Apa itu Pengepul Arang Batok Kelapa?

Pengepul Arang Batok Kelapa

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengepul arang batok kelapa. Pengepul, atau yang lebih dikenal dengan istilah tengkulak, selalu ada di setiap rantai pasok komoditas termasuk arang batok kelapa.

Orang orang biasa memanggil pengepul dengan panggilan “bos” karena mereka dianggap mempunyai kewenangan, kekuasaan, dan juga uang. Keberadaan pengepul di tengah-tengah masyarakat dinilai sangat menguntungkan oleh sebagian orang, tetapi ada juga yang menilai sebaliknya.

Bagi mereka yang tidak mendapatkan manfaatnya, tentu akan berpendapat berlawanan dengan mereka yang memperoleh manfaatnya, baik manfaat berupa uang atau juga bantuan lainnya.

Pada komoditas arang batok kelapa, upaya pemenuhan untuk bahan baku tempurung dilakukan dengan cara membelinya di pasar tradisional terdekat, semua erat kaitannya dengan biaya transportasi dan juga akses infrastruktur terhadap bahan baku.

Cara ini adalah salah satu cara yang paling rasional jika dikaitkan dengan kondisi keuangan dan juga skala usaha pabrik yang relatif kecil. Hasil produksi pabrik yang relatif kecil, mereka menjual hasil arang batok kelapa kepada para pengepul.

Jadi pengepul ini akan menerima hasil dari banyak pelaku usaha pabrik yang skala produksinya yang relatif kecil. Gimana, masih penasaran kan tentang pengepul arang batok kelapa. Yuk, langsung saja kita bahas secara mendetail.

Harga Arang Batok Kelapa 1 Kg

Harga Arang Batok Kelapa 1 Kg

Kali ini kita akan membahas tentang harga arang batok kelapa 1 kg. Limbah kelapa yang umumnya dihasilkan oleh perusahaan agribisnis yaitu tempurung kelapa. Batok kelapa atau nama lain tempurung kelapa saat ini bahkan dapat dimanfaatkan dalam banyak produk.

Selain dimanfaatkan untuk peralatan rumah tangga, seperti sapu, gayung air, sendok sayur, hingga seperti aneka aksesori wanita, batok kelapa juga dapat diolah untuk menjadi karbon aktif atau arang briket.

Pembuatan briket dengan tempurung kelapa terhitung mudah dan juga sederhana. Briket arang mempunyai nilai ekonomis apabila dikemas dengan menarik, terlebih orang banyak mencari briket tempurung kelapa karena mempunyai panas yang lebih tinggi, tidak berbau, dan lebih tahan lama dibandingkan dengan arang kayu.

Apabila kalian tertarik untuk memanfaatkan tempurung kelapa sebagai arang, maka kalian harus mengetahui terlebih dulu harga batok kelapa di pasaran saat ini. Di sejumlah situs jual beli online tahun 2021 ditawarkan sekitar Rp 75.000 ribuan per 50 gram, naik menjadi Rp 81.500 tahun 2022.

Nah, untuk batok kelapa yang dijadikan arang dapat Anda beli dengan harga kisaran Rp 14.000 ribuan tahun 2021, naik menjadi Rp 17.000 ribu tahun 2022.

Penampungan Arang Batok Kelapa

Penampungan Arang Batok Kelapa

Setelah batok kelapa telah terkumpul, pastinya kita membutuhkan penampungan arang batok kelapa. Penampungan ini mempunyai arti tampungan, perbuatan menampung, penadahan artinya adalah tempat untuk menyimpan batok kelapa tersebut. Berikut ini adalah beberapa tempat penampungan dari batok kelapa yang ada di indonesia:

  1. Bali
  2. Bondowoso
  3. Surabaya
  4. Kediri
  5. Medan

Pengepul Batok Kelapa

Pengepul Batok Kelapa

Kali ini kita akan membahas tentang pengepul batok kelapa. Pengepul ini juga mempunyai fungsi yang sama, mengumpulkan atau menerima dengan membeli batok kelapa. Pembelian bisa dengan cara pengepul ambil ke lokasi atau penjual batok kelapa yang datang mengantar batok kelapa ke tempat pengepul. Limbah batok kelapa biasa berasal dari pasar tradisional pengrajin gula merah, dan limbah rumah tangga.

Sekian adalah pembahasan saya tentang pengepul arang batok kelapa. Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.