Harga Arang Batok Kelapa per Karung Beserta Berbagai Fungsinya

Harga Arang Batok Kelapa per Karung

Tempurung kelapa atau biasa disebut dengan batok kelapa. Kulit buah tersebut, merupakan limbah padat dari olahan kelapa yang telah diambil daging dan airnya. Tempurung buah kelapa dapat digunakan sebagai bahan bakar areng. Kira-kira, berapa harga arang batok kelapa per karung?

Sebelum tahun 2022, harga arang tempurung kelapa sekitar RP 10.000. Sedangkan saat ini, sekitar Rp 20.000 per kg. Manfaat yang diperoleh yakni sebagai penyimpan tenaga listrik, sebagai briket, dapat digunakan sebagai pupuk untuk membuat tanaman lebih subur, mempercepat penyembuhan luka, menyerap zat beracun, dan dapat menjernihkan air.

Harga arang batok kelapa per karung cukup mahal dibandingkan arang lainnya. Namun, batok kelapa hanya dapat ditemukan di beberapa tempat. Jika di daerah perkotaan, hanya sedikit orang yang menjual barang tersebut. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang harga arang batok kelapa per karung. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Berapa Harga Arang Batok Kelapa?

Berapa Harga Arang Batok Kelapa?

Berbagai jenis bahan dapat digunakan seperti arang, seperti serbuk gergaji, kumpulan tulang belulang, tanah humus, dan batok kelapa. Selain digunakan sebagai bahan bakar, arang juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Jadi, berapa harga arang batok kelapa?

Harga untuk bahan bakar ini telah disebutkan dalam kalimat pembuka artikel dan sekitar Rp 20.000 per kg. Harga arang batok kelapa per karung cukup mahal daripada arang kayu biasa. Namun, harga tersebut sebanding dengan manfaat yang akan kita dapatkan.

Peralatan dapur tradisional masih digunakan sampai sekarang. Meski sudah ada kompor, rasa masakan yang menggunakan bahan bakar tradisional lebih nikmat dan lezat. Inilah kelebihan dari arang batok kelapa, yaitu :

  • Mudah terbakar oleh api
  • Bara tetap menyala, meski tidak perlu di kipas.
  • Tempurung kelapa memiliki kadar air sekitar 10%.
  • Saat terbakar, tidak mengeluarkan terlalu banyak asap dan abu.
  • Makanan menjadi semakin nikmat dan lezat.

Apa Fungsi dari Arang Batok Kelapa?

Apa Fungsi dari Arang Batok Kelapa?

Setelah mengetahui kelebihan dari bahan bakar alami tersebut, selanjutnya yakni apa fungsi dari arang batok kelapa? Simak manfaat serta fungsinya di bawah ini.

  • Untuk proses pengobatan, dapat menurunkan kadar kolesterol.

Pada manfaat kali ini, batok kelapa dapat dikonsumsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan cara dikonsumsi untuk mengeluarkan kotoran di dalam organ tubuh.

  • Dapat menyerap racun.

Bahan bakar ini dapat digunakan untuk sistem pengobatan penawar racun, baik racun dari hewan berbisa seperti ular, laba-laba, kalajengking, dan hewan bisa lainnya.

  • Dapat meredakan penyakit sakit perut.

Untuk meredakan gejala sakit perut, dibutuhkan zat karbon aktif. Nah, zat tersebut ada di dalam batok kelapa sekaligus menjadi detoks racun.

  • Dapat menyembuhkan luka

Untuk cara pengobatannya hanya dengan menempelkan karbon aktif tersebut ke bagian luka.

  • Dapat mencegah terjadinya mabuk.

Bahan bakar tersebut memiliki kandungan karbon aktif, yang berfungsi untuk mencegah mabuk dari minuman beralkohol.

Berapa Berat Batok Kelapa?

Berapa Berat Batok Kelapa?

Berapa berat batok kelapa? Berat tempurung ini, dapat diukur melalui timbangan kiloan. Umumnya masyarakat menjual batok kelapa, sudah di bungkus per pack, sekitar 400 gr, 100 gr, 500 gr, 1 kg, dan 50 kg.

Harga tergantung dari berat per kilonya, biasanya dapat berubah sewaktu-waktu. Kisaran harga sekarang, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 750.000.

Nah, itulah artikel mengenai harga arang batok kelapa per karung serta beberapa fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan anda juga. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.