Penjual Arang Batok Kelapa

Penjual Arang Batok Kelapa

Mungkin sebagian dari orang di zaman sekarang belum pernah memakai bahkan mendengar  arang dari tempurung kelapa.  Hal ini dikarenakan,  sekarang banyak bahan bakar yang lebih mudah untuk  memasak.  Rata-rata,  kanuntuk memasak dirumah orang menggunakan  kompor listrik atau kompor gas elpiji. Oleh karena itu,  jarang sekali  ditemukannya penjual arang batok kelapa di zaman sekarang.

Kemungkinan,  kalian masih dapat menemukan  penjual arang batok kelapa di daerah terpencil maupun  pedesaan.  Kebanyakan orang desa maupun di daerah terpencil,  masih menggunakan cara masak  tradisional. Untuk memasak dengan cara tradisional biiasanya menggunakan bahan bakar seperti : kayu,briket,  arang kayu maupun batok kelapa. Bagi mereka, arang kayu maupun  dari batok kelapa merupakan bahan bakar alternatif untuk menggantikan fungsi kayu. Oleh  karena itu, masih banyak ditemukan   penjual arang batok kelapa di desa.

Selain itu, di daerah pedesaan,  kelapa  juga menjadii salah satu sektor perkebunan. Hal ini dikarenakan,  tanaman kelapa dapat dijadikan  berbagai olahan. Beberapa olahan yaitu : minyak, minuman, kerajinan anyaman daun, kerajinan dari tempurung, dan arang. Meskipun di desa masih banyak perkebunan kelapa, Harga tempurung kelapa mahal dan meningkat dari waktu ke waktu.

Berapa Harga Arang Batok Kelapa ?

Berapa Harga Arang Batok Kelapa ?

Menurut salah satu produsen dan  penjual arang batok kelapa, harga arang naik secara drastis saat ini. Sekarang, berapa harga arang batok kelapa ?.  Pada  saat ini,  kisaran harga per kilonyayaitu sebesar  Rp15.000. Sedangkan  tahun lalu, masih dijual  dengan harga yang murah dibawah yaitu Rp9.750 per kilo. Sedangkan variasi  kemasan 50 kg sekarang juga melonjak naik dipatok harga sebesar  Rp750.000. Angka kenaikan  harganya pun cukup besar hingga 50 %.  Tahun  sebelumnya, dijual Per 50 kilonya dengan harga Rp500.000 saja. Sangat mahal sekali bukan.  Namun itu semua karena  bahan dan biaya produksinya  yang  juga mahal.

Batok Kelapa Sekilo Berapa ?

Batok Kelapa Sekilo Berapa ?

Seperti yang dijelaskan di atas, harga dari arang batok kelapa  melonjak naik karena mahalnya biaya produksi dan bahan baku.  Apakah benar harga bahan bakunya mahal ?. Lalu,  batok kelapa sekilo berapa ?. Terbukti, pada tahun ini harga tempurung kelapa pun lebih mahal dari tahun sebelumnya. Di bawah  ini merupakan daftar  harga  perkilonya  yaitu :

  • Tempurung basah dijual dengan harga Rp6.000 per kilo
  • Tempurung utuh dijual dengan harga 8850 perkilo
  • Tempurung cacah basah dijual dengan harga  500 per kilonya
  • Tempurung cacah kering dijual dengan harga Rp11.000 per kilonya

Selain dijual per kilo,  untuk menghemat  biaya produksi.  tempurung kelapa dapat  dibeli dengan jumlah yang banyak yaitu per karung.Harga per karungnya pada tahun 2022 yaitu Rp35.750 per karung. Di  tahun sebelumnya hanya dijual dengan harga Rp35.000 per karung

Arang Batok Kelapa untuk Apa Saja ?

Arang Batok Kelapa untuk Apa Saja ?

Selain untuk memasak, arang batok kelapa untuk apa saja ?. Berikut beberapa manfaat dari arang batok kelapa yaitu :

  1. Untuk bahan bakar memasak makanan maupun  membakar sate
  2. Dijadikan  obat diare atau norit
  3. Digunakan sebagai bahan baku masker organik
  4. Untuk menyaring dan menjernihkan air
  5. Dapat menyembuhkan luka
  6. Digunakan sebagai anti racun
  7. Sebagai penawar bisa
  8. Untuk menurunkan kolesterol
  9. Mencegah mabuk
  10.  Digunakan sebagai obat inflamasi
  11. Dapat membersihkan sistem pencernaan
  12. Dapat menghilangkan berbagai penyebab penyakit

Meskipun  memiliki banyak manfaat,  Arang batok kelapa juga  memiliki efek samping atau dampak negatif. Kandungan karbon aktif dari arang dapat  menyumbat sistem pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu asap dari pembakaran dapat engganggu pernafasan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.