Khasiat Beras Hitam Organik

Khasiat Beras Hitam Organik

Pada umumnya masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras putih  sebagai bahan pangan pokok sehari-hari. Selain yang berwarna putih, banyak sekali Macam-macamnya seperti  beras : merah,  putih,  coklat, ektan,  Jepang dan lain-lain. Akan tetapi, artikel kali ini kan fokus kepada  pengertian dan khasiat beras hitam organik.

Pada beras hitam non organik  memiliki banyak nutrisi yang terkandung dan manfaat. Di dalamnya,  terdapat serat dan serta zat besi. Yang tidak kalah pentingnya,  penyebab warna hitam dari beras yaitu kandungan antosianinYang mampu menjadi anti inflamasi,  antioksidan,  dan anti kanker. Wah, banyak sekali bukan manfaatnya.

Sebenarnya khasiat beras hitam organik dan non organik  itu sama saja. Akan tetapi,  yang membedakan hanya proses penanaman dan pengelolahanya saja. Yang organik,  akan cenderung lebih sehat.  Hal ini dikarenakan, pada penanaman dan pengelolaannya  tidak menggunakan  bahan kimia dan pestisida untuk menunjang hasil panen. Oleh karena itu, khasiat beras hitam organik  dinilai lebih sehat bila dibandingkan yang biasa.

Apakah Manfaat Beras Hitam ?

Apakah Manfaat Beras Hitam ?

Karena memiliki banyak sekali kandungan gizi serta nutrisi di dalamnya,   pastilah  banyak juga manfaat yang diperoleh.  Lalu,  Apakah manfaat beras hitam ?.  Seperti  yang dikatakan di atas khasiat beras hitam organik dapat berfungsi sebagai anti inflamasi antioksidan dan antikanker.  Selain itu,  berikut beberapa manfaat lainnya :

  1. Dapat mengurangi resiko penyakit kanker

Kandungan antosianin  pada beras hitam ampuh Memberikan efek baik serta mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Dalam suatu penelitian laboratorium memaparkan , Antosianin dapat memperlambat pertumbuhan serta penyebaran kanker payudara.  Namun demikian,  masih diperlukan penelitian lanjut supaya lebih  konkrit.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin E di dalamnya,  mampu memperkuat dan meningkatkan sistem imun tubuh. Caranya dengan memperbanya jumlah dan meningkatkan kualitas selimun tubuh. Selain memperkuat sistem imunitas tubuh,   Vitamin E juga mampu  menjadi antioksidan dan melawan penuaan dini.  Tidak  heran,  beras hitam  dijadikan sebagai bahan baku masker organik.

  1. Sebagai sumber energi

Beras hitam maupun putih sama-sama mengandung karbohidrat. Akan tetapi, Yang membedakan kandungan vitaminnya lebih bervariasi. Berapa kandungan vitaminnya yaitu : Vitamin B,  B1 / Thiamine,  B2 / Riboflavin,  B9 /  Asam folat. Beberapa vitamin tersebut berfungsi sebagai penambah energi,  sel memproduksi sel darah dan meregenerasi sel.

  1. Dapat memperlancar pencernaan

Keistimewaan beras satu ini yaitu memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Oleh karena itu,  dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Kandungan serat yang cukup tinggi,  mampu menjadikan Pencernaan lancar dan kesehatan usus besar dalam tubuh pun terjaga.

Apakah Beras Hitam Baik untuk Asam Lambung ?

Apakah Beras Hitam Baik untuk Asam Lambung ?

Memanglah beras hitam baik untuk dikonsumsi  dan memiliki banyak manfaat dan baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, apakah beras hitam baik untuk asam lambung ?.  Faktanya, air tajin dan air beras hitam dapat  menyembuhkan penyakit asam lambung dan maag. Jika telah terkena penyakit asam lambung, maka harus  lebih selektif untuk menjaga pola makan dan kesehatan pencernaan. Salah satu  solusi yang dapat ditempuh yaitu dengan mengkonsumsi secara rutin beras hitam dan air tajin.  Hal ini dikarenakan kandungan serat mineral dan nutrisi yang mampu melancarkan dan menjaga kesehatanpencernaan.

Apakah Beras Hitam Mengandung Gula ?

Apakah Beras Hitam Mengandung Gula ?

Beras putih mengandung glukosa yang cukup tinggi sehingga tidak baik bagi penderita  diabetes. Bagaimana dengan beras hitam ?  apakah beras hitam mengandung gula ?. Dibandingkan beras merah dan putih beras hitam memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi. Selain nutrisinya lebih tinggi,  beras hitam juga memiliki kadar rendah gula yang sangat dianjurkan bagi pasien penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan jantung.  Bagusnya lagi, satu kandungan antosianin  dalam beras  hitam  juga dapat mencegah penyakit kanker.

Beras hitam cocok sekali bukan bagi kalian yang ingin hidup sehat dan  yang sedang melakukan diet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.