Manfaat Putih Telur Rebus

Manfaat Putih Telur Rebus

Pada  umumnya setiap orang mengkonsumsi putih dan kuning telur bersamaan dan menjadi satu. Meskipun keduanya merupakan satu kesatuan, tetapi memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda. Sebagian orang lebih memilih   mengkonsumsi  bagian putih. Hal ini bertujuan, untiuk  mendapat manfaat putih telur rebus dan sebaliknya.

Sebagian orang memilih  bagian putih karena dipercaya lebih sehat dan manfaat putih telur rebus pun  lebih banyak .Dapat dikatakan lebih sehat, karena bagian ini  bisa  bisa menurunkan jumlah kalori total pada telur,  lemak beserta lemak jenuh. Bila dibandingkan dengan bagian kuning,  bagian putihnya  memiliki kandungan lemak,  kalori dan kolesterol yang lebih rendah.

Putih Telur Rebus Baik untuk Apa ?

Putih Telur Rebus Baik untuk Apa ?

Dengan memiliki kandungan lemak jahat, kalori,  protein dan kolesterol yang lebih rendah . Oleh karenanya, bagian putihnya baik  dikonsumsi bagi  orang yang diet. Tidak hanya baik untuk orang diet,  putih telur rebus baik untuk apa ?.  Dapat dikatakan,  putih telur rebus baik untuk beberapa kondisi yaitu :

  1. Dalam kondisi diet

Dengan kandungan kolesterol,  lemak, serta  kalori yang lebih rendah dari bagian kuning. Maka,  bagian putihnya  cenderung cocok bagi orang yang melakukan diet. Kandungan nutrisi beserta kalori dan lemak yang sedikit,  akan membuat  orang tidak cepat gemuk dan kenyang lebih lama. Biasanya, bagian putihnys  cocok dikonsumsi sebagai sarapan agar  tetap merasa kenyang hingga waktu jam makan siang.

  1. Bagi penderita kolesterol

Karena memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.  Maka, masih aman untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol.  Dengan catatan, mengonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan .

  1. Baik bagi penderita tekanan darah

Jarang diketahui,   kandungan kalium pada  bagian putihnya dapat mengatur tekanan darah  sehingga lebih stabil. Selain mengatur tekanan darah, Kalium juga dapat  mengatasi gejala anemia.

Apakah Baik Mengonsumsi Putih Telur Setiap Hari ?

Apakah Baik Mengonsumsi Putih Telur Setiap Hari ?

Meskipun kaya akan gizi dan manfaat, apakah baik mengonsumsi putih telur setiap hari ?. Mengonsumsi putih telur rebus setiap harinya sangatlah baik.  Akan  tetapi dengan catatan dalam jumlah yang wajar sekitar 3 butir bagian putihnya perhari.. Karena jika terlalu banyak pastilah ada efek samping.  Berikut ini adalah beberapa efek sampingnya yaitu:

  1. Resiko menderita alergi
  2. Dapat  menyebabkan keracunan salmonella
  3. Gangguan pencernaan
  4. Dapat mengurangi penyerapan biotin
  5. Asupan protein menjadi berlebihan
  6. menderita konstipasi

Apa Fungsi dari Putih Telur ?

Apa Fungsi dari Putih Telur ?

Setelah membicarakan berbagai efek samping, bagian putih telur juga kaya akan manfaat dan fungsi. So, apa fungsi dari putih telur ?. Di bawah ini adalah beberapa fungsi dan manfaat putih telur rebus yaitu :

  1. Baik bagi jantung

Karena tidak mengandung kolesterol,  dengan begini  kita bisa terhindar dari resiko penyakit jantung maupun kadar kolesterol yang tinggi.

  1. Dapat memenuhi kebutuhan protein

Meskipun jumlahnya lebih rendah dari bagian kuning, bagian putih telur pun juga mengandung protein yang rendah lemak.  Hal ini bagus  untuk memenuhi kebutuhan  dalam sehari-hari.

  1. Membantu proses diet

Seperti yang dikatakan sebelumnya,   kandungan kalori yang sangat rendah dapat dikonsumsi  pada saat diet dan  tidak dapat menyebabkan kegemukan.

  1. Dapat menjaga tekanan darah

Disarankan, bagi penderita darah tinggi dapat mengkonsumsi  putih telur.  Kandungan kalium di dalamnya, dapat menurunkan serta mengontrol tekanan darah pada tubuh. Selain  kalium,  terdapat pula kandungan peptida yang mampu mengurangi tingkat tekanan darah.

  1. Mencegah  berbagai penyakit

Sama seperti bagian kuningnya,  Bagian  putih pada telur juga mengandung vitamin A, vitamin B12 dan B2,  dan vitamin D. Berbagai vitamin tersebut terutama vitamin  B2 dapat mencegah berbagai kondisi  penyakit seperti katarak, migraine, makula, dan lain sebagainya

Setelah mengetahui berbagai manfaat putih telur rebus, apakah kalian berminat untuk mengkonsumsinyasecara rutin ?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.