Kegunaan Kayu Bajakah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kegunaan Kayu Bajakah

Daerah Kalimantan memiliki tanaman unggulan yaitu kayu bajakah. Tanaman ini memiliki kualitas dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu kegunaan kayu bajakah adalah mencegah penyakit diabetes, jantung dan kanker.

Kegunaan kayu bajakah bisa menjadi media pengobatan untuk segala penyakit, salah satunya yaitu obat kanker. Penemuan tanaman ini mendapat dukungan dari berbagai penelitian yang ada di daerah Kalimantan Tengah dan hasilnya pun dapat menyembuhkan penyakit berbahaya ini.

Artikel kali ini saya akan membahas tentang kegunaan kayu bajakah untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk kita pelajari bersama-sama!

Apa Efek Samping Minum Kayu Bajakah?

Apa Efek Samping Minum Kayu Bajakah?

Tanaman bajakah merupakan salah satu tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat tradisional oleh penduduk setempat Kalimantan. Mulai dari zaman dahulu, penduduk Kalimantan menggunakan tanaman ini untuk menambah stamina dan mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman ini masuk dalam kategori tumbuhan berkayu, yang artinya dapat menghasilkan kayu sebagai jaringan yang tumbuh dari batang di atas tanah selama bertahun-tahun. Tanaman ini memiliki ukuran pohon yang tinggi dan besar sekitar 24 meter.

Tanaman ini tumbuh di daerah negara Filipina, Malaysia dan Indonesia. Mengapa hanya 3 negara saja yang memiliki tanaman obat tersebut? Karena 3 negara inilah yang memiliki tanah alami dan subur. Selain memiliki banyak manfaat, pastinya mempunyai efek samping juga. Jadi, apa efek samping minum kayu Bajakah?

  • Timbul penyakit gagal ginjal

Gagal ginjal terjadi karena takaran jumlah mengkonsumsi bajakah melewati batas normal sehingga timbul penyakit ini. Gagal ginjal terjadi karena adanya senyawa beracun dan logam berat yang dapat menyebabkan reaksi negatif pada kesehatan.

  • Masalah gangguan liver

Penyebabnya hampir sama dengan keterangan gagal ginjal, yaitu berlebihan dalam jumlah mengkonsumsinya. Gangguan liver berasal dari kandungan zat yang ada di dalam tanaman bajakah.

Anda harus memperhatikan jumlah takaran ketika mengkonsumsinya, agar tidak menimbulkan efek samping seperti penyakit diatas.

Cara Merebus Kayu Bajakah Yang Benar?

Cara Merebus Kayu Bajakah Yang Benar?

Cara merebus kayu Bajakah yang benar? Berikut ini langkah-langkah merebus tanaman bajakah, antara lain :

  • Langkah pertama, potong tanaman ini. Lalu rebus dalam air yang sudah mendidih.
  • Air rebusan tersebut, dapat anda minum sampai dua kali pemakaian.
  • Untuk potongan kayu tadi, tidak boleh disimpan dalam lemari es.
  • Potongan tersebut, cukup simpan di tempat bersuhu normal dan bersih.

Berikut ini cara mengolah akar bajakah menjadi bubuk kering :

  • Langkah pertama, yaitu mengeringkan akar bajakah di bawah sinar matahari.
  • Setelah mengering, potong bagian akar tanaman ini.
  • Lalu haluskan akarnya menggunakan ulekan atau blender.
  • Langkah terakhir, jadilah produk akar bajakah berupa bubuk minuman. Cara menyeduhnya menggunakan takaran 1-2 sendok makan kecil dan siapkan air dalam gelas sekitar 500 ml. Lalu aduk sampai tercampur

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kecantikan?

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kecantikan?

Manfaat kayu Bajakah untuk kecantikan? Berikut ini kegunaan kayu bajakah untuk kecantikan, antara lain :

  • Dapat mencerahkan kulit dan mengurangi kulit kusam, karena di dalamnya mengandung zat antioksidan tinggi sehingga dapat meregenerasi kulit.
  • Mencegah timbulnya jerawat.
  • Mencegah dari penyakit infeksi kulit. Di dalam tanaman ini, memiliki sifat antimikroba dan metanol yang berfungsi untuk menghambat berkembangnya bakteri pada kulit.
  • Melindungi dari radikal bebas.
  • Sebagai meremajakan kulit.
  • Dapat membersihkan darah kotor. Untuk manfaat yang satu ini, anda dapat meminum air rebusan tanaman bajakah.

Demikian informasi mengenai kegunaan kayu bajakah untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.