√5+ Manfaat Telur Ayam Ras

Manfaat Telur Ayam Ras

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat telur ayam ras. Kandungan gizi pada telur ayam ras memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan pada manusia sebetulnya tidak jauh berbeda dibanding telur ayam ras.

Manfaat telur ayam ras adalah kandungan omega tiga pada telur ayam ras 0,14 persen. Jenis telur ini mempunyai kandungan kolesterol yaitu 165,38 mg/50 gram. Begitu pula kandungan vitamin A dan E yang dimiliki telur jenis ini.

Berikut jenis manfaat dari mengkonsumsi telur ayam ras yaitu kadar vitamin D tinggi, menstabilkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga menurunkan risiko penyakit jantung, menyehatkan mata, membentuk massa otot dan membantu menurunkan berat badan.

Apa Perbedaan Telur Ayam Ras Dengan Telur Ayam Kampung?

Apa Perbedaan Telur Ayam Ras Dengan Telur Ayam Kampung

Setelah kita membahas tentang manfaat telur ayam ras. Kali ini kita akan membahas tentang apa perbedaan telur ayam ras dengan telur ayam kampung? Telur ayam menjadi pilihan protein hewani yang murah dan juga mudah didapat.

Dipasaran, dikenal dua jenis telur, yaitu telur ayam kampung dan telur ayam ras (telur biasa). Perbedaanya adalah Telur ayam kampung biasanya berwarna lebih putih dibanding telur ayam biasa yang berwarna kecoklatan. Ukuran telur ayam kampung juga lebih kecil, tetapi harganya lebih mahal dibanding telur ayam ras.

Ayam kampung bebas memakan serangga, biji-bijian, dan juga tanaman yang tumbuh di sekitarnya. Pakan yang lebih alami ini dipercaya mampu membuat telur ayam kampung lebih bergizi dibanding telur ayam ras, dan lebih aman dikonsumsi karena tidak diberi makan makanan yang mengandung bahan kimia.

Penelitian yang dilakukan oleh North Carolina State University, Amerika Serikat, juga menyimpulkan bahwa telur ayam kampung memang memiliki kandungan lemak tidak jenuh (monounsaturated dan polyunsaturated fat) lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam ras. Begitu juga dengan kandungan omega 3 pada telur ayam kampung lebih tinggi dibanding dengan telur ayam ras (0,17% berbanding 0,14%).

Apakah Telur Ayam Ras Sehat?

Apakah Telur Ayam Ras Sehat

Banyak yang bertanya tentang apakah telur ayam ras sehat? Dalam 80 gram sampai dengan 100 gram telur ayam negeri terkandung nutrisi sekitar 150 kalori, 12,5 gram protein, 1 gram karbohidrat, dan 10 gram lemak. Sedangkan, telur ayam kampung memiliki kandungan 150 kalori, 13 gram protein, 1,5 gram karbohidrat, dan 10 gram lemak.

Dengan begitu, telur ayam kampung memiliki kandungan yang lebih banyak protein dan karbohidratnya jika dibandingkan dengan telur ayam negeri. Selain mengandung lebih banyak protein dan karbohidrat, telur ayam kampung jugalah mengandung vitamin E dan lemak yang lebih banyak dibandingkan telur ayam negeri.

Kandungannya diketahui sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Tetapi, dari segi harga, telur ayam kampung memiliki harga yang lebih mahal daripada telur ayam negeri.

Jadi, pada dasarnya, kedua jenis telur ini sama-sama memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Kalian hanya tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Kenapa Telur Ayam Kampung Lebih Baik?

Kenapa Telur Ayam Kampung Lebih Baik

Banyak juga yang bertanya tentang kenapa telur ayam kampung lebih baik? Telur ayam kampung dipercaya mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang lebih baik dibandingkan ayam negeri. Hal tersebut karena cara pemeliharaan ayam kampung yang lebih baik yaitu hidup secara bebas dan juga diberikan makanan dari pakan alami.

Dari segi nutrisi, tidak ada perbedaan signifikan yang membuat telur ayam kampung jauh lebih baik daripada telur ayam jenis lainnya. Pada umumnya, dalam 1 butir telur ayam kampung mengandung nutrisi seperti energi 150 kalori, 13 protein, 10 gram lemak, dan 1,5 gram karbohidrat.

Sekian adalah pembahasan saya tentang manfaat telur ayam ras. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.