Kandungan Nutrisi Telur Ayam, Simak Disini!

Kandungan Nutrisi Telur Ayam

Nutrisi atau zat gizi adalah sekumpulan zat yang diperoleh dari berbagai makanan atau bahan makanan yang penting untuk berfungsi dan memelihara, memelihara dan membangun berbagai sel dan jaringan tubuh. Kandungan nutrisi telur ayam adalah salah satu sumber makanan bergizi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Zat gizi yang terdapat pada telur cukup lengkap, seperti asam amino, lemak, vitamin, mineral hingga lutein. Protein dalam telur lebih berkualitas daripada protein pada ikan dan daging.

Kandungan Nutrisi Telur Ayam

Kandungan Nutrisi Telur Ayam

  • Omega 3
    Ini berasal dari ayam yang mengkonsumsi pakan yang mengandung bahan omega-3. Contoh bahan pakan seperti  sarden dan salmon. Tidak seperti telur ayam kampung, ini sedikit lebih gelap dan lebih besar. Setelah kita masak, akan memiliki tekstur yang kental, permukaan yang mengkilap, dan rasa yang pedas.
    Manfaatnya sebagai sumber asam lemak esensial dapat mencegah penimbunan lemak pada kadar gula darah. Oleh karena itu, dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah dan mencegah hipertensi.

 

  • Organik
    Jenis ini kita buat dari ayam yang tumbuh di lingkungan yang bebas pestisida, herbisida, dan  obat kesuburan  kimia. Bebas antibiotik dan hormon, makanannya menyerupai telur ayam kampung.
    Hanya bentuk dan warnanya yang sedikit berbeda. Warnanya  gelap dan ukurannya besar. Bahkan jika kulitnya tebal, permukaannya halus. Dan rasanya akan lebih enak dan aromanya lebih amis. Jika Anda ingin memakan telur jenis ini, carilah yang berlabel organik bersertifikat.
  • Vegetarian
    Jenis ini terbuat dari ayam yang hanya diberi makan makanan nabati. Misalnya, pakan diformulasikan dengan komposisi nutrisi nabati seperti ekstrak sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.
    Warna dan bentuk sama dengan telur ayam kampung. Hanya permukaan kulit yang dihaluskan. Rasanya juga hampir sama, tapi kuningnya biasanya lebih gelap dan kurang berlemak.

Berapa Protein 1 Telur Ayam?

Berapa Protein 1 Telur Ayam?

Protein adalah nutrisi yang memiliki fungsi utama untuk memperbaiki dan memfungsikan jaringan sel  dengan baik, nutrisi ini terdapat di seluruh tubuh, termasuk tulang, kulit, otot, dan rambut. Berapa protein 1 telur ayam?

Telur merupakan sumber protein yang baik sebagai salah satu kandungan nutrisi telur ayam, yaitu terdapat 6 gram per butirnya. Sekitar 20% dari tubuh manusia terbuat dari protein. Salah satu fungsi terpenting protein adalah produksi enzim dan hormon yang membantu menjaga fungsi sel dan organ dalam tubuh.

Apakah Kandungan Gizi yang Paling Banyak Terdapat pada Telur?

Apakah Kandungan Gizi yang Paling Banyak Terdapat pada Telur?

Sebagai salah satu bahan makanan pokok yang terjangkau dan mudah kita dapatkan, selain protein, bahan makanan ini juga mempunya kandungan yang lain. Apakah kandungan gizi yang paling banyak terdapat pada telur?

Hampir semua zat gizi mikro dan makro terdapat dalam sumber makanan hewani ini. Cara pengolahan yang dapat kita lakukan membuatnya banyak orang senangi. Namun, berdasarkan perhitungan nilai gizinya, diketahui bahwa protein adalah gizi yang mendominasi kandungan nutrisi telur ayam.

Apa yang Terkandung dalam 1 Butir Telur?

Apa yang Terkandung dalam 1 Butir Telur?

Bagian putihnya mempunyai kandungan protein, Vitamin B6, B2, B12, dan selenium. Kandungan pada bagian kuningnya adalah kalori, lemak, kolesterol dan beberapa mineral. Apa yang terkandung dalam 1 butir telur?

Sebutir telur dengan berat 100 gram mengandung zat gizi sebagai berikut:

  • Energi (kalori) 154 kkal
  • Protein 12,4 gram
  • Kalsium 86 miligram
  • Lemak 10,8 gram
  • Karbohidrat 0,7 gram
  • Kalium 118,5 miligram
  • Natrium 142 miligram
  • Fosfor 258 miligram
  • Zat besi 3 miligram
  • Vitamin A 104 mikrogram
  • Tiamin (vitamin B1) 0,12 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2) 0,38 miligram

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.