Harga Kayu Cempaka Per Kubik Beserta Manfaatnya

Harga Kayu Cempaka Per Kubik

Indonesia memiliki berbagai jenis kayu seperti jati, ulin, mahoni dan sebagainya. Salah satu jenis kayu yang menjadi bagian dari olahan kayu selain ulin, jati dan mahoni adalah cempaka atau kayu baros. Material cempaka memiliki nama lain setiap daerah seperti minjaran, baros, wasian dan arimot. Untuk harga kayu cempaka per kubik juga memiliki perbedaan setiap daerah.

Jenis kualitas, kelas, dan ukuran akan mempengaruhi harga kayu cempaka per kubik. Oleh karena itu, harga dari material ini sesuai dengan keperluan masing-masing. Material baros menyebar ke beberapa daerah yaitu Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi hingga NTT. Banyak masyarakat menggunakan material ini untuk berbagai macam kebutuhan sehari-hari.

Artikel kali ini akan membahas tentang harga kayu cempaka per kubik beserta manfaatnya. Yuk simak dan pelajari bersama-sama!

Berapa Harga Kayu Per Kubik?

Berapa Harga Kayu Per Kubik?

Material baros ini masuk dalam famili  Magnoliaceae, mempunyai beberapa ciri khas yaitu memiliki warna kuning hingga coklat yang cantik pada bagian depan. Teksturnya sedikit kasar dan permukaannya kesat.

Baros memiliki serat cenderung lurus dan menghasilkan tampilan yang menarik dan cantik. Material ini masuk kategori kelas awet II dan kelas kuat III-IV, dengan sifat keras sedikit lunak dan daya retak yang kecil membuat baros masuk kategori kualitas menengah.

Berikut ini beberapa manfaat dari material baros, antara lain :

  • Menjadi bahan baku pembuatan mebel indoor.
  • Sebagai bahan dasar membuat kerajinan, baik kerajinan modern atau tradisional.
  • Sebagai bahan furniture rumah seperti jendela, kusen jendela, pintu, hingga lantai kayu.
  • Sebagai bahan konstruksi yang ringan.

Kira-kira, berapa harga kayu per kubik? Untuk jenis baros dengan ukuran tebal 4 cm, lebar 20 cm dan panjang 100 cm, berkisar Rp 750.000.

Sementara, untuk jenis harga kayu cempaka per kubik memiliki harga sekitar Rp 3.000.000 lebih per meter kubiknya.

Berapa Harga Kayu Balok Per Kubik?

Berapa Harga Kayu Balok Per Kubik?

Keunggulan dari material baros yaitu masuk dalam kualitas menengah, memiliki daya retak yang rendah, dan dapat bermanfaat untuk bahan dasar membuat mebel atau furniture.

Selain itu, baros sering menjadi alternatif lain untuk menggantikan kayu seperti merbau, jati dan ulin. Harga dari kayu cempaka relatif lebih murah sebanding dengan kualitasnya.

Kelemahan dari material baros yaitu memiliki tekstur sedikit kasar dan harus melalui proses pengamplasan agar memiliki permukaan lebih halus. Selain itu, memiliki permukaan agak kasat sehingga membuat rasa tidak nyaman.

Kira-kira, berapa harga kayu balok per kubik? Untuk kayu balok memiliki ketebalan sekitar 6 – 9 cm dan lebar 12 -16 cm. Di bawah ini daftar harga kayu balok, antara lain :

Spesifikasi dan Satuan Harga
Meranti 6 × 12 (batang 4m) Rp 81.000
Meranti 8 × 12 (batang 4m) Rp 126.000
Borneo 6 × 12 (batang 4m) Rp 81.000
Borneo 8 × 12 (batang 4m) Rp 105.000
Kamper 6 × 12 (batang 4m) Rp 186.000
Kamper 8 × 12 (batang 4m) Rp 211.000
Kamper 5 × 10 (batang 4m) Rp 96.000

Kayu Kelas 3 Apa Saja?

Kayu Kelas 3 Apa Saja?

Berikut ini merupakan jenis material yang masuk dalam kelas keawetan kayu. Hal ini dapat menjawab pertanyaan mengenai kayu kelas 3 apa saja?

  • Kelas I :  Jati, Ulin, dan Sonokeling.
  • Kelas II :  Rasamala, Bungur dan Akasia.
  • Kelas III :  Meranti merah, Pinus dan Sungkai.
  • Kelas IV :  Sengon, Benuang dan Jeunjing.
  • Kelas V :  Bangkali, Balsa dan Kenanga.

Demikian informasi mengenai harga kayu cempaka per kubik beserta manfaatnya. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.