Macam-macam Ukuran Tiang Listrik Besi!

Ukuran Tiang Listrik Besi

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ukuran tiang listrik besi. Tiang listrik besi merupakan sebuah tiang untuk menopang kabel jaringan yang memiliki berfungsi untuk menyalurkan tegangan ke pengguna energi listrik di wilayah yang sedang membutuhkan. Tiang listrik ini memiliki ukuran yang berbeda beda antara lain:

  1. Tinggi 7 meter 100 daN
  2. Tinggi 9 meter 100 daN
  3. Tinggi 9 meter 156 daN
  4. Tinggi 9 meter 200 daN
  5. Tinggi 11 meter 200 daN
  6. Tinggi 12 meter 200 daN dan lain sebagainya.

Ukuran tiang listrik besi dapat disesuaikan sesuai kebutuhan jarak bentangan dan beban kabel yang ditopang. Tiang listrik ini sangat kuat, dan jugamudah perawatannya dan dapat bertahan hingga tahunan. Tiang listrik adalah sebuah tiang besi yang digunakan sebagai komponen utama dari konstruksi distribusi saluran udara yang menyangga hantaran listrik beserta perlengkapannya.

Berapa Tinggi Tiang Listrik PLN?

Berapa Tinggi Tiang Listrik PLN

Setelah kita membahas tentang berapa tinggi tiang listrik PLN? Tiang besi jaringan listrik SPLN dibuat dari material pipa baja yang berstandar SNI. Segmen antar pipa tersambung dengan mesin press reducer hidrolik. Tiang sejenis ini dapat digunakan juga untuk tiang telkom. Berikut ini adalah tiang listrik standar PLN:

  1. Tiang Tarik Listrik PLN 7 m daN 100 m
  2. Tiang Tarik Listrik PLN 9 m daN 90 m
  3. Tiang Tarik Listrik PLN 9 m daN 100 m
  4. Tiang Tarik Listrik PLN 9 m daN 156 m

Berapa Jarak Tiang Listrik Ke Tiang Listrik?

Berapa Jarak Tiang Listrik Ke Tiang Listrik

Kali ini kita akan membahas tentang berapa jarak tiang listrik ke tiang listrik? Jarak antar tiang listrik bergantung pada tegangan listrik yang tersedia di daerah tersebut. Umumnya, patokan yang dipakai adalah 40 meter untuk tiang listrik dengan tegangan yang rendah.

Sedangkan tiang listrik pada jaringan tegangan menengah harus berjarak sekitar 40 hingga 50 meter. Jarak itu belum pasti, karena harus diperhatikan juga faktor tanahnya. Seperti yang kita ketahui, tanah di Indonesia itu banyak jenisnya, mulai dari tanah berbukit, tanah berawa, serta tanah yang memiliki tekstur lembut layaknya lumpur.

Bagaimana Bentuk Tiang Listrik?

Bagaimana Bentuk Tiang Listrik

Banyak juga orang yang bertanya tanya tentang bagaimana bentuk tiang listrik? Tiang listrik secara sederhana dapat dideskripsikan sebagai tiang atau tower yang mempunyai fungsi untuk medium penghantar arus listrik.

Tiang listrik mengalirkan tegangan listrik pada tiang ke tiang, dari daerah satu ke daerah yang lainnya. Kendati keberadaannya sering juga diabaikan, namun fungsi tiang listrik bagi kehidupan umat manusia sangatlah besar. Berikut adalah lima desain tiang listrik yang paling unik dan mengagumkan:

  1. Rusa

Menara listrik berbentuk rusa ini merupakan konsep dari studio desain desain depot yang berbasis di Moskow. Tujuan mereka adalah membuat tiang menyatu dengan lingkungan senatural mungkin dengan menggunakan gambar binatang yang biasanya dapat dilihat di bentang alam.

  1. Colossus
    Di Buenos Aires, Argentina, ada sebuah tower listrik berbentuk robot setinggi 45 meter (148 kaki) yang disebut Colossus sudah dibangun oleh kolektif seni kreatif yang disebut dengan DOMA. Pada malam hari, wajah, jantung, tangan dan juga paku pada bahu robot menerangi lanskap dengan sebuah layar neon animasi.
  2. Badut
    Di jalan raya M5 di Újhartyán, Hungaria, operator sistem transmisi listrik Hungaria MAVIR memasang tiang listrik dengan bentuk badut, karena tidak ada yang lebih mengerikan daripada badut yang membawa ribuan volt listrik.
  3. Tanah raksasa
    Desain tanah raksasa yang dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat Choi + Shine Architects menjadi viral di negara Jepang. Karena, tiang listrik ini berbentuk seperti manusia yang tingginya 30 meter, mirip dengan raksasa pemakan orang di anime populer Attack on Titan

Sekian pembahasan saya tentang ukuran tiang listrik besi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.