Inilah Harga Pasir Zeolit! Simak Disini yuk!

Harga Pasir Zeolit

Pada artikel ini akan dibahas mengenai harga pasir zeolit yang ada dipasaran. Pasir zeolit merupakan mineral yang ​​ditemukan di alam sebagai batuan sedimen vulkanik. Komponen utama zeolit ​​yaitu mordenit dan klipnotilonit dalam berbagai komposisi.

Nama zeolit ​​tersebut berasal dari bahasa Yunani, yaitu zein yang artinya mendidih, dan lithos yang artinya batu. Memiliki sifat mendidih atau mengembang saat dipanaskan inilah yang menyebabkan pasir ini disebut dengan pasir zeolit. Pasir zeolit ini dijual dengan harga Rp. 1.000 – Rp. 3.000 per kg. Tentunya harga ini berbeda disetiap daerah.

Apa Fungsi dari Pasir Zeolit?

Apa Fungsi dari Pasir Zeolit?

Setelah mengetahui harga pasir zeolit, kita juga perlu mengetahui fungsi dari pasir ini. Lantas, apa fungsi dari pasir zeolit?

  • Menyaring air
    Air bersih sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari minum, mandi, dan juga masak. Semua kegiatan itu tentunya membutuhkan air. Pasir zeolit ternyata memiliki fungsi yaitu menyaring air keruh menjadi bersih. Selain itu, pasir ini juga mampu menambah kadar oksigen yang terdapat pada air, hal itu karena dapat menurunkan kadar besi yang ada dalam air tersebut.
  • Menjernihkan air
    Setelah bersih, tahap selanjutnya agar air dapat dimanfaatkan dengan baik yaitu dengan menjadikannya jernih. Pasir zeolit dapat berperan dalam menjernihkan air dengan menyaring kotoran kecil yang mengendap di permukaan air. 
  • Filter air
    Selain kedua manfaat diatas, pasir ini juga dapat memfilter air bersih untuk dijadikan air minum. Kita bisa melakukannya secara manual dengan menyusun batu sesuai urutannya dan termasuk zeolit. Lakukan penyaringan ini 2 sampai 3 kali, lalu kita bisa merebusnya sebelum dikonsumsi. 
  • Menyuburkan tanah
    Pasir ini juga berfungsi untuk tanaman, yaitu dalam menyuburkan tanah. Ini memiliki kemampuan menyerap air lebih banyak, dan juga mampu mengikat bahan organik. Penyaringan molekul, pertukaran kation, dan juga berbagai reaksi kimia lainnya dalam tanah ini dapat membuat tanah menjadi gembur. Selain manfaat itu, ternyata juga dapat mengkondisikan kadar logam dalam tanah. 
  • Mengurangi bau kotoran hewan
    Selain untuk air dan tanaman, ternyata pasir ini juga berguna untuk para pecinta hewan, karena memiliki fungsi untuk mencegah bau dari hewan tersebut, contohnya kucing dan hamster. Banyak dari mereka yang menggunakan pasir ini untuk dijadikan tempat membuang kotoran hewan. Jadi, tinggal menyediakan wadah dan masukan pasir dalam wadah, kemudian ajarkan hewan peliharaan kita untuk buang kotoran disana. Maka, bau kotoran tersebut akan terserap dan tidak mengganggu penciuman kita. 

Apakah Pasir Zeolit bisa Dicuci?

Apakah Pasir Zeolit bisa Dicuci?

Setelah mengetahui harga pasir zeolit dan juga fungsinya, maka kita perlu mengetahui lebih jauh tentang pasir ini. Lantas, apakah pasir zeolit bisa dicuci? Pasir ini ternyata bisa dicuci, dan tentunya akan menghemat pengeluaran kita. Namun, pasir ini ternyata mempunyai daya serap yang kurang. Jadi, wajar saja jika kita tetap bisa mencium bau yang tidak sedap dari kotoran hewan tersebut.

Bagaimana Cara Mencuci Pasir Zeolit?

Bagaimana Cara Mencuci Pasir Zeolit?

Setelah mengetahui harga pasir zeolit, fungsinya serta mengetahui jika pasir ini bisa dicuci, maka akan dibahas tentang cara mencuci pasir ini. Lantas, bagaimana cara mencuci pasir zeolit? Berikut ini caranya.

  1. Sebelum mencuci pasir tersebut, angkat terlebih dahulu kotoran kucing dengan sekop khusus pasir, dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal. Kita dapat memindahkan pasir ke tempat yang bagian bawahnya berlubang, dan kemudian siram dengan air mengalir, pastikan air yang menetes menjadi bening.
  2. Setelah itu, pindahkan pasir ke dalam kotak bersih yang diisi dengan air desinfektan. Lalu biarkan selama 30 menit, agar desinfektan bekerja optimal. Kemudian, pindahkan pasir ke kotak yang berlubang.
  3. Lalu siram lagi dengan air mengalir, sampai air yang mengalir menjadi bening.
  4. Jika sudah, maka kita bisa menjemurnya dibawah sinar matahari sampai kering. Jangan lupa untuk menyemprotkan desinfektan agar memastikan virus dan bakteri tidak ada yang tertinggal.
  5. Supaya pasir cepat kering, kitabisa menjemurnya dengan memberi alas plastik.

Demikianlah pembahasan tentang harga pasir zeolit hingga cara mencucinya. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.