Harga Biji Plastik per kg dan Cara Mengolahnya

Harga Biji Plastik per kg

Plastik adalah bahan komponen yang kita kenal dan digunakan berulang kali dalam kehidupan kita sehari-hari. Plastik terbuat dari bahan kimia yakni unsur karbon dan hidrogen. Biji plastik biasanya berbentuk butiran bening mengandung bahan styrene monomer. Harga biji plastik per kg masih cukup mahal, karena Indonesia sendiri pun masih terus mengimpor dari luar negeri.

Barang tersebut menjadi salah satu komponen utama dalam produksi plastik. Benih ini, tidak dipasarkan untuk di masyarakat umum. Komponen tersebut dapat digunakan untuk bahan dasar produk elektronik, rumah tangga, dan hal lainnya.

Harga biji plastik per kg tergantung jenis benih. Harganya berkisar dari puluhan ribu hingga jutaan. Untuk harga jutaan, memiliki nilai khusus di dalamnya. Nah, kali ini, saya akan membahas tentang harga biji plastik per kg. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Biji Plastik PP untuk Apa?

Biji Plastik PP untuk Apa?

Biji plastik PP untuk apa? Benih tersebut digunakan sebagai bahan baku pembuatan plastik, misalnya gelas, kantong, sedotan, botol air minum, dan hal lainnya. Berbagai tahapan pengolahan limbah plastik menjadi  PP, sebagai berikut :

  • Pengumpulan limbah

Pengumpulan limbah ini dapat berasal dari limbah rumah tangga, seperti gelas bekas, toples, mainan bekas, baskom bekas, piring, dan hal lainnya.

  • Penyortiran

Pada tahap ini diperlukan proses pemisahan, misalnya menurut jenis warna, kode dan bagian yang akan dipisahkan.

  • Yang pertama berdasarkan warna : Pada tahap ini, Anda dapat melihat bahwa sampah yang terkumpul dipisahkan lagi berdasarkan warnanya.Tahap ini dapat menentukan proses harga jual benih plastik.
  • Kedua, berdasarkan kode : Ada 7 kode sebagai pemisah plastik, yaitu nomor 1 untuk PET, nomor 2 untuk HDPE, nomor 3 untuk PVC, nomor 4 untuk LDPE, nomor 5 untuk PP, nomor 6 untuk PS, dan nomor 7 untuk others.
  • Ketiga, berdasarkan bagian yang akan dipisahkan : Tahap ini untuk memisahkan limbah seperti botol kemasan, ada 3 bagian yaitu tutup botol, label dan botol gelasnya. Pisahkan semuanya agar tidak tercampur.
  • Memotong plastik

Pada tahap ini, plastik dipotong kecil-kecil menggunakan mesin penghancur.

  • Proses pencucian

Proses pencucian memiliki tahapan tersendiri yaitu kelas A dan kelas B. Kelas A adalah pencucian limbah dengan tingkat kekotoran yang rendah. Sedangkan  kelas B adalah tempat pencucian limbah dengan tingkat kekotoran yang tinggi, seperti cairan infus.

  • Pengeringan

Proses pengeringan bertujuan untuk mengurangi kadar air setelah proses pencucian. Dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

  • Proses pengemasan

Tahap terakhir, pengemasan adalah pengolahan semua limbah melalui berbagai tahapan daur ulang, yang kemudian diubah menjadi biji plastik (PP).

Dari Mana Asal Biji Plastik?

Dari Mana Asal Biji Plastik?

Dari mana asal biji plastik? Ada dua bahan yang digunakan untuk membuat biji plastik, yaitu styrene monomer dan bahan daur ulang. Jika benih terbuat dari bahan monomer, sulit ditemukan di Indonesia, karena benih itu harus melalui proses import.

Jika benih terbuat dari bahan daur ulang, mereka hanya perlu mengumpulkan limbah rumah tangga dan melalui proses yang berbeda seperti langkah-langkah yang disebutkan di atas materi. Harga biji plastik per kg berkisar Rp 13.000, harga ini jika benihnya terbuat dari bahan daur ulang.

Biji Plastik LDPE untuk Apa?

Biji Plastik LDPE untuk Apa?

Biji plastik LDPE untuk apa? Benih LDPE adalah singkatan dari Low Density Polyethylene. Bahan tersebut digunakan untuk membuat kemasan makanan, gelas minuman, botol yang bisa diremas, dan barang lainnya.

Jenis plastik ini telah melalui proses pendinginan dan pemanasan. Bentuk ciri-cirinya yakni ringan, lentur, pipih, dan transparan.

Nah, itulah informasi dari artikel tentang  harga biji plastik per kg dan cara mengolahnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.