Mengenali Tentang dudukan lampu jalan dan Tipe Fitting

dudukan lampu jalan

Pada dasarnya lampu jalan berfungsi sebagai alat penerangan untuk para pengendara, pejalan kaki agar mempermudah melihat ketika di malam hari. Sedangkan dudukan lampu jalan adalah alat untuk melindungi lampu itu sendiri.

Dudukan lampu jalan memiliki dua bentuk yaitu memanjang dan bulat. Sementara, untuk dekorasi rumah, memiliki berbagai macam bentuk kap lampu yang berfungsi memberikan kesan dekoratif dan stylish.

Artikel kali ini saya akan membahas tentang mengenali dudukan lampu jalan dan tipe fitting. Yuk kita simak dan pelajari bersama-sama!

Kap Lampu Jalan

Kap Lampu Jalan

Kap lampu jalan memiliki fungsi untuk membiaskan cahaya sehingga fokus pada suatu titik tertentu. Alat ini memiliki beberapa jenis PJU, antara lain :

  • Tabung fluorescent tekanan rendah
  • Gas sodium bertekanan rendah
  • Gas merkuri tekanan tinggi (MBF)
  • Gas sodium tekanan tinggi

Kap Lampu Gantung

Kap Lampu Gantung

Kap lampu gantung tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saja, tetapi bisa menjadi hiasan untuk mempercantik suatu ruangan. Saat ini, berbagai bentuk kap gantung semakin kreatif, dan pencahayaan tampak terang. Jadi, anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk merenovasi rumah hanya karena mendapatkan pencahayaan yang baik.

Berikut ini cara memilih kap gantung untuk rumah, taman dan tempat lainnya, antara lain :

  • Pilihlah model kap gantung sesuai selera.

Model kap memiliki berbagai bentuk seperti bulat, klasik, dan lampion. Pemilihan modelnya harus sesuai dengan tema ruangan agar tampak serasi.

  • Memposisikan di tempat yang strategis dan mudah untuk memandangnya.

Atur letak posisi dimana akan menggantungkannya agar lingkungan sekitarnya dapat memantulkan cahaya secara maksimal. Kap ini memiliki peran untuk menciptakan ambience pada ruangan.

  • Atur ketinggian langit-langit.

Jika anda memiliki rumah dengan atap yang tinggi, dapat memasang lampu tipeĀ  yang memanjang ke bawah dan atur kembali posisinya agar tampak elegan dan cantik.

  • Menjadi desain perabot rumah

Anda dapat memilih bentuk kap gantung sesuai dengan desain rumah agar tampak lebih serasi, salah satunya memilikiĀ  kesan minimalis.

  • Menjadi gaya interior rumah

Banyak model alat ini yang cocok untuk dijadikan interior rumah. Mulai dari bentuk minimalis, antik, kristal, hingga kontemporer. Dengan adanya beberapa bentuk model, anda dapat memilih sesuai selera.

Fitting Lampu

Fitting Lampu

Fitting lampu adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan lampu dengan listrik. Perangkat ini masih berhubungan dengan dudukan lampu jalan. Dengan begitu, lampu bisa terpasang dengan benar dan tidak kesetrum saat menggunakannya. Meski tampak sama, perangkat ini memiliki jenis dan ukuran berbeda-beda.

Berikut ini jenis fitting berdasarkan ukuran, antara lain :

  • Tipe E12

Tipe yang satu ini cocok untuk pencahayaan yang berukuran kecil. Biasanya E12 sebagai lampu hias dan tidur. Fitting ini memiliki manfaat sebagai dudukan lampu yang dapat menghangatkan anak ayam atau burung.

  • Tipe E14

Tipe E14 ini lebih besar dari E12, umumnya untuk memasang penerangan interior cafe, ruangan kecil atau restoran. Jenis ini memberikan kesan dekoratif pada suatu ruangan.

  • Tipe E27

Tipe ini biasanya untuk ukuran lampu yang normal, tidak besar dan tidak kecil. E27 sering sebagai penerangan di rumah seperti kamar tidur, dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi.

  • Tipe E40

Dari sekian tipe, E40 adalah tipe fitting paling besar. Jika anda memiliki ruangan yang besar, cocok untuk menggunakan tipe fitting E40 ini.

Demikian informasi tentang mengenali dudukan lampu jalan dan tipe fitting. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.