Telur Omega Adalah? Simak Pembahasan ini!

Telur Omega Adalah

Telur merupakan makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Meskipun harganya murah, namun telur memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Ada beberapa jenis telur. Misalnya ayam kampung, ayam negeri, dan ada juga omega. Kita akan membahas tentang omega pada artikel kali ini. Telur omega adalah telur yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi.

Jenis ini yang diperkaya dengan omega 3 menyediakan sekitar 12 kali lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis biasa. Selain itu, kandungan kolesterolnya juga lebih rendah. Karena mengandung banyak asam lemak, omega 3 dipercaya dapat mengurangi peradangan, mengembangkan keterampilan motorik, serta meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Telur Omega Ayam Apa?

Telur Omega Ayam Apa?

Berdasarkan penjelasan diatas, jika telur ini adalah telur yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, lantas telur omega ayam apa? 

Ini dihasilkan oleh ayam petelur yang diberi makanan khusus, yaitu makanan yang mengandung banyak omega 3. Misalnya, makanan yang mengandung minyak biji rami dan alga laut, sehingga akan menghasilkan jenis yang memiliki kandungan kaya akan omega. 

Telur ini didapat dari ayam petelur yang diberi makan biji rami, biji-bijian yang mengandung sejumlah besar ALA. Saat ayam mencerna biji rami, beberapa ALA dipecah menjadi DHA, untuk ditransfer pada kuning telur. Hal inilah yang membuat ini menjadi kaya akan asam lemak omega. Ternyata ayam yang menghasilkan telur ini tidak dikurung didalam kandang, namun dilepaskan ke lingkungan agar terekspos dengan elemen-elemen luar. Menurut penelitian, membiarkan ayam di luar untuk mematuk makanan dapat membuat telur akan dihasilkan lebih bergizi dibandingkan dengan telur biasa.

Apa Perbedaan Telur Omega dan Biasa?

Apa Perbedaan Telur Omega dan Biasa?

Setelah mengetahui apa itu jenis tadi dan ayam apa yang menghasilkan telur ini. Maka kita akan membahas tentang perbedaan antara telur ini dengan telur biasa. Lantas, apa perbedaan telur omega dan biasa?

Berikut ini beberapa perbedaan antara keduanya:

  • Tekstur kuning telur
    Perbedaan dapat dilihat sekilas dengan melihat tekstur kuning telurnya, telur jenis yang omega adalah telur yang mana kuning telurnya cenderung lebih besar dan memiliki warna kuning pekat, mendekati oren. Sedangkan telur biasa warnanya lebih terang dan ukurannya kecil.
  • Cangkangnya
    Telur yang mengandung omega mungkin sekilas memang mirip dengan telur biasa. Namun, jika dilihat dengan detail, maka telur ini memiliki cangkang yang lebih kuat dan kokoh. Hal inilah yang membuat telur ini tidak mudah retak ataupun pecah, sehingga kualitasnya pasti terjaga.
  • Kandungan zat
    Sudah jelas jika ini adalah jenis dengan kandungan omega 3 lebih banyak daripada yang biasa. Selain ini kandungan kolesterolnya pun lebih sedikit dibandingkan dengan telur biasa. Setiap 100 gr telur ini mengandung 150 mg kolesterol, dan telur biasa mengandung 250-300 mg kolesterol.
  • Harga
    Ini merupakan hal yang wajar jika keduanya memiliki harga yang berbeda. Telur ini memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan telur biasa.

Telur Omega untuk Apa?

Telur Omega untuk Apa?

Telur ini adalah telur yang memiliki banyak manfaat. Lantas, telur omega untuk apa? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan saat mengonsumsi telur ini:

  • Mencegah infeksi dan iritasi
  • Merawat kardiovaskuler
  • Mencegah demensia
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan sistem imun

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mengkonsumsi telur ini. Mungkin harganya memang mahal, namun manfaatnya juga sangat banyak dan kualitasnya lebih baik.Demikianlah pembahasan mengenai telur ini adalah telur yang memiliki kandungan tadi lebih tinggi dibanding dengan telur biasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.