Kenali Lampu Penerangan Jalan Solar Cell Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Lampu Penerangan Jalan Solar Cell

Lampu penerangan jalan solar cell adalah kumpulan sel surya yang dapat menyerap sinar matahari untuk menggantikan energi listrik menjadi energi surya. Sel surya memiliki beberapa komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik yang disebut photovoltaic.

Penemu pertama kali dari lampu penerangan jalan solar cell yaitu Russel Ohl, sekaligus mematenkan teknologi panel surya atau solar cell. Nama lain dari lampu tenaga surya adalah listrik surya, solar cell, sistem fotovoltaik, tenaga matahari, dan solar panel system.

Artikel kali ini akan membahas tentang lampu penerangan jalan solar cell beserta kelebihan dan kelemahannya. Yuk simak dan pelajari bersama-sama!

Berapa Watt Standar Lampu PJU?

Berapa Watt Standar Lampu PJU?

Berapa watt standar lampu PJU? Untuk watt lampu PJU sekitar 90 watt. PJU merupakan layanan dari PT. PLN yang berupa pemasangan lampu di area jalan sekitar rumah penduduk.

Untuk jarak dari satu tiang ke tiang lain  memiliki berbagai variasi, yang dimana jarak antar tiang sejajar sekitar 25 – 50 m. Jarak ini memiliki manfaat untuk memastikan intensitas cahaya dapat merata sampai ke permukaan tanah, sehingga penerangan lebih efektif dan dapat meminimalisir area yang tidak mendapat cahaya lampu.

PJU memiliki dua sumber energi yaitu berasal dari energi listrik PLN atau menggunakan energi tenaga surya. Pemasangan PJU ini untuk daerah yang telah menyediakan tenaga listrik, umumnya daerah perkotaan.

Berapa Harga PJU Tenaga Surya?

Berapa Harga PJU Tenaga Surya?

PJU tenaga surya menggunakan energi matahari sebagai sumber energi listrik. Panel ini cocok untuk daerah yang belum ada pembangkit tenaga listrik PLN disebut daerah terpencil.

Beberapa daerah di perkotaan telah memasang panel ini, seperti jalan perumahan, jalan utama, tempat parkir, SPBU, halte bus, dan sebagainya. PJUTS merupakan alternatif lain yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan hemat sebagai sumber listrik PJU.

Mengapa termasuk sumber energi hemat dan murah? Karena menggunakan sumber energi yang tak terbatas dari alam yaitu sinar matahari. Jadi, berapa harga PJU Tenaga Surya? Harga dari PJUTS berkisar Rp 10.500.000. Harga dari panel ini dapat berubah-ubah dan menyesuaikan dengan keperluan daerah masing-masing.

Apa Yang Dimaksud Dengan Panel Surya?

Apa Yang Dimaksud Dengan Panel Surya?

Panel surya adalah alat yang dapat mengubah dari energi sinar matahari menjadi energi listrik. Dengan adanya hal tersebut, kita dapat menggunakan energi listrik yang tak terbatas karena bersumber langsung dari alam.

Panel surya berfungsi untuk menerima cahaya atau sinar matahari mengubah menjadi tenaga listrik untuk mengisi baterai. Panel ini memiliki umur penggunaan selama 5 tahun lebih.

PJTS ini akan otomatis menyala pada sore hari dan padam ketika pagi hari. Mudah dalam hal perawatan  dan efisien untuk jangka waktu yang lama. Penggunaan lampu LED tampak terang, hemat energi dan dapat bertahan lama.

Masa pemakaian LED hingga berjam-jam dengan menggunakan sumber daya DC. Lampu penerangan jalan solar cell dapat beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel antar tiang, sehingga pemasangannya lebih mudah, praktis, ekonomis dan dapat menghindari dari pemadaman listrik total.

Kelebihan dari lampu solar cell yaitu mudah dalam pemasangan dan pemeliharaannya, ramah lingkungan, dapat mengatur secara otomatis, memiliki usia pakai bertahun-tahun.

Surya panel dapat mengaplikasikannya di berbagai tempat seperti kawasan perumahan, perkebunan, kawasan industri, tambang, wisata, parkir, area jalan dan taman.

Demikian informasi mengenai lampu penerangan jalan solar cell beserta kelebihan dan kelemahan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.