Ibu Hamil Makan Telur Rebus? Bolehkan?

ibu hamil makan telur rebus

Pola makan saat kehamilan sangat perlu diperhatikan, karena hal ini berdampak langsung pada janin yang ada didalam kandungan. Oleh sebab itu, makan makanan yang bergizi sangatlah dianjurkan dan perlu diterapkan oleh ibu hamil. Salah satu makanan yang begizi yaitu telur rebus. Ibu hamil makan telur rebus? Apakah diperbolehkan? Simak pembahasan berikut!

Mom yang sedang hamil diperbolehkan makan telur rebus dikarenakan telur rebus mengandung banyak gizi dan juga kadar kolin yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Namun dalam mengonsumsinya, telur rebus tersebut harus benar-benar matang sempurna.

Jika mentah atau setengah matang, akan menyebabkan penyakit karena dapat membawa organisme seperti bakteri salmonella dan hal tersebut tentunya sangata berbahaya untuk janin.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Rebus Setiap Hari?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Rebus Setiap Hari?

Setelah kita mengatahui apakah ibu hamil makan telur rebus, kita juga perlu mengetahui kadar atau takaran yang disarankan dalam mengonsumsinya. Lantas, bolehkah ibu hamil makan telur rebus setiap hari?

Secara umum, mengonsumsi telur rebus setiap hari bagi ibu hamil tidak menjadi masalah. Namun, ada baiknya jika moms juga memperhatikan asupan kolesterol pada tubuh. Kita telah mengetahui jika kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi, jadi ketika ibu hamil memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sebaiknya hindari konsumsi telur setiap hari.

Apakah Telur Rebus Bisa Menambah Berat Badan Janin?

Apakah Telur Rebus Bisa Menambah Berat Badan Janin?

Ternyata, jika bumil mengonsumsi telur rebus dalam jumlah yang tidak wajar atau melebihi takaran setiap harinya, maka akan dapat menimbulkan kolesterol. Walaupun demikian, telur rebus mengandung banyak manfaat untuk ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Lalu, Apakah telur rebus bisa menambah berat badan janin?

Telur mengandung banyak sumber protein dan berbagai vitamin A dan D, mineral dan zat besi. Protein ini dapat membantu untuk menambah berat badan janin lho moms. Selain itu, juga dapat menjaga selaput ketuban agar lebih kuat sampai proses melahirkan.

Selain untuk menambah berat badan bayi, ada beberapa manfaat yang terdapat pada telur, jika ibu hamil mengonsumsi telur rebus dalam jumlah yang tepat. Berikut ini manfaatnya :

  • Perkembangan otak janin
  • Perkembangan janin secara keseluruhan
  • Mencegah anemia
  • Menstabilkan kadar gula darah
  • Menstabilkan kadar kolesterol
  • Menjaga sistem imun tubuh
  • Menjaga kesehatan organ tubuh

Kenapa Orang Hamil Tidak Boleh Makan Telur?

Kenapa Orang Hamil Tidak Boleh Makan Telur?

Mungkin pertanyaan seperti, kenapa orang hamil tidak boleh makan telur? pernah moms dengar saat sedang hamil. Pada kenyataannya memang benar, ibu hamil tidak diperbolehkan makan telur, namun telur dengan kondisi telur yang setengah matang, bukan telur yang matang.

Jadi, aman jika ibu hamil makan telur rebus dengan matang. Karena telur yang kita masak setengah matang bisa menjadi perantara bakteri, dan tentunya akan berbahaya untuk janin yang ada dalam kandungan. Ada beberapa resiko yang muncul karena mengonsumsi telur setenagh matang saat hamil, yaitu :

  1. Bakteri salmonella

Bakteri ini ada pada telur yang setengah matang atau mentah. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan, dan akan menyebabkan demam tinggi, diare, muntah, dehidrasi, dan sakit perut. Bahkan bisa menjadi penyebab kegugura atau persalinan prematur.

  1. Resiko alergi

Perubahan hormone yang terjadi saat kehamilan juga menjadikan moms mengalami alergi, bahkan alergi pada telur. Alergi yang timbul saat hamil bisa berupa ruam kulit, gatal-gatal, dan hidung tersumbat.

  1. Kolesterol tinggi

Kolesterol ini akan terjeadi jika terlalu banyak mengonsumsi kuning telur. Jadi, ada baiknya jika menguranginya saat kehamilan.

Demikianlah pembahasan mengenai ibu hamil makan telur rebus, mulai dari manfaatnya hingga resiko yang dapat timbul saat mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Terima kasih.

Penutup

Nah bagi kalian para bumil atau suami yang istrinya sedang hamil dan butuh asupan telur, nih coba bisa kalian baca nih informasi dari kandungan gizi telur ayam kampung. Semoga membantu ya! oh iya buat ibu hamil cocok lho mengkonsumsi telur omega 3, yuk simak juga Harga telur omega 3

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.