Khasiat Beras Merah Organik! Apa Saja?

Khasiat Beras Merah Organik

Mengetahui apa saja khasiat beras merah organik merupakah hal yang penting, khususnya jika kita sedang beralih untuk mengonsumsi makanan yang sehat setiap hari. Beras merah organik termasuk jenis beras yang sehat, karena ini mengandung serat yang tinggi yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama apabila kita bandingkan dengan beras putih yang biasanya kita konsumsi.

Apa Manfaat Makan Beras Merah Setiap Hari?

Apa Manfaat Makan Beras Merah Setiap Hari?

Tentunya ada banyak khasiat beras merah organik yang perlu kita ketahui. Apa manfaat makan beras merah setiap hari? Berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi beras merah setiap hari.

  • Mengontrol diabetes

Hal ini dikarenakan beras merah organik mengandung indeks glikemik yang rendah, sehingga mampu mengurangi lonjakan insulin dan juga membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Sebuah studi menyatakan jika beras ini kaya akan fitat, serat, dan polifenol esensial. Ini merupakan karbohidrat kompleks yang dapat membantu pelepasan gula menjadi lebih lambat daripada nasi putih yang biasa kita makan.

  • Sumber antioksidan

Beras ini diproduksi dengan proses penggilingan yang minim, oleh sebab itu beras ini mengandung fitokimia yang tinggi. Selain fitokimia, ternyata beras ini juga mengandung flavonoid seperti flavon dan tricin yang dapat menambah aktivitas antioksidan. Inilah yang dapat membantu mengurangi stress, membuang racun, serta menjaga beberapa kondisi kesehatan.

  • Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang ada didalamnya dapat membantu mengatur pergerakan usus dan juga membuat kita merasa kenyang. Pada sebuah penelitian menyatakan jika lapisan dedak pada beras merah mungkin dapat memperlambat pengosongan, sehingga mengembungkan tinja. Selain itu, kandungan serat didalamnya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, misalnya radang usus besar dan sembelit.

  • Mengurangi resiko obesitas

Ini termasuk makanan yang terbukti dapat mengendalikan berat badan bagi banyak orang guna memerangi obesitas. Selain itu, beras ini juga dapat meningkatkan aktivitas glutathione peroxidase, enzim antioksidan yang berkaitan dengan peningkatan kadar koleterol baik (HDL) pada orang yang mengalami obesitas (kelebihan berat badan).

Apakah Boleh Mengkonsumsi Beras Merah Setiap Hari?

Apakah Boleh Mengkonsumsi Beras Merah Setiap Hari?

Setelah mengetahui beberapa khasiat beras merah organik yang kita dapat saat mengonsumsinya. Lantas, apakah boleh mengkonsumsi beras merah setiap hari?

Mengonsumsi beras merah setiap hari tentu saja aman. Namun, kadar dalam mengonsumsinya juga perlu kita perhatikan. Kita dapat mengganti nasi putih biasa dengan beras merah, atau bisa mencampur keduanya. Pastikan jika kita mengonsumsinya harus bersama dengan lauk-pauk yang mengandung gizi tinggi, misalnya sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, dan juga daging. Selain itu,kita juga dapat menambahkan bumbu dan rempah-rempah agar tidak hambar.

Namun ada baiknya jika kita megonsumsi ini, kita harus benyak minum air putih. Hal itu karena beras ini mengandung banyak serat. Selain itu kita juga perlu berolahraga agar pencernaan kita tetap sehat. Kenapa demikian? Itu karena mengonsumsi serat yang berlebihan dapat menyebabkan usus menjadi lebih bergas dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Apakah Beras Merah Baik Untuk Penderita Asam Lambung?

Apakah Beras Merah Baik Untuk Penderita Asam Lambung?

Kita telah membahas tentang khasiat beras merah organik dan juga kadar dalam mengonsumsinya. Lantas, apakah beras merah baik untuk penderita asam lambung?

Ternyata, mengonsumsi beras merah dapat mengatasi asam lambung. Jadi, ini menjadi salah satu rekomendasi makanan untuk penderita penyakit asam lambung. Hal itu disebabkan karena ini mengandung karbohidrat kompleks yang ringan dicerna oleh tubuh, dan juga serat yang tinggi. Serat itulah yang dapat meredakan gejala refluks asam.

Demikianlah pembahasan mengenai khasiat beras merah organik yang perlu kita ketahui. Semoga kita bisa menjaga pola makan kita agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.