Harga Tiang Beton PLN Beserta Fungsinya!

Harga Tiang Beton PLN

Tiang listrik adalah sebuah tiang yang menopang kabel jaringan listrik untuk berkomunikasi, telepon, penerangan jalan, alat elektronik dan hal sebagainya. Tiang listrik memiliki nama lain yakni tiang utilitas. Fungsi pilar yang satu ini digunakan sebagai penopang jalur aliran listrik. Untuk harga tiang beton pln memiliki berbagai variasi. Ukuran dan kualitas bahan dapat menetapkan harga.

Perbedaan penggunaan antara tiang besi dan beton yaitu, jika terbuat bahan besi biasanya digunakan untuk menyalurkan saluran listrik dari PLN ke rumah penduduk dengan ukuran kabel yang kecil. Sedangkan bahan beton biasanya digunakan sekitar pinggir jalan. Kabelnya pun lebih besar dan kuat.

Harga tiang beton pln berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 4.000.000. Namun, material ini masih jarang digunakan di area penduduk. Kali ini saya akan membahas artikel mengenai harga tiang beton pln. Mari simak bersama ulasan berikut ini.

Berapa Harga Tiang Beton?

Berapa Harga Tiang Beton?

Berapa harga tiang beton? Untuk harga telah saya sebutkan di bagian atas artikel, harganya berkisar mulai dari Rp 2.500.000 sampai Rp 4.000.000. Cukup mahal bukan? 

Material beton terdiri dari campuran semen, kerikil, dan pasir. Biasanya sering digunakan untuk bahan bangunan pondasi rumah. Berikut ini keunggulan dari material beton yaitu :

  • Tidak mudah melengkung.
    Material yang satu ini memiliki sifat yang keras dan kuat sehingga cocok digunakan untuk pembuatan tiang listrik. Jika tiang listrik melengkung, maka kabel akan menggelayut ke arah bawah dan hal tersebut bisa membahayakan penduduk sekitar.  Kabel harus berada pada posisi sekitar 13 meter dari permukaan tanah agar jauh dari jangkauan dan aman terkendali.
  • Anti karat dan tidak mudah keropos
    Material besi seringkali berkarat akibat dari perubahan iklim yang berganti-ganti. Sedangkan beton adalah material anti karat dan keropos. Jadi, lebih aman menggunakan material tersebut.
  • Tahan terhadap benturan
    Material ini memiliki sifat yang keras dan kuat. Jadi cocok untuk pembuatan tiang listrik. Jika terjadi benturan keras, maka material ini tidak mengalami kerusakan apapun.

Berapa Meter Tinggi Tiang Listrik?

Berapa Meter Tinggi Tiang Listrik?

Masih dalam pembahasan artikel mengenai harga tiang beton pln, selanjutnya materi tentang berapa meter tinggi tiang listrik? Tinggi tiang listrik sekitar 13 meter hingga 15 meter dari permukaan tanah. Ketinggian ini berfungsi untuk menghindari sesuatu hal seperti tidak mengganggu aktifitas kendaraan, tidak membahayakan penduduk sekitar dan aman dari halangan pohon serta bangunan.

Keuntungan lain dari material beton yakni :

  • Lebih tahan lama. Material ini berumur lebih panjang daripada besi dan pastinya tidak mudah berkarat.
  • Untuk pemeliharaannya, tidak mengeluarkan biaya apapun. 
  • Kualitas terjamin dengan baik. Penggunaan material ini memiliki standar produksi yang lebih tinggi.
  • Dibandingkan dengan besi, material beton memiliki tampilan yang bersih dan rapi.

Kekurangan menggunakan tiang listrik, diantaranya memudahkan pencuri untuk mengambil kabel listrik atau pencurian melalui sistem jaringan dan sering kali mendapat gangguan jaringan juga.

Apa Fungsi dari Tiang Listrik?

Apa Fungsi dari Tiang Listrik?

Apa fungsi dari tiang listrik? Berikut ini fungsi menggunakan tiang listrik yaitu :

  • Sebagai alat penerangan ketika di malam hari.
  • Sebagai sumber energi untuk kehidupan masyarakat.
  • Untuk mengoperasikan alat elektronik, misalnya menyalakan televisi, memasak nasi, menyalakan lemari es, alat setrika baju, dan hal lain.
  • Sebagai penyangga dan menghantarkan arus listrik berbagai wilayah.
  • Berfungsi sebagai media penyalur informasi mengenai pelayanan masyarakat.

Demikian informasi mengenai harga tiang beton pln beserta fungsinya. Semoga artikel kali ini dapat membantu untuk menambah wawasan dan ilmu sebagai bekal masa depan. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.