Harga Beli Arang Batok Kelapa

beli arang batok kelapa

Pada zaman sekarang ini,  memasak bukanlah hal yang rumit. Dengan kemajuan teknologi,  memasak dapat menggunakan  kompor listrik maupun kompor berbahan bakar gas. Akan tetapi,  baik menggunakan cara tradisional Yaitu dengan  bahan bakar  kayu,briket,  arang,  dan arang batok kelapa.  Arang dari batok kelapa merupakan energi alternatif yang sangat bermanfaat. Kita bisa  membuat atau beli arang batok kelapa di toko penjual arang terdekat.

Di Indonesia,  Pohon kelapa banyak sekali ditanam  dan dijadikan sektor perkebunan.  Hal ini dikarenakan,  seluruh dari  pohon ini dapat dimanfaatkan.  Daunya  dapat dijadikan anyaman kerajinan, Buahnya dapat diolah menjadi minyak, serta tempurungnya pun dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan dan dijadikan arang.Namun sayangnya,  pada saat ini jarang orang yang beli arang batok kelapa untuk memsak. Mereka lebih memilih bahan bakar dan cara yang praktis. Dengan menggunakan kompor gas akan lebih mudah,  bila dibandingkan menggunakan bahan bakar arang. Makanya,  jika ingin beli arang batok kelapa pun sekarang sulit.juga dan harganya pun meningkat dibanding zaman dulu.

Berapa Harga Arang Batok Kelapa ?

Berapa Harga Arang Batok Kelapa ?

Karena sudah jarang dan sulit ditemui,  saat ini harga arang jenis  kayu ,maupun tempurung kelapa melonja naik. Sekarang, berapa harga arang batok kelapa ?. Untuk saat ini,  kisaran harganya yaitu sekitar Rp15.000 per  kilonya. Pada tahun lalu, Masih dijual Al dengan harga yang murah dibawah Rp10.000 per kilo. Sedangkan kemasan 50 kg sekarang juga naik dijual dengan harga  Rp750.000. Angka harganya pun naik drastis,  tahun sebelumnya dijual hanya dengan harga Rp500.000. Sangat mahal sekali bukan..  Oleh  karena itu,  daripada  beli arang batok kelapa lebih baik kalian membuat sendiri di rumah supaya lebih murah  dan hemat.

Batok Kelapa Sekilo Berapa ?

Batok Kelapa Sekilo Berapa ?

Harga tempurung kelapa yang telah dijadikan arang mungkin mahal.  Namun  sama mahalnya  kah harganya dalam kondisi sebelum diolah. Jika kalian ingin tahu harga batok kelapa sekilo berapa ?. Berikut informasinya :

  1. Tempurung basah dijual dengan harga Rp6.000 per kilo
  2.  Tempurung utuh dijual dengan harga 8850 perkilo
  3.  Tempurung cacah basah dijual dengan harga  rp10.500 per kilonya
  4.  Tempurung cacah kering dijual dengan harga Rp11.000 per kilonya

Bagaimana Cara Pembuatan Arang Briket ?

Bagaimana Cara Pembuatan Arang Briket ?

apabila kalian lebih memilih untuk membuat sendiri supaya lebih hemat dan kalian ingin tahu Bagaimana cara pembuatan arang briket ?. Berikut bahan dan  langkah demi langkah untuk membuatnya :

Bahan

  • Tempurung kelapa
  • Kayu
  • Minyak tanah
  • Dedaunan kering
  • Drum klin pembakaran

Langkah demi Langkahnya

  • Bersihkan batok kelapa terlebih dahulu.
  • Setelah   bersih masukan ke dalam drum dan tata satu persatu agar tempurung terbakar secara sempurna dan menyeluruh. Cara menyusun Tempurung dilakukan dengan cara meletakkan kayu di bagian tengah drum.  Jika telah tertata  penuh tempurungnya,  keluarkan kayu dari drum  agar memiliki  ruang di  Diberinya ruang di tengah drum berfungsi untuk ruang bagi pembakaran.
  • Nyalakan api dalam drum dengan bahan bakar kayu beserta dedaunan kering dan minyak tanah. Jika  api telah menyala, tutup drum dan pasangkan  cerobong asap.
  • Jika asap telah berwarna kebiruan maka  tandanya pembakaran telah selesai. Pada saat itu tutup seluruh permukaan drum agar empurung tidak terbakar hingga menjadiAbu.
  • Biarkan arang selama 6 jam agar dingin.
  • Periksa kembali jika ada orang yang kurang terbakar sempurna dan dibakar lagi. Selanjutkan dinginkan kembali. Setelah dingin, arang  pun siap dikemas.

Tips bagi kalian yang ingin membuat arang. Pilihlah tempurung yang tidak terlalu tua, Supaya kandungan minyaknya pas untuk dijadikan rang.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.