Ukuran Tiang Listrik

ukuran tiang listrik

Hai teman-teman. Apa kalian tau berapa ukuran tiang listrik? Tiang listrik beton mempunyai pengertian yang terbuat dari bahan material kawat besi berukuran tertentu untuk yang besi beton, pasir, maupun semen yang dicampur menjadi satu dengan campuran yang khusus melalui cetakan yang dengan ukuran dan panjang tertentu. Tiang listrik beton mempunyai fungsi sebagai penyalur konduktor untuk tegangan menengah 20 kv ataupun tegangan rendah 220v/380 Kv, yang datang dari sub station ke gardu distribusi, ke pabrik-pabrik, ke pelanggan besar sampai ke pelanggan kecil yaitu rumah tangga. Dengan melewati uji teknis dari PLN supaya layak pakai, tiang listrik beton dibuat dengan cara yang khusus karena memang seharusnya demikian.

Untuk ukuran tiang listrik beton. Tiang listrik beton dibuat sesuai dengan ukuran yang sesuai untuk pemanfaatannya. Macam-macam ukuran tiang listrik beton ialah 9 Meter, 11 Meter dan 13 Meter. Kaki tiang listrik beton memiliki ukuran 9 m, umumnya dimanfaatkan untuk JTR atau yang disebut dengan jaringan tegangan rendah. Namun, untuk tiang listrik beton yang berukuran 11 meter pada dasarnya dimanfaatkan untuk jaringan tegangan menengah. Dan juga tiang listrik yang berukuran 13 meter pada dasarnya dipergunakan agar bisa menyangga Transformer dengan kategori GTT 1 tiang atau GTT 2 tiang.

Berapa Tinggi Tiang Listrik PLN?

Berapa Tinggi Tiang Listrik PLN?

Pembangunan tiang listrik juga tidak dapat sembarangan, harus diperhatikan juga situasi dan kondisi di daerahnya. Material tiang listrik yang digunakan umumnya ada dua, ialah besi baja dan besi beton. Besi baja yang digunakan untuk membangun tiang listrik dengan bentuk panjang dan bulat.

Berbeda dengan yang berbahan dari besi baja, besi beton terbuat dari semen yang dicampur dan memakai besi kecil untuk tulangnya. Tiang listrik dari besi beton ini lebih banyak digunakan, dilengkapi dengan kabel RTC yang cukup aman daripada jaringan instalasi lainnya.

Pembangunan tiang listrik ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena harus ada pertanggungjawaban Perusahaan Listrik Negara atau disebut dengan PLN. Berikutnya, infrastruktur ini juga adalah visi dari PLN untuk menyalurkan listrik dari pembangkit hingga sampai ke rumah tangga dan industri di setiap daerah.

Tiang listrik juga mempunyai jarak dari tiang ke tiang.

Jarak antar tiang listrik tergantung dari tegangan listrik yang tersedia di setiap daerah. Namun, patokan yang dipakai adalah 40 meter untuk tiang listrik dengan tegangan yang rendah. Sedangkan tiang listrik yang mempunyai tegangan menengah harus berjarak 40 sampai 50 meter. Jarak itu belum pasti, karena harus diperhatikan dari faktor tanahnya.

Dan ada jarak aman untuk membangun bangun di dekat tiang listrik. Selanjutnya, jarak aman tiang listrik juga harus diwaspadai agar tidak terlalu dekat dengan objek di sekitarnya, seperti bangunan dan pepohonan. PLN juga memberitahu bahwa tiang listrik harus dibangun berjarak 3 meter dari objek di sekitarnya, termasuk orang yang berada di daerah itu. Berapa tinggi tiang listrik PLN? Tinggi tiang listrik PLN setinggi 13 1/4 meter.

Berapa Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Berapa Jarak Tiang Listrik ke Tiang Listrik?

Apa kalian sering melihat tiang listrik seperti tertata dan mempunyai jarak yang sama, berapa jarak tiang listrik ke tiang listrik? Jarak antara tiang listrik ke tiang listrik itu tergantung dari tegangan listrik yang tersedia di setiap daerah tersebut. Biasanya, patokan yang dipakai berjarak 40 meter untuk tiang listrik dengan tegangan yang rendah. Sedangkan tiang listrik dengan jaringan tegangan menengah harus berjarak 40 meter hingga 50 meter. Jarak itu belum dipastikan, karena harus memperhatikan pula faktor tanahnya di daerah tersebut.

Seperti yang kalian tahu, tanah di Indonesia itu mempunyai berbagai jenisnya, mulai dari jenis tanah yang berbukit, tanah berawa, hingga tanah yang mempunyai tekstur yang lembut seperti lumpur.

Bagaimana Bentuk Tiang Listrik?

Bagaimana Bentuk Tiang Listrik?

Bagi kalian yang belum tau bentuk tiang listrik dan selalu bertanya tanya bagaimana bentuk tiang listrik?. Tiang listrik ini memiliki berbagai bentuk. Tiang listrik pada dasarnya berbentuk bulat dan terbuat dari bahan  beton. Atau, tiang listrik biasanya terbuat berbahan dari besi dengan bentuk persegi.

Berikut itu yang bisa saya jelaskan mengenai ukuran tiang listrik. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.