Harga Tiang Listrik 12 m dan Fungsinya!

Harga Tiang Listrik 12 m

Tiang listrik adalah pilar yang digunakan untuk menyangga komponen listrik yang disalurkan ke seluruh wilayah untuk menjaga suatu jaringan. Pilar tersebut memiliki bentuk bulat memanjang. Berbagai jenis ukuran dan harga tiang listrik 12 m, 13 meter, sampai dengan 15 meter.

Pilar ini memiliki dua jenis bahan yaitu besi dan beton. Yang sering kita temukan adalah yang berbahan besi, sedangkan material beton masih jarang ditemui di tempat umum. Harga tiang listrik 12 m bervariasi tergantung ukuran dan kualitas bahan. 

Saat ini, penggunaan tiang listrik beton menggunakan kabel RTC, karena lebih aman dan dapat memperluas jaringan instalasi. Disini, saya akan membahas artikel tentang harga tiang listrik 12 m. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Berapa Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Berapa Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Berapa jarak tiang listrik ke tiang listrik? Jarak dari satu tiang ke tiang lainnya sekitar 40 meter. Dengan tegangan listrik sedang, jarak yang digunakan sekitar 50 meter. Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian pilar penyangga. 

  • Pilar penyangga. Pilar ini berfungsi sebagai penyangga saluran listrik dan kawat penghantarnya. Pilar berada pada posisi jalur jaringan dan sebagai pin isolasi. Ketinggian pilar tersebut sekitar 11 meter hingga 15 meter. Dengan daya tampung kekuatan tiang mulai dari 200 hingga 1200. Pilar ini terbuat dari bahan besi atau beton.
  • Pilar akhir dan awal. Pilar tersebut merupakan awal dan akhir penarikan kawat penghantar listrik. 
  • Pilar bagian percabangan. Pilar ini termasuk perlengkapan travers yang berfungsi untuk membuat jalur bercabang di  jaringan. Biasanya posisinya berada di persimpangan jalan.
  • Pilar sudut. Pilar ini biasanya terletak di bagian tikungan jalur jaringan berguna agar kabel tetap tegak lurus dan tidak tertekuk.
  • Pilar penegang. Pilar ini dipasang pada bagian saluran listrik yang lurus. Pilar ini berfungsi sebagai penghantar isolator listrik. Penegang ini biasanya dipasang setiap sepuluh tiang penyangga agar tidak mudah roboh.

Berapa Tinggi Tiang Listrik PLN?

Berapa Tinggi Tiang Listrik PLN?

Masih dalam pembahasan artikel mengenai harga tiang listrik 12 m

Anda sudah tahu bahwa jarak dari satu tiang listrik ke tiang lainnya adalah 40 – 50 meter bukan? Jadi, berapa tinggi tiang listrik PLN?

Tinggi tiang listrik PLN sekitar 13 meter, cukup tinggi sekali. Tiang listrik juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, misalnya sebagai alat penerangan pada malam hari. Jika tidak ada energi listrik, maka kita tidak bisa melakukan hal apapun. 

Contohnya seperti anda dapat mengoperasikan barang-barang elektronik, menyalakan televisi, mengisi daya ponsel, menyetrika, menghias lampu, menanak nasi dan menyalakan lemari pendingin.

Tidak semua daerah dapat mendapatkan kenikmatan tersebut, misalnya ada beberapa daerah di Indonesia yang masih menggunakan lampu minyak tanah pada malam hari. Biasanya di daerah terpencil, dimana sangat sulit untuk menemukan saluran listrik.

Ternyata masih ada saudara kita yang lebih membutuhkan dari kita. Oleh karena itu, kita harus tetap bersyukur dalam keadaan apapun.

Apa Fungsi dari Tiang Listrik?

Apa Fungsi dari Tiang Listrik?

Apa fungsi dari tiang listrik? Berikut beberapa manfaat atau fungsi dari tiang utilitas yaitu :

  • Menjadi salah satu komponen kontribusi pada saluran udara.
  • Digunakan sebagai dukungan jaringan  dengan alat kelengkapan.
  • Sebagai kabel penghubung satu dengan kabel yang lainnya.
  • Saluran utilitas digunakan untuk menghubungkan aliran arus listrik ke area lain.
  • Ketinggian tiang utilitas membantu menghindari gangguan kendaraan yang lewat.
  • Dengan adanya pilar utilitas, trafo daya dapat mengubah tegangan rendah menjadi tegangan menengah. 
  • Melindungi trafo dari gangguan pada sistem kelistrikan untuk menghindari kerusakan bagian dalam mesin.
  • Sebagai isolasi tegangan dengan sebuah kawat atau kabel.

Itulah informasi mengenai harga tiang listrik 12 m dan fungsinya. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.