Pembuatan Briket Dari Tempurung Kelapa

Pembuatan Briket Dari Tempurung Kelapa

Pembuatan briket dari Tempurung kelapa sebenarnya tidak hanya bisa diolah menjadi arang atau dibuang begitu saja sebagai sisa limbah. Di daerah Bantul, pembuatan briket dari tempurung kelapa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan biomassa. Peminatnya sebagian besar masyarakat asing  di Arab Saudi untuk pembakaran shisha atau herbal tembakau yang dihirup bersama sama.

Pembuatan briket dari tempurung kelapa sederhananya, ialah membakar bagian batoknya lalu menghaluskan hingga halus. Setelah itu diayak, hasil ayakan dicampur dengan adonan tepung kanji. Lalu dicetak sesuai ukuran yang dikehendaki dan dijemur hingga mengeras.

Dari hasil pembuatan briket dari tempurung kelapa, rata rata para pengepulnya bisa mendapatkan untung berkisar Rp. 3.000,00 per buah. Untuk proses ekspornya sendiri bisa meraup berkisar Rp. 8.000,00 per buahnya. Harganya dominan mahal karena daya akan kualitas daya baranya yang cukup lama saat digunakan.

Bahan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa?

Bahan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa?

Kenapa Indonesia masuk dalam daftar penghasil biomassa ini, dikarenakan. Indonesia adalah negara tropis dan kaya akan sumber daya hasilnya. Pada dasarnya, bahan ini bisa dibuat dengan berbagai bahan pokok.

Tapi, kali ini kita akan fokuskan proses pengolahannya yang memang memiliki kaya manfaat. Bahan apa yang dibutuhkan untuk membuat briket arang tempurung kelapa ? Meliputi :

  • Bahan baku batok
  • Tepung Kanji
  • Air
  • Alat cetakan briket (bisa menggunakan bambu setinggi 8-10 cm)
  • Korek api
  • Alat pencampur adonan
  • Oven Khusus

Proses pengolahan dilakukan dengan penekanan atau pemadatan. Yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kalor per satuan luas dari suatu bahan biomassa. Digunakan sebagai energi alternatif, sehingga dengan ukuran biomassa yang relatif kecil akan dihasilkan energi yang besar. Selain itu bentuk biomassa yang sama. Lebih memudahkan dalam proses penyimpanan dan pendistribusian bahan tersebut.

Tahapan pengolahannya dimulai dari proses pengarangan, penepungan , pengayakan , pencampuran air dan lem kanji. Pencetakannya menggunakan cetakan dan proses pengeringannya menggunakan oven bersuhu berkisar 650°C.

Bahan dari hasil pengolahan ini memang mudah terbakar. Tapi  mampu menghasilkan energi panas yang lebih tinggi tergantung dari kualitas bahannya.

Apa Itu Briket Dari Tempurung Kelapa?

Apa Itu Briket Dari Tempurung Kelapa?

Apa itu Briket dari tempurung kelapa merupakan bahan bakar padat yang terbuat dari batok. dengan campuran sedikit tepung tapioka.  Digunakan sebagai bahan bakar, penggunaan dalam bentuk yang relatif kecil dan ringan, lebih mudah dan praktis dibandingkan dalam bentuk batok.  Pengolahan dari batok relatif sederhana dan mudah dalam proses pengolahan.

Dalam proses pengempaan dilakukan untuk membantu proses pengikatan dan pengisian ruang yang kosong.  Ukuran partikel yang kurang sama akan membuat lebih mudah dalam proses produksi.  Pengempaan dapat dilakukan dapat dilakukan baik dengan alat sederhana seperti alat pencetak dari paralon maupun dengan sistem hidrolik.  Bentuk yang dapat dihasilkan yaitu hexagonal, cylindrical, square dan cube.  Bentuk yang dihasilkan tergantung alat pencetakan yang digunakan.

Bagaimana Proses Pengeringan Dalam Produksi Briket Arang?

Bagaimana Proses Pengeringan Dalam Produksi Briket Arang?

Di Dalam pengolahan bahannya, bagaimana proses pengeringan dalam produksi briket arang ? Pada pengolahan dan proses penjemuran sendiri agar terhindar dari jamur. Dalam penjemuran dilakukan seharian dalam oven pada suhu 40 – 60 °C .  Setelah kering siap dikemas dan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Harus kedap udara saat pengepakan agar kualitas bahan tetap terjaga.

Hasilnya dapat digunakan dengan menggunakan tungku atau kompor. Bahan dengan kualitas baik memiliki kadar air yang rendah, abu rendah, zat terbang rendah dan nilai kalor yang cukup tinggi.

Demikian artikel ini, terimakasih waktunya dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.