Penjual Batok Kelapa, Yuk Cari Tau!

Penjual Batok Kelapa

Penjual batok kelapa atau tempurung dikenal sebagai limbah padat dari hasil olahan pembakaran. Yang telah diambil dagingnya dan menyisakan bagian tempurungnya saja. Meski menjadi limbah, tempurungnya juga jangan langsung dibuang begitu saja karena dapat dimanfaatkan menjadi banyak produk.

Saat ini, tempurungnya juga banyak diolah kembali menjadi aneka aksesori maupun peralatan rumah tangga, sehingga memiliki nilai jual. Penjual batok kelapa biasanya menjual per kg atau per karung dengan harga bervariasi tergantung permintaan konsumennya.

Limbah tempurung yang sering dihasilkan oleh perusahaan agribisnis. Nama lainnya tempurung, saat ini bahkan dapat dimanfaatkan dalam banyak produk. Selain dimanfaatkan sebagai peralatan rumah tangga, seperti sapu, gayung air, sendok sayur, hingga aneka aksesori wanita.

Disekitar lingkungan sendiri, penjual batok kelapa sangat banyak ditemui. Dengan keadaan kering berkisar Rp. 300,00 hingga Rp. 5.000,00 sudah dapat 1 plastik dan siap digunakan. Akan tetapi seiring dengan maraknya energi biomassa, penjual batok kelapa sedikit susah ditemukan karena digunakan sebagai produk pembuatan bara api untuk shisha.

Berapa Harga Batok Kelapa per Kg?

Berapa Harga Batok Kelapa per Kg?

Seperti dijelaskan diatas, berapa harga batok kelapa per kg?

Bahan utama tempurung Harga satuan kilogram
Tempurung kondisi basah Rp. 6.000
Tempurung utuh Rp. 9.000
Tempurung keadaan cacah basah Rp. 10.500
Tempurung keadaan cacah kering Rp. 11.000

Tapi, jika kalian membutuhkan tempurung dalam jumlah banyak, maka dapat membelinya 1 karung agar lebih ekonomis. Seperti di daerah Surabaya, 1 karung tempurung cacah dijual seharga Rp. 35.000,00 pada tahun 2021. Tapi saat ini sedikit mengalami kenaikan harga menjadi Rp. 36.000,00 pada tahun 2022 saat ini. Berbeda dengan tempurung utuh yang digunakan sebagai sangkar burung atau mainan yang harganya jauh lebih sedikit mahal.

Pada situs jual beli online tahun 2021 ditawarkan sekitar Rp. 75.000,00 satuan 50 gramnya, naik menjadi Rp. 82.000,00 tahun 2022 saat ini. Untuk tempurung yang dijadikan bahan bakaran berkisaran Rp. 15.000,00 pada tahun 2021 dan naik menjadi Rp. 18.000,00 pada tahun 2022 saat ini.

Berapa Harga Arang Batok Kelapa?

Berapa Harga Arang Batok Kelapa?

Selain bahan dari kayu, saat ini banyak restoran yang menggunakan tempurung kering sebagai bahan bakar. Karena diklaim memiliki sejumlah kelebihan, dengan harga tempurung kering yang dibanderol sedikit lebih mahal. Dari kayu kering biasa. Hal ini,  tentunya sebanding dengan manfaat yang akan di dapatkan. Berapa harga arang batok kelapa?

Jenis dan Merek Tempurung Kering Kisaran Nilai Beli Sebelumnya Kisaran Nilai Beli Sekarang
Tempurung kering cap bunga kelapa packing 400gram Rp. 5.000 Rp. 17.000
Tempurung kering briket 100gram Rp. 7.000 Rp. 15.000
Tempurung kering biasa 500gram Rp. 6.000 Rp. 8.000
Tenpurung kering cap bunga packing 1kilogram Rp. 15.000 Rp. 35.000
Tempurung kering biasa 1 kilogram Rp. 14.000 Rp. 15.000
Tempurung kering merek AL 1kilogram Rp. 15.000 Rp. 15.000
Tempurung kering briket 1 kilogram Rp. 25.000 Rp. 40.000
Tempurung kering 50 kilogram Rp. 650.000 Rp. 750.000

Patokan nilai jual diatas, sewaktu waktu dapat berubah dikarenakan bahan baku utamanya.

Bagaimana Cara Membuat Arang Batok Kelapa?

Bagaimana Cara Membuat Arang Batok Kelapa?

Bagaimana cara membuat arang batok kelapa? Pertama yang harus kita lakukan lakukan, tentunya menyiapkan bahan utamanya, yaitu tempurungnya. Meliputi :

  • Ruang pengarang untuk pembuatan.

Ruang pengarang berguna untuk pembakaran tempurung secara tidak sempurna. Sehingga pembakaran terhenti sampai pembentukan molekul karbon atau menjadi menghitam. Ruang pembakaran dapat berupa lubang di dalam tanah, dapur pengarangan, drum pengarangan, dan bantuan dari alat pengarangan.

  • Buat lubang di dalam tanah.

Di tanah yang air tanahnya dangkal, dapat digali sebagai ruang proses pembakaran. Jika kondisi tanah cukup padat, dinding dan lantai lobang tidak perlu diperkuat dengan semen dan batu bata. Jika struktur tanah tidak kuat, misalnya mudah longsor karena banyak mengandung pasir, maka dinding dan lantai perlu diperkuat dengan semen dan batu bata. Lubang ini dapat dibuat dalam berbagai metode.

  • Dapur pengarangan

Dapur pengarangan adalah ruangan yang bentuknya sama dengan lubang pembakaran. Dapur pengarangan dapat melalui atas pembakaran. Jika tidak memungkinkan menggali lobang karena air tanah dalam kondisi dangkal

  • Kiln

Kiln merupakan alat khusus untuk proses pembakaran. Kiln sederhana terbuat dari drum yang tidak terpakai. Pirolisis berlangsung di dalam drum dengan membatasi pasokan udara terhadap bahan yang sedang dalam proses pembakaran.

Pasokan udara melalui lobang udara pada badan drum. Pada awal pembakarannya, lubang udara ditutup segera setelah seluruh bahan terbakar untuk mengurangi pasokan oksigen yang masuk. Panas dari pembakaran sebelumnya pada kondisi kekurangan oksigen sudah cukup untuk proses ini.

Itulah tahapan dalam pembuatan tempurung kering siap pakai.

Demikian artikel ini, terima kasih waktunya dan sampai jumpa.

Baca juga Pembuatan briket dari Tempurung kelapa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.