Ini Jenis Tiang Listrik Distribusi, Wajib Tahu!

Jenis Tiang Listrik Distribusi

Pada kesempatan kali ini aku saya akan membahas tentang jenis tiang listrik distribusi. Tiang listrik adalah tiang yang dapat digunakan untuk menopang sebuah kabel jaringan utilitas yang mempunyai tegangan rendah dan juga tegangan yang tinggi.

Contohnya seperti jaringan arus listrik, penerangan untuk jalan, jaringan telepon, untuk telekomunikasi, dan juga yang lain sebagainya. Listrik terbagi menjadi percabangan yang lebih kecil daripada saluran udara dengan tegangan sangat tinggi yang digunakan untuk menyalurkan tegangan dari pengguna energi listrik ke wilayah-wilayah yang sedang membutuhkan listrik.

Tiang listrik pada jaringan distribusi digunakan pada saluran udara (overhead line) sebagai penyangga kawat penghantar supaya penyaluran tenaga listrik ke konsumen atau pusat pusat beban bisa disalurkan dengan baik. Tiang listrik memiliki berbagai macam jenis yang harus kalian ketahui. Jaringan distribusi yang dimanfaatkan untuk jaringan distribusi tenaga listrik ini terbagi menjadi beberapa macam. Berikut ini adalah beberapa jenis tiang listrik distribusi:

  • Tiang Kayu atau Wood Pole
    Tiang kayu dapat dimanfaatkan untuk penyangga jaringan distribusi karena memiliki konstruksi yang sederhana dan juga mempunyai biaya investasi yang terjangkau jika dibandingkan dengan tiang jenis-jenis lainnya. Tiang kayu juga termasuk ke dalam penyekat yang paling baik untuk penopang saluran udara terhadap gangguan hubung yang singkat.
  • Tiang Baja atau Steel Pole
    Berupa tipe-tipe bulat yang disambungkan dengan diameter yang berbeda dari tongkol hingga ujung adalah bahan yang dipakai untuk membuat tiang baja ini. Biasanya ukuran penampang pada bagian pangkal lebih besar daripada ukuran penampang untuk bagian atas pada tiang listrik.
  • Tiang Beton
    Tiang beton adalah dua tiang yang mempunyai dua macam jenis yaitu tiang beton bertulang serta tiang beton yang pracetak.

Tiang Listrik Namanya Apa?

Tiang Listrik Namanya Apa?

Setelah kita membahas tentang jenis tiang listrik distribusi. Kali ini kita akan membahas tentang tiang listrik namanya apa? Tiang utilitas adalah sebuah tiang yang digunakan menopang kabel jaringan utilitas, seperti jaringan listrik, telepon, telekomunikasi, penerangan jalan, dan yang lain sebagainya.

Dengan bergantung dengan apa yang sedang ditopang, sebuah tiang utilitas bisa dinamai seperti tiang listrik, tiang telepon, tiang lampu, dan juga semacamnya. Pada dunia kelistrikan, tiang utilitas menjadi percabangan yang lebih kecil daripada saluran udara tegangan ekstra tinggi untuk menyalurkan tegangan ke pengguna energi listrik pada wilayah yang membutuhkan.

Apa yang Dimaksud Cross Arm?

Apa yang Dimaksud Cross Arm?

Kali ini kita akan membahas tentang apa yang dimaksud cross arm? Cross Arm atau Travers Cross Arm berfungsi untuk tempat dudukan isolator, menerima beban tarikan atau tumpuan dari penghantar sehingga kedudukannya menjadi berubah, memutar ke samping atau miring ke bawah sehingga jarak antara penghantar dengan penghantar atau juga pengantar dengan tiang menjadi berbeda.

Salah satu akibat dari hal-hal ini terjadi karena hubungan singkat antar penghantar dengan penghantar atau pengantar dengan tiang. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pemeliharaan terhadap traverse sangat diperlukan. Berikut ini pemeliharaan yang dapat dilakukan:

  1. Memeriksa kekurangan mur baut pengikat traverse ke tiang
  2. Memeriksa keadaan pelat kelainan traverse atau palang penyangga serta kekurangan mur bautnya
  3. Memeriksa adanya karat 

Berapa Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Berapa Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Banyak juga yang bertanya tanya tentang berapa jarak tiang listrik ke tiang listrik? Untuk jarak antar tiang listrik tergantung dari tegangan listrik yang tersedia di daerah tersebut. Umumnya patokan yang pakai adalah 40 meter untuk tiang listrik dengan tegangan yang rendah.

Sedangkan tiang listrik dengan jaringan tegangan menengah harus berjarak 40 hingga 50 meter. Harus diperhatikan pula faktor tanahnya. Jarak aman tiang listrik juga harus diperhatikan agar tidak terlalu dekat dengan objek yang ada di sekitarnya, seperti bangunan dan juga pohon. PLN juga menginformasikan bahwa tiang listrik harus dibangun sejauh 3 meter dari objek yang ada di sekitarnya.

Sekian adalah pembahasan saya tentang jenis tiang listrik distribusi. Semoga dapat membantu teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.