Harga Batok Kelapa Kering dan Apa Manfaatnya?

Batok Kelapa Kering

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang batok kelapa kering. Kelapa ini adalah salah satu komoditas di Indonesia. Biasanya, semua bagian kelapa bisa kita manfaatkan. Kali ini kita akan berfokus ke bagian buah kelapa. Bagian manakah yang biasanya kita gunakan pada buah kelapa?

Kalian tentu tahu bahwa daging buah kelapa banyak kita gunakan untuk kuliner, seperti es kelapa muda dan juga santan. Bagian serat yang tebal adalah sabut. Sabut dapat kita gunakan untuk berbagai kerajinan, seperti sapu dan juga keset. Selain itu, ada bagian kelapa lain yang dapat kita manfaatkan, yaitu bagian batok kelapa.

Batok kelapa atau tempurung kelapa ini merupakan limbah yang berasal dari buah kelapa yang sudah kita ambil dagingnya. Biasanya, batok kelapa ini sering kita manfaatkan untuk sebagai bahan pembakaran. Selain itu, batok kelapa juga dapat kita manfaatkan untuk berbagai kerajinan yang unik dan juga menarik. Gimana, masih penasaran kan? Yuk langsung saja kita bahas secara mendalam tentang batok kelapa kering.

Berapa Harga Batok Kelapa?

Berapa Harga Batok Kelapa?

Setelah kalian mengetahui tentang batok kelapa kering. Kali ini kita akan membahas tentang berapa harga batok kelapa? Satu karung batok kelapa cacah dijual seharga Rp 35.000 pada tahun 2021, harganya sedikit naik jadi Rp 35.750 tahun 2022.

Berbeda dengan batok kelapa yang utuh yang biasanya digunakan sebagai sangkar burung atau juga mainan yang harganya jauh lebih mahal. Di sejumlah situs jual beli online pada tahun 2021 ditawarkan sekitar Rp 75.000 per 50 gram, lalu naik menjadi Rp 81.500 tahun 2022. Untuk batok kelapa yang dijadikan arang dapat kalian beli dengan harga kisaran Rp 14.000 pada tahun 2021, lalu naik menjadi Rp 17.000 pada tahun 2022 ini.

Tempurung Kelapa itu Apa?

Tempurung Kelapa itu Apa?

Setelah kalian mengetahui berapa harga dari tempurung kelapa. Kali ini kita akan membahas secara detail dan mendalam tentang tempurung kelapa itu apa? Tempurung kelapa merupakan limbah padat dari hasil olahan kelapa yang telah di ambil dari daging kelapa untuk mendapatkan santan (coconut milk). Tempurung kelapa ini pada umumnya digunakan untuk bahan bakar, keperluan rumah tangga atau juga souvenir.

Arang tempurung kelapa ini juga dapat kita jadikan sebagai bahan arang tempurung kelapa dan juga karbon aktif. Karbon aktif ini adalah material berpori yang mempunyai kemampuan untuk menyerap pengotor yang terdapat dalam air, yakni sebagai filter air. Desa Batu duwur, Kecamatan Bruno ini merupakan daerah penghasil tempurung kelapa yang desa itu jual dengan harga yang murah. Pastinya desa ini juga memiliki banyak penjual batok kelapa.

Untuk meningkatkan nilai ekonomi pada masyarakat, tempurung kelapa ini juga dapat kita olah menjadi produk yang mempunyai nilai jual lebih tinggi. Melimpahnya tempurung kelapa ini dapat juga kita angkat sebagai potensi desa di dalam meningkatkan perekonomian di dalam masyarakat.

Apa saja Manfaat dari Tempurung Kelapa?

Apa saja Manfaat dari Tempurung Kelapa?

Setelah kita mengetahui apa itu tempurungnya kelapa. Kali ini kita akan membahas tentang apa saja manfaat dari tempurung kelapa? Selain kita gunakan sebagai bahan bakar, tempurung kelapa juga memiliki manfaat lain. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  1. Dapat kita jadikan sebagai bahan pengawet untuk makanan
  2. Dapat mengobati keracunan
  3. Dapat menurunkan kolesterol
  4. Dapat kita jadikan sebagai anti racun hewan
  5. Dapat membantu menyembuhkan luka
  6. Dapat kita jadikan sebagai bahan pupuk organik
  7. Dapat kita jadikan sebagai bahan baku arang
  8. Dapat kita jadikan sebagai bahan untuk berbagai kerajinan

Berikut adalah pembahasan saya tentang batok kelapa kering. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman semuanya, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.