Lampu Hias Jalanan

Lampu Hias Jalanan

Sebagian besar aktivitas kita, baik di dekat perkantoran, taman, tempat wisata maupun di kota, sangat membutuhkan penerangan untuk melakukan banyak hal terutama pada malam hari. Di jalan perkotaan dan area taman, juga dianggap lebih indah jika ditambahkan lampu hias jalanan. Bentuk yang menarik digunakan untuk penerangan dapat membuat tampilan lebih elegan dan mempercantik area sekitar pada malam hari.

Oleh karena itu diperlukan alat penerangan berupa lampu hias jalanan agar dapat dipasang dimana saja. Berbagai pilihan model bisa Anda pilih berdasarkan fungsinya.Suatu tempat akan nyaman dan aman jika fasilitas tempat itu sendiri dapat memenuhi dan mendukung kebutuhan yang ada. Misalnya, penerangan yang perlu tersedia di area tertentu seperti jalan.

Adapun perbedaan lampu hias jalanan dengan PJU (Penerangan Jalan Umum), yaitu biasanya PJU dipasang di lokasi jalur lintasan umum dan berfungsi untuk menerangi yang luas dengan bentuk yang tinggi, biasanya 8-10 meter dan digunakan di jalan raya dan juga tol. Tiang ini sering menggunakan bentuk tiang bulat.

Sedangkan, lampu hias jalanan umumnya  tidak terlalu tinggi dan bentuknya kecil dan memiliki desain yang estetis. Untuk memaksimalkan kegunaannya, tidak hanya dapat digunakan sebagai penerangan, tetapi juga sebagai penghias agar taman Anda terlihat lebih artistik. Ukuran tinggi yang biasa digunakan adalah 3-5 meter.

Lampu Hias Jalan Kampung

Lampu Hias Jalan Kampung

Tidak hanya di perkotaan saja, namun juga digunakan di area kampung. Karena, pada bagian tertentu jalan di perkampungan akan sangat gelap jika tidak ada pencahayaan dan tentu hal tersebut sangat membahayakan.

Karena itu, lampu hias jalan kampung juga banyak digunakan oleh warga setempat. Tak jarang juga dibuat dengan pola artistik seunik mungkin. Bisa juga sesuai dengan tema  taman tempat penerangan tersebut diletakkan.

Model lampu Hias Jalan Sederhana

Model lampu Hias Jalan Sederhana

Model yang dipilih juga digunakan untuk mengaplikasikan desain yang indah. Selain dapat berbentuk lingkaran, segi delapan, atau heksagonal, terkadang dibuat dengan hiasan khusus seperti motif bunga, tumbuhan, hewan, dan benda unik untuk agar lebih unik.

Model lampu hias jalan sederhana juga banyak dipilih bagi mereka yang lebih menyukai tipe minimalis namun tetap elegan dan enak dipandang mata. Saat membuatnya langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan yang baik harus bersifat kuat, tahan panas dan tahan hujan.

Lampu Hias Taman

Lampu Hias Taman

Lampu ini selalu ditempatkan di luar gedung, yang membuatnya rentan terhadap perubahan musim. Dengan bahan yang tepat, maka akan bertahan  lama. Setiap langkah dalam proses pembuatan akan menentukan tingkat kualitasnya. Masing-masing dari berbagai langkah pembuatan yang dilakukan juga harus dilakukan dengan benar agar menghasilkan lampu hias taman yang berkualitas. Proses pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Pengecoran

Semua bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan harus disiapkan terlebih dahulu dan dipertimbangkan dengan pasti. Selanjutnya, panggang semua bahan yang diperlukan selama sekitar satu jam atau sampai benar-benar meleleh. Dalam proses ini, material akan menjadi logam cair, yang  digunakan sebagai bahan baku. Oleh karena itu, proses ini merupakan proses yang sangat penting yang sangat mempengaruhi proses-proses selanjutnya.

  • Pencetakan

Pada tahap ini, menyiapkan cetakan yang  sesuai dengan tema lokasi pemasangan dan pesanan pelanggan. Cetakan yang umum digunakan menggunakan motif yang indah dan cantik. Tujuannya agar nantinya dalam pembangunan tiang lampu, selain sebagai media penerangan, menjadi media untuk membuat lingkungan menjadi lebih menarik. Logam cair harus dituangkan ke dalam cetakan dan  didiamkan selama kurang lebih 3 jam atau sampai menjadi batangan yang kokoh.

  • Akhir

Yaitu menghaluskan material yang diproduksi dengan mengamplas dan memolesnya. Kemudian diwarnai dengan warna khusus. Sehingga tiang lampu yang diproduksi berkualitas tinggi dan berfungsi dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.