berjarak 40 hingga 50 meter antar tiang listrik. Jarak tersebut belum mutlak, karena harus diperhatikan beberapa faktor seperti tanahnya. Seperti yang kita ketahui, tanah di Indonesia beragam  jenisnya, mulai dari tanah berbukit, tanah berawa, hingga tanah yang memiliki tekstur lembut seperti lumpur. .

Berapa Ukuran Panjang Tiang Listrik?

Berapa Ukuran Panjang Tiang Listrik?

Setelah mengetahui tentang cara pemasangan tiang listrik, kali ini saya akan menjelaskan mengenai, Berapa ukuran panjang tiang listrik? Tiang listrik dibuat dengan berdasarkan ukuran yang sesuai untuk pemanfaatannya. Macam-macam ukuran tiang listrik mulai dari  9 M, 11 M hingga 13 M. Kaki tiang listrik yang berukuran 9 m, kebanyakan dimanfaatkan untuk jaringan yang memiliki tegangan rendah. Sedangkan untuk tiang listrik yang berukuran 11 meter pada umumnya dimanfaatkan untuk jaringan tegangan menengah. Dan juga tiang listrik yang berukuran 13 meter biasanya dipergunakan agar dapat menyangga Transformer dengan kategori  dari tegangan rendah dan menengah. .

Apakah Bahaya Tiang Listrik Dekat Rumah?

Apakah Bahaya Tiang Listrik Dekat Rumah?

Mungkin sebagian orang belum mengetahui, apakah bahaya tiang listrik dekat rumah? Pihak PLN selalu melakukan inspeksi kepada warga yang akan membangun rumah agar tidak terlalu dekat dengan tiang listrik karena cukup berbahaya. Berikut adalah bahaya jika dengan dengan tiang listrik antara lain.

  • Tersengat Listrik

Aliran listrik yang memiliki tegangan sangat rawan sekali menyebabkan orang kesetrum akibat hubungan listrik bertegangan tinggi terjadi konsleting.

  • Rawan terjadi kebakaran

Tiang listrik adalah  tempat listrik bertegangan tinggi berkumpul sangat rentan dengan terjadi konsleting listrik. Konslet tersebut dapat menjadi kebakaran yang hebat yang bisa menjalar ke sampingnya.

  • Tiang listrik tumbang

Mungkin kemungkinannya relatif kecil, namun kecelakaan gardu listrik tumbang dapat pula terjadi.  Terutama ketika sedang ada angin badai yang sangat kencang, tiang listrik yang lumayan tinggi jika tumbang dapat mengenai dan merusak beberapa rumah.

  • Terkena radiasi elektromagnetik

Radiasi Elektromagnetik yang ada di aliran listrik  dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya salah satunya kanker.

Itulah ulasan mengenai cara pemasangan tiang listrik, semoga bermanfaat serta menambah informasi untuk pembaca.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.